.

Selasa, 10 Oktober 2017

Analisis dan Pengukuran Kerja (Motion Study and Time Study)


@F28-Isa -

1  .      Pendahuluan
Sebuah studi waktu dan gerak (atau studi gerak waktu) adalah teknik efisiensi bisnis yang menggabungkan karya Time Study karya Frederick Winslow Taylor dengan karya Motion Study Frank dan Lillian Gilbreth (pasangan yang sama seperti yang paling dikenal melalui film 1950 biografi dan buku murah oleh dozen).
Ini adalah bagian utama dari manajemen ilmiah (Taylorism). Setelah pengenalan pertama, studi waktu dikembangkan dalam arah menetapkan waktu standar, sementara studi gerak berkembang menjadi teknik untuk memperbaiki metode kerja. Kedua teknik tersebut menjadi terintegrasi dan disempurnakan menjadi metode yang diterima secara luas yang berlaku untuk perbaikan dan peningkatan sistem kerja. Pendekatan terpadu untuk perbaikan sistem kerja ini dikenal sebagai metode rekayasa dan diterapkan hari ini untuk organisasi industri dan jasa, termasuk bank, sekolah dan rumah sakit.
2  .      Pengukuran waktu kerja
Menurut Hani Handoko (2000 : 13) mengatakan bahwa operasi setiap perusahaan disebut efisien/tidak biasanya didasarkan atas lama waktu untuk membuat suatu produk / melaksanakan suatu pelayanan (jasa) pernyataan khusus tentang jumlah waktu yang harus digunakan untuk melaksanakan kegiatan tertentu dibawah kondisi kerja normal ini sering disebut standar kerja (labor standards).
3  .      Cara Pengukuran Waktu
Cara Pengukuran Waktu Standar Study waktu dilaksanakan dengan menggunakan alat jam henti (stop watch) untuk mengamati waktu tugas. Waktu standar dihitung berdasarkan pengamatan terhadap seorang pekerja yang melaksanakan siklus tugasnya berulang-ulang. (Agus, 2014)
4  .      Waktu Baku Work Factor
Waktu Baku Work Factor Menurut Rizani (2009), ready work factor merupakan jumlah faktor pekerjaan yang ditentukan berdasarkan karakteristik gerakan masing-masing sehingga analisis dapat mengidentifikasi dengan mudah. Tabel ready work factor terdiri dari waktu yang diukur sesuai dengan gerakan yang dilakukan oleh operator. Pengamatan work factor terlebih dahulu membuat peta tangan kanan dan tangan kiri untuk mempermudah perhitungan, kemudian menentukan suatu gerakan dengan beberapa faktor kerja yang sudah distandarkan. Langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan TMU dengan mengkorversi tiap 1 TMU = 0,006 detik sehingga didapatkan nilai TMU untuk peta tangan kanan sebesar 3,98 detik dan peta tangan kiri sebesar 3,38 detik. Waktu siklus yang didapat sebesar 7,36 detik.
5  .      Waktu Baku Methods Time Measurement
Waktu Baku Methods Time Measurement Methods Time Measurement adalah prosedur yang menganalisis setiap rangkaian operasi manual sesuai dengan gerakan dasar yang diperlukan (Curran, 2008). Pengamatan methods time measurement dilakukan yaitu membuat peta tangan kanan dan kiri untuk mempermudah dalam perhitungan, membuat pengukuran waktu metoda dengan membagi gerakan kerja atas elemen gerakan, setelah itu melakukan perhitungan TMU dengan mengkorversi tiap 1 TMU = 0,036 detik sehingga didapatkan nilai TMU sebesar 6,24 detik.
6  .      Waktu Baku Maynard Operation Sequence Technique
Waktu Baku Maynard Operation Sequence Technique Pengamatan yang dilakukan maynard operation sequence technique yaitu menentukan suatu model urutan dasar setelah itu menambahkan semua nilai indeks untuk tiap parameter, kemudian menjumlahkan semua nilai indeks dengan mengkalikan 10 dan mengubah nilai ke dalam TMU. Waktu baku yang diperoleh sebesar 7,99 detik. Waktu baku adalah waktu penyelesaian yang dibutuhkan secara wajar oleh pekerja normal untuk menyelesaikan pekerjaan yang dikerjakan dalam sistem kerja terbaik (Lind, 2007).
7  .      Peta-Peta Kerja (Work Charts)
Menurut Prihase (2015) Ada beberapa Peta-Peta Kerja yang dalam Analisi dan Pengukuran Kerja
- Peta Proses Operasi
- Pera Aliran Proses
- Peta Proses Kelompok Kerja
- Diagram Aliran
- Peta Kerja dan Mesin
- Peta Tangan Kiri dan Tangan Kanan
8  .      Analisis Pekerjaan
Analisis pekerjaan usaha yang sistematik dalam mengumpulkan, menilai, dan mengorganisasikan semua jenis pekerjaan yang terdapat dalam suatu organisasi. (Siagian, 2009)
9  .      Perencanaan Sumber Daya Manusia
            Manfaat perencanaan SDM antara lain organisasi dapat memanfaatkan SDM yang sudah ada dalam organisasi secara lebih baik, melalui perencanaan SDM yang matang maka produktivitas kerja dari tenaga yang sudah ada dapat ditingkatkan , perencanaan SDM berkaitan dengan penentuan kebutuhan akan tenaga kerja di masa depan, baik dalam arti jumlah dan kualifikasinya untuk mengisi berbagai jabatan dan menyelenggarakan berbagai aktivitas baru kelak. (Siagian, 2009).

Daftar Pustaka


·         Agus, dkk, 2014, ANALISIS PENGUKURAN WAKTU KERJA KARYAWAN BENGKEL TOYOTA AUTO 2000 Di BALIKPAPAN. Dalam : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=274712&val=6384&title=ANALISIS%20PENGUKURAN%20WAKTU%20KERJA%20KARYAWAN%20BENGKEL%20TOYOTA%20AUTO%202000%20Di%20BALIKPAPAN

·         Anwar Syamsul, Jasril, 2013, Analisis Penggunaan Waktu Kerja dan Beban Kerja Karyawan dengan Pendekatan Sampling Pekerjaan di PT X. / Siagian, Sondang P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT Bumi Aksara. Dalam : https://www.researchgate.net/profile/Syamsul_Anwar2/publication/280485421_Analisis_Penggunaan_Waktu_Kerja_dan_Beban_Kerja_Karyawan_dengan_Pendekatan_Sampling_Pekerjaan_di_PT_X/links/55b6005c08ae092e9655ab8d/Analisis-Penggunaan-Waktu-Kerja-dan-Beban-Kerja-Karyawan-dengan-Pendekatan-Sampling-Pekerjaan-di-PT-X.pdf

·         Febriana Nevi Viliyanti, Lestari Endah Rahayu, dkk, 2015. ANALISIS PENGUKURAN WAKTU KERJA DENGAN METODE PENGUKURAN KERJA SECARA TIDAK LANGSUNG PADA BAGIAN PENGEMASAN DI PT JAPFA COMFEED INDONESIA TBK, Jurnal Industri, Vol.4 No 1, Hal 66 – 73. Dalam : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=371500&val=8331&title=ANALISIS%20PENGUKURAN%20WAKTU%20KERJA%20DENGAN%20METODE%20PENGUKURAN%20KERJA%20SECARA%20TIDAK%20LANGSUNG%20PADA%20BAGIAN%20PENGEMASAN

·         Prihase, 2015, Analisis dan Pengukuran Kerja : Peta-Peta Kerja. Dalam : https://dokumen.tips/engineering/analisis-dan-pengukuran-kerja-peta-peta-kerja.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.