.

Kamis, 02 Oktober 2025

Tugas Terstruktur 03

3 - 16 Oktober 2025

Project Based Learning (PjBL)

Eksplorasi Teks Akademik: Kajian Nilai, Bahasa, dan Penalaran

 

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan tugas ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Mengeksplorasi berbagai teks akademik dari disiplin ilmu masing-masing secara mendalam.
  2. Menganalisis nilai-nilai kebahasaan, keilmuan, dan kebangsaan yang terkandung dalam teks akademik.
  3. Menyajikan hasil kajian secara sistematis melalui presentasi dan laporan analisis ilmiah.
  4. Meningkatkan kemampuan kerja sama dalam tim dan komunikasi ilmiah.

 

B. Deskripsi Tugas

Setiap kelompok akan melakukan kajian mendalam terhadap teks akademik yang relevan dengan bidang studi masing-masing. Kajian meliputi aspek bahasa, nilai keilmuan, serta nilai-nilai kebangsaan yang terwujud dalam teks akademik tersebut. Hasil eksplorasi dan analisis akan disusun dalam bentuk laporan ilmiah dan dipresentasikan di depan kelas.

 

C. Langkah-Langkah Pelaksanaan

  1. Pembentukan Kelompok
    • Bentuk kelompok terdiri dari maksimal 3 (tiga) anggota yang berasal dari disiplin ilmu yang sama atau relevan.
  2. Pemilihan Teks Akademik
    • Setiap kelompok memilih 3 teks akademik dari bidang ilmu terkait seperti artikel jurnal, makalah seminar, laporan penelitian, atau karya ilmiah lainnya.
    • Pastikan teks yang dipilih kaya akan konten kebahasaan, keilmuan, dan nilai kebangsaan.
  3. Eksplorasi dan Analisis
    • Lakukan pembacaan kritis terhadap teks. Identifikasi struktur dan ciri khas teks akademik.
    • Analisis bahasa akademik yang digunakan, termasuk kosakata, kejelasan, dan objektivitas.
    • Telusuri nilai keilmuan dalam isi teks, pastikan dukungan teori dan data ilmiah.
    • Identifikasi nilai-nilai kebangsaan yang tercermin, misalnya semangat nasionalisme, budaya lokal, atau etika akademik.
  4. Penyusunan Laporan
    • Susun laporan formal yang terdiri dari:
      a) Pendahuluan (latar belakang dan tujuan)
      b) Metodologi (cara eksplorasi dan analisis)
      c) Hasil dan pembahasan (analisis nilai bahasa, keilmuan, kebangsaan)
      d) Kesimpulan dan rekomendasi

e) Lengkapi dengan mind map

    • Gunakan bahasa akademik yang baku dan sesuai kaidah.
    • Laporan diposting di web-blog masing-masing mahasiswa dengan Label : Tugas Terstruktur 3.
  1. Persiapan Presentasi
    • Buat bahan presentasi yang menarik, ringkas, dan informatif (mind map pada poin 4).
    • Latih presentasi kelompok untuk komunikasi yang jelas dan efektif.
  2. Presentasi Kelompok
    • Setiap kelompok mempresentasikan hasil kajian di depan kelas selama 5-10 menit.
    • Persiapkan sesi tanya jawab untuk mendiskusikan hasil dan temuan.

 

D. Penilaian

  1. Laporan Tertulis (50%)
    • Kualitas analisis dan kedalaman eksplorasi teks.
    • Kepatuhan pada struktur dan bahasa akademik.
    • Kelengkapan aspek kebahasaan, keilmuan, dan kebangsaan.
  2. Presentasi (30%)
    • Kejelasan penyampaian dan penggunaan media bantuan.
    • Kemampuan menjawab pertanyaan dan berkomunikasi ilmiah.
  3. Kerja Sama Tim (20%)
    • Partisipasi aktif anggota dan koordinasi dalam kelompok.

 

E. Referensi dan Bahan Bacaan

  • Damaianti, V. S., & Wahya, W. (2021). Membaca Kritis dan Kreatif untuk Mahasiswa. Rajawali Pers.
  • Mahsun, M. (2021). Teknik Menulis Karya Ilmiah: Dari Gagasan hingga Publikasi. Rajawali Pers.
  • Syamsuri, A. S. (2023). Bahasa Indonesia sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan dan Wahana IPTEKS. Badan Bahasa Kemendikbud.
  • Ratna, N. K. (2023). Dasar-dasar Teori Sastra dan Aplikasinya. Alfabeta.
  • Lestari, A. (2015). Model Project Based Learning. Jakarta: Kemdikbud.
  • Kristanti, D. (2023). Penerapan Model PjBL untuk Keterampilan Akademik Mahasiswa. Journal of Innovative Learning.

 

F. Catatan Penting

  • Pastikan seluruh karya dan presentasi mengikuti kaidah etika akademik, hindari plagiarisme.
  • Gunakan sumber yang valid dan kutip dengan benar sesuai format yang ditetapkan.
  • Manfaatkan pembelajaran kolaboratif dalam kelompok untuk meningkatkan hasil dan pengalaman belajar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar