Reporter : Sandy Yuda Aria Pratama (jiroyoda_1991@yahoo.co.jp)
Abstrak
Seiring waktu berjalan maju ke
depan kemajuan teknologi pada industri otomotif berkembang dengan pesat, pada
setiap industri otomotif memiliki inovasi dan implementasi desain yang
berbeda-beda salah satunya adalah inovasi mekanisme Semi-Auto Clutch Control
System.
Sistem ini di terapkan untuk mengurangi tingkat stres atau tekanan yang terjadi pada pelat kopling (Clutch Plate) pada saat kondisi mesin kendaraan menyala namun kendaraan tersebut tidak bergerak (diam) seperti halnya yang terjadi pada kendaraan yang terjebak dalam kemacetan lalu lintas yang sering kali terjadi belakangan ini. Mekanisme Semi-Auto Clutch Control System ini akan mereduksi tingkat keausan yang terjadi pada pelat kopling serta memonitor kondisi pelat kopling dan indikatornya di letakan pada speedo meter agar pengemudi bisa memonitoring dengan mudah kondisi pelat kopling yang ada pada kendaraannya.
Sistem ini di terapkan untuk mengurangi tingkat stres atau tekanan yang terjadi pada pelat kopling (Clutch Plate) pada saat kondisi mesin kendaraan menyala namun kendaraan tersebut tidak bergerak (diam) seperti halnya yang terjadi pada kendaraan yang terjebak dalam kemacetan lalu lintas yang sering kali terjadi belakangan ini. Mekanisme Semi-Auto Clutch Control System ini akan mereduksi tingkat keausan yang terjadi pada pelat kopling serta memonitor kondisi pelat kopling dan indikatornya di letakan pada speedo meter agar pengemudi bisa memonitoring dengan mudah kondisi pelat kopling yang ada pada kendaraannya.
Kata Kunci : Semi-Auto Clutch
Control System
1. Pendahuluan
Pada
era modern seperti saat ini, Semi-Auto Matic Clutch Control System ini di
ciptakan untuk meningkatkan fleksibiltas mekanisme kopling pada kendaraan roda
empat untuk mereduksi tingkat keausan pada kampas kompling (Clutch Plate) yang terjadi
akibat kondisi idle operation (kondisi kendaraan diam namun mesin tetap menyala
dan berjalan perlahan) seperti yang di
hadapi pada saat kondisi lalu lintas di jalanan mengalami kemacetan. Dan Semi-Auto Matic Clutch Control System ini
tidak hanya berintegrasi pada fleksibilitas saja tetapi juga pada pemantauan
atau monitoring kondisi kampas kopling yang terpasang pada kendaaran.
2. Metode
Penelitian pada Semi-Auto Matic Clutch Control System.
Kopling
semi otomatis dengan sistem kontrol (Semi-Auto Clutch Control System) memiliki
beberapa timbal balik positif, baik dari sisi mekanisme ataupun
penggunaan. Seperti pada hasil riset
yang di kemukakan oleh ahli sains mekanik di eropa bahwa kopling semi otomatis
mampu memperpanjang usia pemakaian pelat kopling, dikarenakan adanya reduksi
stress/tekanan pada pelat kopling yang terjadi akibat berubahannya sistem
mekanisme pengoperasian kopling pada kendaraan terutama pada saat idle
operation (mesin beroperasi aktif dan pasif) ditengah jalan raya yang mengalami
kemacetan. Control System yang terdapat
pada ECU (Electronic Control Unit) yang terpasang di dalam kendaraan juga
mendukung untuk memantau atau memonitoring kondisi pelat kopling yang terpasang
di dalam mesin, apabila jika terjadi kerusakan maka sensor yang terdapat di
dalam ECU tersebut akan mengirim informasi berbentuk signal pada ikon indikator
yang terdapat pada speedo meter yang
terpasang di dalam kendaraan untuk menginstruksikan kepada pengendara kendaraan
agar segera memeriksa atau mengganti pelat kopling yang terpasang pada mesin,
hal ini guna kenyamanan dan keselamatan bagi pengendara.
Penyempurnaan
hasil riset tersebut tidak hanya beracuan pada efisiensi pengoperasian pelat
kopling namun juga pada desain dan ergonomik serta keamanan dalam berkendara.
3. Hasil
Dan Pembahasan
Dari
hasil penelitian ini mampu di ketahui bahwa mekanisme pengoperasian juga
berpengaruh pada kondisi pelat kopling yang terpasang di dalam mesin. Semi-Auto
Matic Clutch Control System atau Kopling Semi-Otomatis Kontrol Sistem tidak
hanya berintegrasi pada mekanisme sistem pada kopling tetapi juga pada
ergonomik dan keselamatan manusia.
4. Kesimpulan
Semi-Auto
Matic Clutch Control System merupakan perubahan mekanisme pengoperasian pada
kopling guna menghindari stress dan kerusakan pada pelat kopling dalam jangka
pendek, di sisi lain dalam segi desain Kopling Semi-Otomatis merupakan fitur
yang cukup nyaman bagi manusia yang menggunakannya, berikut adalah klip foto
yang terlampir dari hasil wawancara dengan pihak pengembang (developer):
5. Sumber
& Referensi
Bapak Rachmat Indra S.T Mechanical Engineering Universitas Mercu
Buana Jakarta Barat 2017.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.