.

Jumat, 06 Oktober 2017

MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK




@F05-Dwezka
Oleh : Dwezka Pamungkas

A. Pemimpin Yang Baik.
Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
Pemimpin yang baik adalah yang memiliki sifat sifat yang lebih dari yang dipimpinnya, kelebihan ini adalah cara berpikir, dalam kerokhanian dan dalam kejasmanian. Seorang pemimpin mempunyai kelebihan keluhuran budi pekerti, ketinggian moralitas dan kesederhanaan watak. Seorang pemimpin selalu menjaga kesehatan dengan baik sehingga dia dapat melaksanakan tugas dan kegiatan serta pelaksanaan kerja dari organisasi yang dipimpinnya. ( Ekosiswoyo, 2007 ) 

Menurut Sulisworo ( 2012 ), Pengetahuan yang harus dimiliki agar kepemimpinan dapat menjalankan kepemimpinan operasional, organisasi, dan publik adalah pemahaman yang mendalam terkait model dan framework bisnis proses organisasi, peta finansial dan sumberdaya dalam persaingan. Pemahaman ini juga pada pemahaman proses, layanan, dan prosedur akademik dilevel lebih rendah secara keseluruhan. Kepeimpinan ini juga harus memiliki pengetahuan untuk melakukan perencanaan dan memahami kebutuhan pihak berkepentingan serta persaingan yang terjadi dalam membangun organisasi yang kuat. Selain itu juga pemahaman yang baik dalam fungsi manajemen seperti kompensasi, pelatihan, dan manajemen kinerja dan pengukuran. 

B. Cara Menjadi Pemimpin Yang Baik
Menurut Hasballah ( 2004 ), cara cara jitu untuk menjadi seorang pemimpin yang baik adalah sebagai berikut : 
1. Ambillah Resiko
Seorang harus berani mengambil sebuah resiko untuk menumbuhkan jiwa Pemimpin. Pasalnya, dalam dunia ada 3 elemen penting yang harus diketauhi yakni Sasaran, Resiko, Konsekuensi. Dengan adanya ketiga hal tersebut seorang atasan akan mampu menghasilkan sesuatu yang terbaik untuk semua, baik perusahaan ataupun anak buahnya  
2. Jadiilah Orang Yang Inovatif
Untuk menumbuhkan jiwa Pemimpin, seseorang harus bisa berpikir inovatif. Maksudnya adalah memikirkan cara yang efektif dan belum pernah digunakan sebelumnya ketika menghadapi sebuah persoalan. Untuk mendapatkan sesuatu yang inovatif, seorang atasan wajib belajar hal-hal baru dan mampu bertindak dengan dasar, untuk menjadi lebih baik.
3. Milikilah Harapan
Semakin banyak memikirkan apa yang bisa dicapai, maka akan semakin banyak pula yang bisa tercapai. Milikilah harapan yang paling tinggi. Visi yang tinggi dari seorang Pemimpin akan membawa ke arah yang jelas, dimana jalan yang harus ditempuh. Selain itu, mau belajar menjadi sosok yang visioner dengan berfikir dan bertindak selangkah lebih maju. 
4. Peliharalah Sikap Positif
Dunia menyukai dan tertarik kepada orang yang memiliki sikap positif. Mereka yang tidak begitu hanya akan bergulat dengan masalahnya saja. Sebaliknya, orang yang berpikiran positif selalu berpikir optimis. Sifat optimisme tinggi memang harus dimiliki seorang Pemimpin. Hal tersebut karena Pemimpin adalah sosok motivator. Namun jika Pemimpin sudah pesimis, maka hilanglah kepercayaan dari anak buah. 
5. Selalu Berada di Depan
Anda tidak akan bisa memimpin dari belakang, sesuai dengan yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantoro yakni " Ing Ngarso Sung Tulodho", yang memiliki pengertian pemimpin itu berada di depan dan mampu memberi teladan yang baik kepada anak buah atau pengikut.

C. Karakter Seorang Pemimpin 
Menurut Yodhia ( 2014), Karakter-karakter yang harus dimiliki seorang pemimpin meliputi : 
1. Drive
Ini adalah soal bagaimana seorang pemimpin memiliki dorongan untuk bertindak dan kemudian berusaha mencapai hasil yang diinginkan. Pemimpin juga mesti mampu menginspirasi anggotanya untuk bertindak sesuai dengan tujuan yang telah disusun. 
2. Desire to Lead
Pemimpin adalah orang yang punya keinginan kuat untuk mempengaruhi orang lain, dan mau memimpin mereka. Pemimpin juga harus memiliki karakteristik sebagai pemikul tanggung jawab. 
3. Integrity
Seorang pemimpin adalah orang yang mampu menunjukkan integritas moral. Ia menjadi teladan dan memiliki moral yang sangat kokoh.
4. Self Confidence
Rasa percaya diri yang kuat juga adalah sebuah karakter yang harus dimiliki oleh pemimpin. Ia juga harus mampu menularkan rasa percaya diri kepada anak buahnya.
5. Intelligence
Seorang pemimpin mesti memiliki karakteristik utama, yakni kecerdasan untuk mengolah beragam informasi dan menganalisanya. Kemampuan seperti ini akan membantunya mengambil keputusan dengan tepat.
6. Job Relevant Knowledge
Seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan yang relevan dengan bidang yang digelutinya.

D. Kesimpulan
Kepemimpinan sesungguhnya tidak ditentukan oleh pangkat atau jabatan seseorang. Kepemimpinan adalah sesuatu yang muncul dari dalam dan merupakan buah dari keputusan seseorang untuk mau menjadi seorang pemimpin, baik bagi dirinya sendiri, bagi keluarganya, bagi lingkungan pekerjaannya, maupun bagi lingkungan sosial dan bahkan bagi negerinya. Kepemimpinan adalah sebuah keputusan yang merupakan hasil proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam diri seseorang. Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar, melainkan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan dalam diri seseorang.


DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.