.

Senin, 23 Oktober 2017

supply chain analysis and design

@f21-Hari
Selama bertahun-tahun, para peneliti dan praktisi telah melakukan investigasi terhadap berbagai macam proses untuk menghasilkan rantai suplai (supply chain) secara individual. Belakangan ini, perhatian terhadap kinerja, dsain, dan analisis terhadap rantai suplai secara keseluruhan telah meningkat. Benita M. Beamon dalam jurnal internasionalnya yang berjudul Supply Chain design and analysis: models and methods menyatakan bahwa kemajuan di dalam penelitian rantai suplai ini diakibatkan dari adanya peningkatan dalam biaya manufaktur, sumber yang menipis, dan globalisasi di dalam ekonomi pasar.
Rantai suplai sendiri bermakna Sebuah rangkaian atau jaringan perusahaan-perusahaan yang  bekerja secara bersama-sama untuk membuat dan menyalurkan produk atau jasa kepada konsumen akhir. Rangkaian atau jaringan ini terbentang dari penambang bahan mentah (dibagian hulu) sampai retailer / toko (pada bagian hilir). Menurut Simchi-Levi (2002), rantai suplai adalah suatu kumpulan pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasikan secara efisien antara pemasok, perusahaan manufaktur, pergudangan, dan toko, sehingga barang diproduksi dan didistribusikan pada kuantitas, lokasi, dan waktu yang benar, untuk meminimumkan biaya-biaya pada kondisi yang memuaskan kebutuhan tingkat pelayanan. Rantai suplai merupakan konsep yang semakin penting pada era perdagangan bebas dan globalisasi. Dalam era tersebut, persaingan bukan lagi produk melawan produk atau perusahaan melawan perusahaan akan tetapi lebih kepada rantai pasok (supply chain) melawan rantai pasok.

Di dalam banyak industry, perusahaan mencarikonsep untuk memberikan waktu yang lebih banyak kepada para pelanggan, meningkatkan kualitas, mengurani biaya di dalam produk-produk terbaru serta memfasilitasi peluncuran produk baru. Penelitian sebelumnya telah mengindikasikan bahwa pemasukan material bergabung di dalam perkembangan produk baru. Kenneth J. Petersen di dalam jurnal internasionalnya yang berjudul Supplier Integration into new product development: coordinating product, process and supply chain design mengatakan bahwa Jangkauan ini melibatkan konsultasi yang sederhana dengan para pemasok di dalam desain ide. Hal ini membuat para pemasok sepenuhnya bertanggung jawab terhadap desain komponen.

Di dalam perkembangannya rantai suplai telah banyak berubah. Contoh yang terjadi ada pada perdagangan online. Wei-yu dalam artikelnya yang berjudul Direct Marketing, Indirect Profits: A Strategic Analysis of Dual-Channel Supply-Chain Design menyatakan bahwa perdagangan online telah membuat para pelaku manufaktur harus mendesain kembali, cara structural tradisional mereka dengan ,elibatkan penjualan langsunng sebagai pengganti dari toko tradisional.

Hal ini kemudian didukung oleh Christopher Surie di dalam bukunya yang ebrjudul Supply Chain Analysis. Dia menyatakan bahwa sebelum seseorang megharapkan suatu peningkatan, maka ia harus memiliki agambaran yang jelas tentang struktur dari rantai suplai yang ada dan bagaimana cara kerjanya. Sebagai konsekuensinya analisis tentang rantai suplai sangat diperlukan. Alat yang digunakan juga harus tepat dan mendukung deskripsi yang jelas.

Beamon M. Benita . Supply chain design and analysis:: Models and methods. Department of Mechanical, Industrial, and Nuclear Engineering, University of Cincinnati, Cincinnati, 1995.
Simchi-Levi, D., Kaminski, P., and Simchi-Levi, E. (2000). Designing and managing the supply chain: Concept, strategies, and case studies. Irwin McGraw-Hill.
Petersen J. Kenneth. Supplier integration into new product development: coordinating product, process and supply chain design. Department of Supply Chain Management, W.P. Carey School of Business, Arizona State University, Tempe, AZ 85287-4706, USA. 2004
Chiang Kevin Wei-yu. Direct Marketing, Indirect Profits: A Strategic Analysis of Dual-Channel Supply-Chain Design. Department of Information Systems, University of Maryland at Baltimore County, Baltimore, Maryland. 2001

Surie Christopher. Supply Chain Analysis . Springer International Publishing AG. 2017 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.