Laman

Kamis, 16 Oktober 2025

Tugas Mandiri 05

Dikerjakan dan dikumpulkan  di kelas (Jum'at, 17 Oktober 2025)

Sebagai Latihan UTS, dengan mengacu pada Modul/Materi  Pembelajaran 05, kerjakan persoalan berikut di lembar jawaban yang tersedia (tulis tangan):

 ABUAT RINGKASAN 10 POIN PENTING

 

B. PERTANYAAN PEMANTIK

Tugas Terstruktur 05


Melanjutkan Tugas Terstruktur 3

3 - 23 Oktober 2025

Project Based Learning (PjBL)

Eksplorasi Teks Akademik: Kajian Nilai, Bahasa, dan Penalaran

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan tugas ini, peserta didik diharapkan mampu:

Paragraf dan Argumentasi Ilmiah

 

Modul Pembelajaran 5

🎯 KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN

Setelah mempelajari modul ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  • Memahami hakikat paragraf dalam teks ilmiah
  • Menyusun struktur paragraf yang efektif
  • Membangun argumentasi ilmiah yang logis dan meyakinkan
  • Mengembangkan paragraf argumentatif dengan strategi yang tepat
  • Menerapkan teknik revisi dan umpan balik dalam penulisan ilmiah

Menguasai Paragraf dan Argumentasi Ilmiah untuk Tulisan Akademik yang Berkualitas

Menulis karya ilmiah tidak hanya tentang menyampaikan informasi, tetapi juga tentang bagaimana informasi tersebut disajikan secara logis, sistematis, dan meyakinkan. Dua komponen kunci dalam mencapai hal ini adalah paragraf dan argumentasi ilmiah. Bagaimana keduanya berperan dalam membangun tulisan yang kuat dan kredibel?

Rabu, 08 Oktober 2025

Tugas Mandiri 04

 

10 - 16 Oktober 2025


A.     Membuat Ringkasan 

📌 Instruksi Tugas

  1. Baca dengan cermat Materi Pembelajaran 4: Kaidah Bahasa dalam Teks Akademik : Tata Bahasa, Ejaan, dan Gaya Bahasa Ilmiah
  2. Buatlah ringkasan dengan ketentuan:
    • Panjang ringkasan 200–300 kata.
    • Ditulis menggunakan bahasa akademik (baku, jelas, dan runtut).

Tugas Terstruktur 04

Melanjutkan Tugas Terstruktur 3

3 - 16 Oktober 2025

Project Based Learning (PjBL)

Eksplorasi Teks Akademik: Kajian Nilai, Bahasa, dan Penalaran

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan tugas ini, peserta didik diharapkan mampu:

Kaidah Bahasa dalam Teks Akademik

Materi Pembelajaran 4

Tata Bahasa, Ejaan, dan Gaya Bahasa Ilmiah

🎯 Kompetensi yang Diharapkan

Setelah mempelajari modul ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  • Memahami hakikat kaidah bahasa dalam penulisan akademik
  • Menerapkan struktur kalimat dan gramatika yang efektif
  • Menggunakan ejaan sesuai EYD V secara konsisten

Bahasa Akademik: Pilar Keilmiahan dalam Penulisan Ilmiah

Meta Description: Mengapa kaidah bahasa penting dalam penulisan akademik? Artikel ini mengulas tata bahasa, ejaan, dan gaya akademik sebagai fondasi komunikasi ilmiah yang kredibel dan profesional.

Keyword Utama: kaidah bahasa akademik, ejaan PUEBI, kalimat efektif, gaya bahasa ilmiah, penulisan akademik

Kamis, 02 Oktober 2025

Tugas Mandiri 03


3 - 9 Oktober 2025

A.     Membuat Ringkasan 

📌 Instruksi Tugas

  1. Baca dengan cermat Materi Pembelajaran 3: Mengenal Teks Akademik dan Ilmiah: Fondasi Literasi di Dunia Pendidikan Tinggi.
  2. Buatlah ringkasan dengan ketentuan:
    • Panjang ringkasan 200–300 kata.
    • Ditulis menggunakan bahasa akademik (baku, jelas, dan runtut).
    • Ringkasan harus memuat:
      a. Pengertian teks akademik dan ilmiah.
      b. Perbedaan utama antara keduanya.
      c. Karakteristik teks ilmiah.

Tugas Terstruktur 03

3 - 16 Oktober 2025

Project Based Learning (PjBL)

Eksplorasi Teks Akademik: Kajian Nilai, Bahasa, dan Penalaran

 

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan tugas ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Mengeksplorasi berbagai teks akademik dari disiplin ilmu masing-masing secara mendalam.
  2. Menganalisis nilai-nilai kebahasaan, keilmuan, dan kebangsaan yang terkandung dalam teks akademik.

Mengenal Teks Akademik dan Ilmiah

Materi Pembelajaran 3

Fondasi Literasi di Dunia Pendidikan Tinggi

Kompetensi yang Diharapkan:

  • Memahami perbedaan antara teks akademik dan teks ilmiah
  • Mengidentifikasi karakteristik dan struktur teks akademik
  • Menerapkan teknik penulisan ilmiah yang efektif
  • Melatih literasi kritis terhadap teks akademik