.

Jumat, 06 Oktober 2017

SIMULASI SISTEM DINAMIS

Defenisi Sistem Dinamis

Sistem dinamik adalah suatu metode yang digunakan untuk mendeskripsikan, memodelkan, dan mensimulasikan suatu sistem yang dinamis (dari waktu ke waktu terus berubah). Didalam sistem dinamik diajarkan bagaimana berpikir secara sistem. Artinya adalah dalam menyelesaikan suatu masalah tidak dilihat pada satu pokok bagian saja, tetapi dilihat semua pengaruhnya terhadap semua yang berhubungan dengan masalah tersebut.
Jay Forrester mendefinisikan Sistem dinamika adalah pendekatan untuk memahami perilaku sistem yang komplek dari waktu ke waktu. Ini berkaitan dengan umpan balik internal dan waktu tunda yang mempengaruhi perilaku seluruh sistem

Pemodelan Sistem dan Simulasi Model 
 Merupakan representasi dari sistem nyata, suatu model dikatakan baik bila perilaku model tersebut dapat menyerupai sistem sebenarnya dengan syarat tidak melanggar prinsip-prinsip berfikir sistem.Dalam membangun suatu model sangat dipengaruhi oleh subjektivitas seseorang atau organisasi, maka perlu adanya penyempurnaan yang dilakukan secara terus-menerus dengan menggali informasi dan potensi yang relevan [3]. Empat keuntungan penggunaan model dalam penelitian dengan menggunakan pendekatan sistem [4] yaitu: Pertama, Memungkinkan melakukan penelitian yang bersifat lintas sektoral dengan ruang lingkup yang luas, Kedua, Dapat melakukan eksperimentasi terhadap sistem tanpa mengganggu (memberikan perlakuan) tertentu terhadap sistem, Ketiga, Mampu menentukan tujuan aktivitas pengelolaan dan perbaikan terhadap sistem yang diteliti, dan Keempat, Dapat dipakai untuk menduga (meramal) perilaku dan keadaan sistem pada masa yang akan datang. ( Suryani E. 2012)

Software Pendukung Simulasi Sistem Dinamis
Menurut Axella O, pembuatan model sistem dinamik umumnya dilakukan dengan menggunakan software yang memang dirancang khusus. Sofware tersebut seperti Powersim, Vensim, Stella, dan Dynamo. Dengan software tersebut model dibuat secara grafis dengan simbol-simbol atas variabel dan hubungannya.Yaitu meliputi dua hal yaitu struktur dan perilaku. Struktur merupakan suatu unsur pembentuk fenomena. Pola yang mempengaruhi keterkaitan antar unsur tersebut.

Pembuatan Diagram Simulasi 

Tahap ini dimulai dengan melakukan konversi terhadap CLD yang telah dibuat untuk dijadikan model sistem dinamik. Konversi ini dilakukan dengan bantuan perangkat lunak VENSIM. Tahap selanjutnya model sistem dinamik yang telah dibuat dibandingkan dengan kondisi eksisting organisasi. Hal yang perlu dilakukan dalam pengumpulan data sesuai dengan buku Sterman (2000), bahwa pembuat model dengan cara mewawancarai orang yang terlibat langsung dalam sistem yang ada di organisasi untuk memahami masalah dan mengumpulkan data. ( Anto, A. 2012)

DAFTAR PUSTAKA

Forrester.J.PermodelanSimulasiSistemDinamis.
Dalam http://sriutamisemangat.blogspot.co.id/2012/10/simulasi-sistem-dinamis.html ( Diakses          pada 06 Oktober 2017)

Axella O, dan Erma Suryani.2012.Aplikasi Model Sistem Dinamik untuk Menganalisis                        Permintaan dan Ketersediaan Listrik Sektor Industri.JURNAL TEKNIK ITS Vol. 1.

Anto, Aan. 2012.PENDEKATAN SISTEM DINAMIK UNTUK ANALISA PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI PENYELARASAN TUJUAN TI DAN TUJUAN BISNIS 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.