JAMINAN
KUALITAS (QUALITY
ASSURANCE)
Abstrak
Kualitas
saat ini merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam rangka memenuhi
keinginan konsumen. Salah satu cara untuk memberikan kepuasan pada konsumen
adalah dengan memiliki sistem jaminan kualitas. Dengan memiliki sistem jaminan
kualitas yang baik tentunya akan membuat konsumen semakin percaya terhadap
produk serta tercapainya kepuasan konsumen.
1.
Definisi
Jaminan Kualitas (Quality Assurance)
Jaminan
Kualitas adalah semua
tindakan terencana dan
sistematik yang diimplementasikan
dan didemonstrasikan guna memberikan kepercayaan yang cukupbahwa produk akan
memuaskan kebutuhan untuk kualitas tertentu.Selain itu, jaminan kualitas juga
dapat diartikan sebagai tindakan – tindakanyang diambil guna meningkatkan nilai
produk untuk pelanggan melalui peningkatanefektivitas dan efisiensi dari proses
dan aktivitas melalui struktur organisasi.Konsep Kualitas
dibagi menjadi dua,
yaitu konsep kualitas
berdasarkanpandangan tradisional dan konsep kualitas berdasarkan pandangan
modern. Perbedaankonsep kualitas
pandangan tradisional dan modern
Sistem Management Kualitas Berdasarkan ISO
9000
ISO 9000 series adalah standard quality manajemen yang
dibentuk berdasarkan dari konvensi ISO/TC 176 (ISO Technical Committee 176)
pada 1979. ISO-9000 di bentuk sebagai dasar dari suatu seri standard quality
manajemen, yang di susun secara lengkap pada 1982 dan dikenalkan secara umum
pada 1983. ISO 9000 seri standard memperkenalkan persyaratan-persyaratan
penting yang perusahaan butuhkan untuk menjamin konsistensi produksi dan
pengiriman yang tepat waktu terhadap barang dan jasa kepada pasar.
Menurut Mulyorini –
2012 “Sistem jaminan halal memungkinkan produk yang dihasilkan perusahaan berkualitas. Hal ini dikarenakan, sistem ini
diimplementasikan perusahaan untuk memastikan produk halal dihasilkan secara berkesinambungan. "Sistem ini
berlaku dua tahun. Dengan ini perusahaan menjamin produk yang dihasilkannya halal,"
2. Pengertian Jaminan Kualitas
berdasar pendapat para ahli :
Jaminan
kualitas dapat dilaksanakan dengan
adanya suatu sistem
jaminankualitas, yang meliputi struktur organisasi,
pertanggung jawaban, prosedur,proses, dan
sumber daya untuk
mengimplementasikan manajemen kualitas(Stebbing, 1993).
Hal ini
dapat dilihat dari
dokumentasi yang didalamnya
mencatat semuakegiatan yang
telah dilakukan (Barrie and Paulson, 1984).
Jaminan kualitas
adalah sistem kualitas
yang dimulai dari
perencanaan,penentuan metoda, pelaksanaan, inspeksi dan tes sampai
dokumentasi yangmemberikan jaminan dan kepastian kepada pemilik bahwa semua
tindakan yangdilakukan sesuai dengan standar spesifikasi (Willborn,1994)
Konsep
kualitas berdasarkan pandangan tradisional memiliki jaminan kualitasmelalui
inspeksi, yaitu :
·
Inspeksi kedatangan material atau bahan
baku
·
Inspeksi produk yang dihasilkan
·
Meningkatkan kualitas inspeksi yang lebih
ketat dan meningkatkan biaya
Kualitas
merupakan tanggung jawab dari departemen jaminan kualitasSedangkan menurut
pandangan modern, jaminan
kualitas dilakukan melaluipencegahan (prevention) yaitu :
·
Mengintegrasikan rantai pemasok pelanggan
(customer-suppliers chain)
·
Meningkatkan kualitas melalui sistem–
Proses informasi pelanggan– Proses kerja– Proses orang
3.
Sistem
Jaminan Kualitas
Jaminan kualitas dapat dilaksanakan
dengan adanya suatu sistem kualitas, yangterdiri dari empat prosedur, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, inspeksi, dan tindakan.Keempat kegiatan dari sistem
kuaiitas saling berhubungan antara satu dan yang lain.
Keempat
prosedur tersebut masing-masing memiliki komponen
yang harusdilaksanakan untuk
mencapai kuaiitas yang sesuai dengan standar spesifikasi. Tujuandari
pelaksanaan sistem ini untuk mencapai pekerjaan yang zero defect, di rnana
zerodefect disini berarti pekerjaan yang
dilakukan tidak menyebabkan suatu kegagalan,sehingga tidak terjadi pekerjaan
ulang.
4.
Komponen
Jaminan Kualitas pada Siklus Proyek
Jaminan kualitas merupakan suatu program
yang dilaksanakan mulai dari awalsampai akhir proyek, yaitu mulai dari ide
pemilik sampai proyek tersebut terwujud.Sesuai dengan siklus proyek (project life cycle), jaminan kualitas dapat dibagimenjadi 3
komponen utama yaitu :
·
karakteristik kualitas,
·
perencanaan kualitas, dan
·
konfirmasi kualitas.
5.
Manfaat
penerapan jaminan kualitas pada proyek:
·
Bagi kontraktor adalah bila prosedur dan
spesifikasi diikuti dengan baik dancermat,
maka akan mencegah
terjadinya defect, sehingga
tidak perludilakukan
perbaikan/perkerjaan ulang.
·
Bagi pemilik adalah memberikan jaminan
dan kepastian bahwa hasil keijakontraktor sesuai dengan standar spesifikasi yang sesuai dengan
keinginanpemilik, serta tersedianya dokumen yang sewaktu waktu diperlukan
pihakpemerintah.
·
Bagi
konsultan adalah mengurangi
pekerjaan ulang yang
berartimeningkatkan
efisiensi dan produktivitas kerja,
dimana pada akhirnyameningkatkan pendapatan konsuitan.
·
Bagi
pemerintah adalah memberikan
jaminan dan kepercayaan
bahwametode perencanaan, metode konstruksi, bahan dan peralatan yang
dipakaidalam pembangunan memenuhi
standar dan peraturan
yang ditetapkan,dimana tujuannya
untuk melindungi kepentingan, keamanan,
dankeselamatan masyarakat
6.
Quality
Control (QC) vs Quality Assurance (QA)
QC :
·
Quality Control, to take control of
qualityby procedural and applicable referencethat implemented direct to process
systemin good and
full fill of
minimumrequirement as finally results. Maksudnyaadalah pengendalian mutu
denganprosedur kerja berdasarkan referensi yangdapat diterapkan
dan
diimplementasikanlangsung di proses
pekerjaan tersebutuntuk memenuhi
persyaratan minimumsebagai hasil
akhir pekerjaan.
·
terfokus pada
pemenuhan persyaratanmutu
(produk/service)
·
memastikan output
dari sistem itumemang
benar-benar memenuhipersyaratan
mutu.
·
QC
adalah sistem kendali
yangterintregrasi didalam proses,
dia berfungsimencegah terjadinyadefect/
non corformity output.
·
Secara
fungsi QC merupakan
orangoperasional yang langsung
melakukanaktivitas checking atau
inspeksi terhadapproduk, kalau
di lini produksi
biasanyaada seoarang yang
berfungsi sebagaipengontrol kualitas
produk sepertisampling dan
aktifitas lainnya.
·
Tugasnya melakukan
inspectionberdasarkan
prosedur yang dibuat
dandisahkan oleh QA.
QC lebih banyakmelakukan inspection padaprocess
manufacturing dan membuatlaporannya
QA :
·
Quality Assurance , to lead and operated
byassure of an organization successfully, it isnecessary to
direct and control
it in asystematic
and transparent manner.Maksudnya adalah
meyakinkan/menjaminsecara kualitas dengan suatu sistematis kerjadan keterbukaan
untuk keberhasilan suatupekerjaan secara
keseluruhan organisasi disetiap lini dengan melalui sistem control.
·
terfokus pada
pemberian jaminan/keyakinanbahwa
persyaratan mutu akan dapat dipenuhi. membuat sistem pemastian mutu
·
QA
lebih tinggi letaknya
dalam strukturorganisasi, dia
memberi arahan terhadapkeputusan akhirnya yaitu layak atau
tidaknyaproduk dikeluarkan. Proses
ini tentunyamelibatkan proses-proses lainnya
sepertiproduksi, inventory,maintenance.
QA lebihmenjaga corporate image denganmencegah defect ke konsumen.
·
Secara
fungsi QA, dia
lebih berperansebagai analyst
untuk memperbaiki mutuproduk, dan datanya bisa diperoleh dari
datasampling orang QC ataufeedback dari internalperusahaan ataupun
adanya qualitycomplain dari luar perusahaan yaitu customer.Dan QA biasanya
juga berperan sebagaisertifikasi dari produk tersebut.
·
tugasnya memahami specificationcustomer dan standard
yang berhubungandengan produk,
kemudian membuat /menentukan
cara inspectionnya (berupaprosedur) dan
mendokumentasihasil inspectionnya
(manufacturing datareport). QA
lebih banyak paper work,umumnya memiliki skill inspection yang
baikdan skill menulis procedure dan
familiardenganengineering & industrial standards.
DAFTAR PUSTAKA
·
Mellowchildhistz, Shishiza.2005.Resume Jaminan Kualitas.(Online-Diakses 1 oktober 2017 - https://dokumen.tips/documents/resume-jaminan-kualitas.html)
·
Raharjo, Agung
Muji.2007. Perancangan Sistem Jaminan Kualitas Quality
Assurance Untuk Produk Studi Kasus di PT Gramitrama Battery.(Online - Diakses
1 oktober 2017 - http://digilib.its.ac.id/ITS-Undergraduate-3100007029966/3037
·
Wijaya.2008. Manajemen Kualitas (Quality Management).(Online-Diakses 1
oktober 2017- https://huangcorp.wordpress.com/2008/04/29/manajemen-kualitas-quality-management/)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.