.

Senin, 30 Oktober 2017

WAREHOUSE MANAGEMENT SYSTEM



Judul Artikel : PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI WAREHOUSE MANAGEMENT SYSTEM DI PT. PERTAMINA DPPU NGURAH RAI
Nama Penulis : Andy Bastian Fauzi, Ida Bagus Gede Dwidasmara , JELIKU - Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Universitas Udayana Volume 1 No 2 - Nopember 2012 page. 48-53
Publisher: Jurusan Ilmu Komputer - Universitas Udayana

Reviewer : Nando Dwi Novianto (41616110053)
 


PENDAHULUAN
Pada era globalisasi saat ini, segala sesuatunya dituntut untuk dikerjakan secara cepat, tepat dan praktis. Termasuk di dalam suatu instansi atau perusahaan yang menginginkan proses pencatatan dan pengolahan data dilakukan dengan cepat. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat mencatat dan mengolah data perusahaan secara praktis, mudah dioperasikan serta tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak.
Warehouse Management System merupakan suatu software yang dirancang untuk mendukung manajemen pergudangan yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan proses yang terjadi didalam supply chain (rantai pasok) di PT. Pertamina DPPU Ngurah Rai seperti receiving (penerimaan), putaway (penyimpanan), dan picking (pengambilan). Penelitian yang akan dilakukan adalah merancang serta mengimplementasikan Warehouse Management System dengan memanfaatkan kemajuan teknologi berbasis web. Manfaat dari sistem ini agar dapat diterapkan pada instansi-instansi yang ada, sehingga pengolahan data-data lebih terstruktur serta lebih menghemat waktu dan tenaga kerja dalam penerapannya.

PEMBAHASAN
Warehouse Management System atau Sistem Manajemen Pergudangan di PT Pertamina DPPU Ngurah Rai yang terdiri dari informasi data stok barang dan informasi transaksi barang dimana terdapat barang masuk dan barang keluar.
Dalam perancangan sistem terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
1. ERD(Entity Relationship Diagram)
ERD (Entity Relationship Diagram) adalah model konseptual yang mendeskripsikan hubungan antara penyimpanan dalam DFD.

2. DFD (Data Flow Diagram)
DFD (Data Flow Diagram) merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.

Antarmuka Sistem
Antarmuka Warehouse management system dirancang dengan bahasa pemrograman PHP yang dibuat dengan aplikasi Dreamweaver. Implementasi antarmuka sistem ini menampilkan transaksi barang masuk, transaksi barang keluar, proses input data, proses edit data, proses hapus data, laporan stok barang, dan laporan transaksi.



1. Antarmuka transaksi barang masuk




Halaman ini berisikan transaksi barang yang masuk dari pemasok yang diinputkan oleh pegawai.


2. Antarmuka transaksi barang keluar
Halaman ini berisikan transaksi barang keluar yang ditujukan ke pengguna barang dan diinputkan oleh pegawai.


3. Antarmuka proses tambah data

Halaman ini berisikan form untuk menambah data barang. Dimana setiap barang jenis baru akan diinputkan dari halaman ini oleh pegawai.


4. Antarmuka proses ubah dan hapus data

Pada halaman ini pegawai dapat melakukan proses edit data dan hapus data stok. Jika pada kolom action di-klik delete maka data dengan record tersebut akan dihapus, sedangkan jika yang di klik adalah edit data maka akan masuk ke halaman form ubah data seperti gambar 10.


5. Antarmuka laporan stok barang

Halaman ini menampilkan laporan stok barang yang terdiri dari keterangan barang, jumlah stok tersisa, lokasi menyimpan barang, jumlah minimum barang dan lain-lain.


6. Antarmuka laporan transaksi

Halaman ini berisi laporan transaksi barang masuk maupun barang keluar dengan memasukkan nomor katalog barang dan tanggal transaksinya.


KESIMPULAN
kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah Warehouse management system dapat beroperasi sesuai tujuan pembuatannya yaitu dapat mempercepat lead time proses karena proses yang terjadi seperti pencatatan data barang, pencatatan data transaksi, penghitungan jumlah barang, serta pencetakan laporan dilakukan secara komputerisasi.

DAFTAR PUSTAKA
Firdaus. 2007. PHP dan MySQL dengan Dreamweaver. Maxikom. Palembang.
Peranginangin, K. 2006. Aplikasi web dengan php dan mysql. Andi. Yogyakarta.
Pujawan, I N. 2005. Supply chain management. Guna Widya. Surabaya.
Setiawan, A.R. 2010. Aplikasi Sistem Informasi Gudang PT. Antika Raya. Laporan Akhir. Program Studi Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Diponegoro. Semarang. Tidak Diterbitkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.