.

Minggu, 11 September 2016

Resensi Buku Kewirausahaan



Judul Buku                   : Kewirausahaan Membangun Sukses Sejak Usia Muda
Penulis                         : Suharyadi
  Arissetyanto Nugroho
                                      Purwanto S.K.
                                      Maman Faturohman
Penerbit                      : Salemba Empat
Tahun terbit                : 2007
Jumlah Halaman         : 296 halaman

a.      Pokok Bahasan

Tingkat pengangguran disetiap jenjang pendidikan sudah semakin paah dan perlu segera dicari pemecahannya melalui  penciptaan lapangan kerja diberbagai sektor usaha. Menjadi wirausahawan pada saat ini sangat diperlukan, tidak hanay untuk kepentingan diri sendiri, tetapi yang lebih penting dan mendesak adalah untuk mengabdi kepada bangsa dan negara dengan menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

·         Pengertian
Pengusaha atau wirausahaan (entrepreneur) adalah seseorang yang menciptakan sebuah usaha atau bisnis yang dihadapkan dengan resiko dan ketidakpastian untuk memperoleh keuntungan dan mengembangkan bisnis dengan cara mengenali kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan.

·         Persiapan diri untuk menjadi pengusaha muda
Membangun kepribadian pengusaha muda, mempersiapkan keterampilan pengusaha muda, membangun usaha saat muda, dan tentu saja merealisasikan mimpi jadi kenyataan

·         Motivasi, kenali peluang, perencanaan dan operasional, hingga perancangan strategi
Kenali setiap kekuatan dan kelemahan yang anda miliki, yakini bahwa anda dapat mengelola berbagai kekuatan dan kelemahan. Banyak cara untuk melihat peluang yang terjadi disekitar kita. Selama masih ada kebutuhan dan keinginan, selama itu pula masih terdapat peluang yang dapat kita manfaatkan, salah satunya memadukan bisnis bisnis yang ada. Bagi para pemula atau wirausahawan baru, perencanaan sangat penting, karna usaha apapun akan menghadapi ketidakpastian dan kurangnya informasi.

b.      Pemahaman

Jadi, menurut saya wirausahawan adalah orang yang dapat membuat suatu gagasan baru, melihat cara cara berbeda dan memiliki keterampilan untuk membuat suatu usaha baru dan terus memperbarui usaha tersebut. Menjadi seorang wirausahawan adalah pilihan terbaik, karna seorang wirausahawan tidak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri tapi juga mampu membuka lapangan pekerjaan baru. Banyak yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang entrepreneur sejati, diantaranya bangun kepribadian pengusaha muda, terapkan bisnis pengusaha sukses salah satunya orang cina, tingkatkan kreativitas, kenali peluang, susun perencanaannya, serta rancang strategi pemasarannya. Tidak hanya itu, seorang wirausahawan yang baik juga harus memperhatikan berbagai perubahan yang dipicu oleh perkembangan teknologi.

c.       Komentar

Kelebihan
Sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang ingin memulai usaha
Tahapan membangun usahanya jelas
Banyak contoh kisah kisah nyata para pengusaha muda

Kelemahan
Buku kurang menarik, perlu ditambahkan gambar gambar produk pengusaha sukses pada setiap kisah sukses pengusaha yang ada

Menurut saya, buku kewirausahawan ini sangat tepat sasaran karna buku ini berisi tentang tahapan tahapan yang perlu dilewati sebelum menjadi pengusaha sukses. Banyak diantara mahaiswa yang ingin mulai membangun usaha, namun bingung bagaimana cara memulainya, bagaimana cara menjalaninya, bagaimana cara mengelola keuangannya. Dengan kita membaca buku ini, semakin terbuka lebar peluang menjadi seorang entrepreneurdan  kita menjadi semakin termotivasi untuk menjadi semorang pengusaha muda yang sukses. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.