.

Jumat, 23 September 2016

Rekayasa Nilai Pengertian dan Manfaat




                                 mind map


Pengertian Rekayasa Nilai

Definisi Rekayasa Nilai dari Society of American Value Engineers diartikan sebagai
berikut:
               Rekayasa Nilai adalah usaha yang terorganisasi secara sistematis dan mengaplikasikan suatu teknik yang telah diakui, yaitu teknik mengaplikasikan suatu produk atau jasa yang bertujuan memenuhi fungsi yang diperlukan dengan harga yang terendah (paling ekonomis).

               Dengan kata lain, Rekayasa Nilai bermaksud memberikan suatu yang optimal bagi sejumlah uang yang dikeluarkan, dengan memakai teknik yang sistematis untuk menganalisis dan mengendalikan total biaya produk. Rekayasa Nilai akan membantu membedakan dan memisahkan antara yang diperlukan dan tidak diperlukan, dimana dapat dikembangkan alternatif yang memenuhi keperluan (dan meninggalkan yang tidak perlu) dengan biaya terendah (Magdalena 2013).

Rekayasa nilai menjadi satu alternatif penghematan biaya yang bermanfaat ketika dalam suatu proyek konstruksi terjadi beberapa faktor:
1. Keterbatasan dana pelaksanaan pekerjaan
2. Usaha mengoptimalkan dana untuk mencapai fungsi utama
3. Akibat perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi



Prinsip Dasar Rekayasa Nilai

         (Magdalena 2013) Tujuan utama menciptakan suatu produk pada dasarnya adalah agar produk yang dibuat dapat terjual dengan cepat, dengan keuntungan yang maksimal dan dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.

          Dengan demikian para perancang produk (desain produk) seharusnya tidak menciptakan fungsi-fungsi produk maupun penggunaan bahan produksi yang berlebihan pada akhirnya tidak berguna dan harganyapun tinggi. Jadi gagasan harus dikembangkan dengan bertitik tolak dari:


1.       Penghematan biaya
Yaitu menggunakan biaya seminimal mungkin tanpa mengurangi fungsi dan kualitas dari suatu produk.

2.       Waktu
Yaitu memeanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, ini dimaksudkan menggunakan waktu yang minimal dengan mendapatkan hasil yang maksimal

3.       Bahan
Yaitu menggunakan bahan yang benarbenar memenuhi fungsi maupun kualitas. (Dhanardono, 2008)

Waktu Penerapan Rekayasa Nilai

Rekayasa nilai akan efektif jika dapat diterapkan seawal mungkin pada tahap perencanaan untuk menghasilkan penghematan yang sebesar-besarnya. Sebenarnya secara teori rekayasa nilai dapat diterapkan pada setiap tahap sepanjang waktu berlangsungnya proyek, tetapi jika semakin lama penerapan rekayasa nilai potensi penghematan yang akan dicapai menjadi semakin kecil, sedangkan biaya untuk melakukan perubahan akibat adanya rekayasa nilai semakin besar. Pada suatu saat potensi penghematan dan biaya perubahan akan mencapai titik impas yang berarti tidak ada penghematan yang dapat dicapai.


 Rencana Kerja Rekayasa Nilai
 
Tahap Informasi
Tahap informasi merupakan tahap awal dalam rencana kerja Rekayasa Nilai yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan item-item pekerjaan yang akan dianalisis, untuk memperoleh item kerja yang akan dilakukan Rekayasa Nilai dengan cara mendefinisikan fungsi item dalam proyek.

Tahap Kreatif
Tahap ini bertujuan untuk mendapatkan ide-ide alternatif sebanyak-banyaknya untuk dapat memenuhi fungsi dasar dari item kerja tersebut. Pada tahap ini dilakukan pengumpulan ide serta berfikir secara kreatif oleh seluruh anggota tim Rekayasa Nilai. Berfikir kreatif adalah suatu hal yang
penting pada tahap ini karena dengan hal itu idea tau gagasan akan berkembang. Pada tahap ini tidak dilakukan analisa terhadap ide-ide yang dikeluarkan oleh setiap anggota tim sehingga semua ide akan ditampung untuk memenuhi fungsi dasar tanpa melihat pertimbangan lebih dahulu.

Tahap Analisa
Tujuan dari tahap analisa ini adalah untuk melakukan evaluasi, pembenahan dan analisa biaya terdapat ide yang dihasilkan dan untuk mendata alternatif yang layak serta potensi untuk menghasilkan penghematan.

Tahap Rekomendasi
Tahap ini adalah tahap terakhir dalam rencana kerja Rekayasa Nilai yang tujuannya yaitu menawarkan atau memberikan laporan mengenai seluruh tahap sebelumnya dalam rencana Rekayasa Nilai kepada pihak manajemen atau pemberi tugas untuk dapat diputuskan apakah desain yang dipilih mampu dan baik untuk dilakukan. (Saptono, 2012)
 




DAFTAR PUSTAKA
Magdalena Monica Pontoh, 2013. Aplikasi Rekayasa Nilai Pada Proyek Konstruksi Perumahan (Studi Kasus Perumahan Taman Sari Metropolitan Manado Pt. Wika Realty), Vol.1 , No.5 , pp. 329-330.

Candra Darmayanti, 2007, Rekayasa Nilai Proyek Villa Bukit Ubud, Vol.11, No.2, pp. 110-111.

http://id.portalgaruda.org/?action=search&ref=browse&jsearch=rekayasa+nilai&button=search+journal%2Fbook

1 komentar:

  1. @C11-MARIYADI , S ALBERTUS ASEP MARIYADI

    REKAYASA NILAI PENGERTIAN DAN MANFAAT.
    dalam dunia industri pemanfaatan rekayasa dalam berbagai bidang sangat diperlukan, rekayasa nilai ini dilakukan untuk mendapatkan manfat antara lain, hemat biaya, hemat waktu, hemat bahan. dari diberlakukannya rekayasa nilai ini didapat manfaat keuntungan yang meksimal dari produk yang dibuat.

    sekian, terima kasih....

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.