Resensi buku -The Theory of Advertising
Resensi buku -The Theory of Advertising
Judul buku :The Theory of Advertising
Tahun terbit :1902
Penulis : Water Dill Scot
Psikologi
industry dan organisasi adalah suatu sejarah yang relatif baru. Hal ini
secara umum telah dicatat bahwa psikologi industry dan organisasi mulai
dikenal dalam tahun 1903 ketika Walter Dill Scort menulis tentang “The
Theory of Advertising”, yang mana psikologi pada awalnya diaplikasikan
dalam bisnis dan tepatnya pada tahun 1913, ketika Hugo Munsterberg
menulis “Psychology and Industrial Efficiency”. Bagaimana pun juga
psikologi industry dan organisasi telah dicatat secara
resmi lahir pada awal tahun 1900-an. Pada tahun 1930-an, psikologi
industry dan organisasi mempunyai bidang gerak yang lebih besar dan
luas. Kemudian bidang geraknya mengarah terutama membahas
persoalan-persoalan sumber daya manusia seperti seleksi dan penempatan
karyawan. Sementara itu, pada tahun 1930-an, dengan berbagai hasil
penemuan dari studi Hawthorme yang terkenal, maka psikologi menjadi
lebih terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang mengarah pada kualitas
lingkungan kerja dan juga sikap-sikap karyawan.
Selanjutnya,
pada tahun 1960-an ditemukan beberapa karakteristik yang menjadi bagian
dari bagian penggalan-penggalan utama perundang-undangan tentang hak
penduduk sipil. Undang-undang penduduk sipil diarahkan untuk member
perhatian terhadap sumber daya manusia yang profesional dalam
mengembangkan berbagai teknik seleksi yang adil. Setiap hasil seleksi
yang diperoleh, semakin diperlukan untuk menambah keberhasilan bagi para
psikologi industry dan organisasi. Dalam tahun 1970-an, penelitian
diarahkan pada setiap persoalan keputusan dan motivasi karyawan dan
banyak teori tentang perilaku karyawan yang ada dalam organisasi yang
dikembangkannya. Pada tahun 1980-an dan 1990-an telah terjadi tiga
perubahan utama dalam psikologi industry dan organisasi yaitu :
1. Bertambahnya penggunaan analisis teknik dan metode statistic yang canggih secara khusus.
2. Perubahan tersebut memberi perhatian terhadap minat yang baru dalam mengaplikasikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.