.

Sabtu, 24 September 2016

Just In Time

Pada perusahaan manufaktur, pembelian, penerimaan, penyimpanan, dan penggunaan material tidak bisa dihindarkan, bahkan itu pasti terjadi.  Oleh karena, perusahaan  perlu melakukan manajemen material  yang efektif dan efisien. 
Manajemen material yang efektif dan efisien tersebut akan menunjang kelancaraan proses produksi operasi, pelayanan pada konsumen akhir, dan menunjang keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan, yaitu laba.
Pengelolaan persediaan merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan manufaktur. Proses pengelolaan persediaan yang baik dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan dapat menghasilkan kondisi yang efisien.

Perkembangan ilmu pengetahuan pada industri manufaktur telah dapat memperbaiki suatu sistem industri yang mencakup keseluruhan sistem industri dari mulai kedatangan material sampai distribusi kepada konsumen. Sistem industri modern telah banyak diterapkan oleh perusahaan manufaktur. Salah satu sistem yang banyak diterapkan oleh perusahaan adalah sistem just in time. Sistem just in time merupakan salah satu konsep lean yang dijalankan dengan menggunakan pull system. Menurut Haizer dan Render (2010), just in time menjadi sebuah alat bantu (tools) yang sangat baik bagi perusahaan untuk mengurangi terjadinya waste dan faktor –faktor perubahan yang tidak diinginkan.
Rancangan pengelolaan persediaan bahan baku dengan pendekatan just in time dilakukan dengan perancangan sistem pengiriman milk run, pembuatan rencana persediaan dan perhitungan biaya persediaan. Perancangan sistem pengiriman milk run dilakukan dengan pemilihan bahan baku berdasarkan pertimbangan lokasi, penentuan rute pengiriman milk run dengan metode nearest neighbors dan penentuan waktu tempuh rute pengiriman. Dari hasil pembuatan rencana persediaan, didapatkan bahwa jumlah frekuensi pemesanan meningkat dan tingkat persediaan menurun. Hal ini dibuktikan oleh adanya kenaikan biaya pesan dan penurunan biaya simpan.


 Daftar Pustaka
Nurdin Hidayat Zul, Sugono, Hamdala Ihwan, Perencanaan Pengelolaan Persediaan, Bahan Baku Penolong Rokok Sigaret Kretek Mesin dengan Pendekatan Just In Time
(Studi Kasus PT. Cakra Guna Cipta Malang)
SECONDARY RAW MATERIAL INVENTORY MANAGEMENT PLANNING
FOR SIGARET KRETEK MESIN WITH JUST IN TIME (JIT)
(Case Study in PT. Cakra Guna Cipta Malang) :
JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN SISTEM INDUSTRI VOL. 3 NO. 3
Jalan MT. Haryono 167, Malang, 65145, Indonesia


Monden, Y., (1995), Sistem Produksi Toyota :
Suatu Ancangan Terpadu untuk Penerapan
Just-In-Time, Edisi 2, Jakarta: Pustaka
Binaman Pres.
Nugroho, E., (1995), Just-In-Time Ohno Taichi,
Jakarta: Pustaka B. Pressindo.
Riyanto, M. B. & Pramono D. F., (2011),
Analisis Efektivitas Penerapan Sistem Produksi
Just In Time Pada Unit Perakitan Pt. Astra
Daihatsu Motor, Tugas akhir Fakultas Ekonomi
dan Manajeman, Bogor: Institut Pertanian

Bogor.

3 komentar:

  1. C09-FEBRI

    menurut saya sistem yang dimaksud ini masuk dalam kategori sistem industri modern menjadi sebuah alat bantu (tools) yang sangat baik bagi perusahaan untuk mengurangi terjadinya waste dan faktor –faktor perubahan yang tidak diinginkan. Saran saya untuk sistem ini boleh dishare agar pengaplikasiannya dapat digunakan oleh orang lain.

    BalasHapus
  2. @C03-ARIF
    selamat sore..
    kebetulan perusahaan tempat saya bekerja juga menerapkan sistem just in time ini. dan setelah membaca artikel ini saya mendapat tambahan pengetahuan mengenai just in time ini.
    akan tetapi menurut saya pada artikel ini kurang menyajikan penjelasan-penjelasan tentang pokok bahasanya, sebagai contoh tidak ada penjelasan tentang just in time dan milk run.
    saran saya agar artikel ini lebih baik adalah dengan menambahkan penjelasan-penjelasan tentang pokok bahasan pada artikel di atas.
    terimakasih

    BalasHapus
  3. @C23-ANDINY
    Menurut saya sistem Just In Time ini merupakan teknik yang tepat dalam hal pemasaran. Dengan dijalankannya sistem ini, produk akan mengalir terus sesuai FIFO. Tidak akan ada produk dalam masa persediaan yang lama, sehingga konsumen akan puas mendapat produk fresh.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.