.

Sabtu, 24 September 2016

MENCIPTAKAN PRODUK SEPATU



BAB 1. PENDAHULUAN

Abstrak dan Kata Kunci
Industri merupakan kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah atau bahan baku menjadi bahan yang berkualitas tinggi, jadi industri merupakan salah satu kegiatan produksi.
Banyak industri yang ada di Indonesia, salah satunya industri sepatu. Industri sepatu merupakan salah satu sumber devisa negara, yaitu produk non migas yang bisa ditujukan untuk permintaan lokal dan ekspor. Industri sepatu mempunyai peluang dan prospek pasar yang baik dan efektif.
Sektor industri, terutama industri alas kaki atau sepatu di Indonesia mempunyai kekhasan sendiri, mulai dari industri yang padat karya, produksinya berdasarkan atas order yang diterima dan bahkan sebagian bahan bakunya harus diimpor dari luar, ada juga yang mesin produksinya menggunakan middle technology.
Semakin meningkatnya jumlah penduduk, gaya hidup yang konsumtif dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan kaki, membuat permintaan sepatu juga semakin mengalami peninggkatan. Kondisi ini mendorong perusahaan-perusahaan atau industri sepatu semakin bersaing untuk menciptakan produk yang berkualitas tinggi, bahkan menimbulkan tumbuhnya merk nasional walau produk lokal.
Kegiatan produksi sepatu untuk menghasilkan produk berkualitas memerlukan perencanaan dan pengendalian produksi yang baik, sehingga produk yang dihasilkan memberikan nilai manfaat yang tinggi bagi konsumen.


BAB 2.  I S I
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli dan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen. Saat ini, salah satu produk yang sangat trendy di masyarakat adalah sepatu. Sepatu adalah suatu jenis alas kaki yang digunakan untuk melindungi kaki. Biasanya, sepatu dikelompokan berdasarkan fungsinya yaitu sepatu olahraga, sepatu sekolah, sepati kerja, sepatu jalan, dan lain-lain.
Industri sepatu tanah air telah mengeluarkan banyak produk sepatu, tetapi banyak yang menggunakan merk nasional agar terlihat seperti produk luar. Mereka juga bertujuan menciptakan produk berkualitas agar bisa bersaing dengan produk luar negeri.
Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan sepatu berkualitas dan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Mulai dari perencanaan hingga pengendalian produksi. Perencanaan adalah awal bagi kita untuk menentukan produk apa yang akan diciptakan, berapa banyak, kapan produk tersebut akan selesai dan sumber-sumber yang diperlukan. Perencanaan akan membuat tujuan yang telah ditetapkan dapat segera tercapai, jadi tujuan perencanaan harus jelas, tegas dan mudah dimengerti. Perencanaan juga merupakan fungsi memilih sasaran perusahaan secara kebijaksanaan, program dan pemilihan langkah-langkah apa yang harus dilakukan, siapa yang melakukan dan kapan aktivitasnya dilaksanakan.  Salah satu masalah yang dihadapi dalam perecanaan produk sepatu ketika sumber-sumber yang diperlukan dalam pembuatan sepatu tidak terpenuhi, target yang hendak disasar belum jelas dan terkadang target akhir dari pembuatan sepatu tidak tepat atau sering terlambat. Jadi perencanaan produksi sepatu harus dibuat sedetail mungkin dan mempertimbangkan banyakl hal, agar sepatu yang dihasilkan berkualitas dan selesai tepat pada target waktu.
Perencanaan produksi terkadang mengalami perubahan, jadi setiap yang direncanakan harus bersifat luwes. Sifat luwes ini membuat pelaksanaan kegiatan produksinya harus dimonitor dan dikendalikan terus menerus dan disesuaikan dengan kondisi yang ada namun perencanaan harus tetap pada tujuan yangditetapkan. Untuk menghasilkan satu produk yang berkualitas, dibutuhkan pengendalian dalam proses produksinya, begitu juga dalam proses pembuatan produksi sepatu.
Dalam perencanaan dan pengendalian produksi sepatu lokal (Indonesia), perusahaan juga mempertimbangkan berbagai kompetitor atau pesaing dari luar. Masyarakat sering berpikir bahwa produk luar lebih berkualitas, karena hal itu saat perencanaan produksi perusahaan akan menetapkan merk apa yang diberikan untuk produk terbaru yang mampu menyaingi produk luar. Jadi, tak heran ketika banyak sepatu dengan kualitas tinggi menggunakan merk luar atau internasional tapi produk lokal bahkan banyak di ekspor dan dikenal secara global. Hal ini bisa dilihat dari produk sepatu lokal yang diberi merk Piero padahal merupakan produk lokal.


Kesimpulan dan Saran

Dalam perencaan suatu produk harus dipikirkan dan dibuat dengan tepat dan ketat namun tidak kaku, yaitu dapat dirubah bila diperlukan dan kemungkinan perubahan tidak menimbulkan kesulitan. Informasi yang baik akan menimbulkan tujuan perencanaan yang baik dan pengendalian akan kegiatan tersebut akan berjalan dengan teratur. Jadi, jika ingin menciptakan suatu produk tetaplah kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang hal yang dibutuhkan masyarakat dan lakukan perencanaan yang matang dan pengendalian kegiatan produksi yang sempurna untuk menghasilkan produk berkualitas.

Daftar Pustaka



1 komentar:

  1. C09-FEBRI

    Pada proses pembuatan sepatu diharapkan bagi produsen pembuatan sepatu untuk memproduksi dengan model sendiri tanpa mencontek model dari luar. Karena dengan menciptakan suatu produk tetaplah kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang hal yang dibutuhkan masyarakat dan lakukan perencanaan yang matang dan pengendalian kegiatan produksi yang sempurna untuk menghasilkan produk berkualitas.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.