.

Sabtu, 24 September 2016

PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (BSC)


PENDAHULUAN

Pada era globalisasi ini, dunia industri nasional dihadapkan pada persaingan yang semakin kompetitif.
Persaingan ini membuat perusahaan-perusahaan harus melakukan strategi yang tepat  sehingga dapat meningkatkan daya saing yang berkelanjutan. Perkembangan teknologi pun semakin maju yang mendorong kebutuhan akan suatu informasi  menjadi suatu  hal yang esensial, sehingga persaingan bisnis yang ada berubah dari persaingan teknologi (industrial competition) menjadi persaingan informasi (information  competition). Informasi yang dihasilkan untuk setiap aktivitas yang dilakukan oleh  perusahaan akan diperoleh data dan gambaran aktivitas yang telah dilakukan. Sehingga  berdasarkan informasi tersebut akan diambil suatu keputusan yang mempengaruhi  kehidupan dan aktivitas perusahaan secara keseluruhan di masa yang akan datang. Suatu  keputusan yang baik dapat diambil atas dasar informasi yang akurat, relevan dan tepat  waktu (Ciptani,2000). Berkaitan dengan hal tersebut  dibutuhkan sebuah desain sistem manajemen yang dapat merumuskan strategi, sistem  perencanaan strategi, dan penyusunan program strategi berupa penjabaran visi dan misi  yang ingin dicapai.

Dalam melaksanakan strategi yang telah ditetapkan perusahaan, pengukuran kinerja beserta evaluasinya menjadi sangat penting. Kinerja perusahaan diukur  dan dievaluasi untuk mengetahui apakah suatu strategi perusahaan telah  dijalankan dengan baik atau tidak. Selain itu pengukuran kinerja juga  memperlihatkan kontribusi para manajer terhadap perusahaan serta menjadi  sumber informasi dalam mengevaluasi tindakan manajer.  Sistem pengukuran kinerja yang selama ini dilaksanakan oleh banyak perusahaan adalah sistem pengukuran kinerja berdasarkan pendekatan tradisional yaitu memandang dan menilai kinerja dari sudut keuangan (Financial aspect) saja. Tetapi ternyata, lingkungan bisnis yang semakin kompetitif saat ini juga menuntut suatu pengukuran kinerja dari aspek non keuangan (non-financial  aspect) perusahaan.

Balanced Scorecard (BSC) merupakan salah satu metode pengukuran kinerja perusahaan secara keseluruhan yang menjabarkan visi dan strategi perusahaan kedalam 4 perspective, yaitu Financial perspective, Customer perspective, Internal Business Process perspective dan Learning and Growth perspective. Metode ini dirasakan lebih efektif untuk iklim usaha saat ini yang telah lebih kompetitif.

PEMBAHASAN

Pengertian Pengukuran Kinerja

Pengukuran kinerja yaitu penentuan secara periodik efektivitas operasional suatu organisasi, bagian  organisasi dan personelnya berdasarkan standar dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Karena organisasi  pada dasarnya dioperasikan oleh sumber daya manusia, maka penilaian kinerja sesungguhnya merupakan penilaian  atas perilaku manusia dalam melaksanakan peran didalam organisasi .(Mulyadi, 2001)

Menurut Werther dan Davis (1996:346), pengukuran kinerja dapat dilakukan dengan menggunakan sistem penilaian (rating) yang relevan. Rating tersebut harus mudah  digunakan sesuai dengan yang akan diukur, dan mencerminkan hal-hal yang memang  menentukan kinerja. Pengukuran kinerja juga berarti membandingkan antara standar yang  telah ditetapkan dengan kinerja sebenarnya yang terjadi. Pengukuran kinerja dapat bersifat subyektif atau obyektif. Obyektif berarti pengukuran kinerja dapat juga diterima, diukur oleh pihak lain selain yang melakukan penilaian dan bersifat kuantitatif. Sedangkan  pengukuran yang bersifat subyektif berarti pengukuran yang berdasarkan pendapat pribadi  atau standar pribadi orang yang melakukan penilaian dan sulit untuk diverifikasi oleh orang  lain.

Tujuan Pengukuran Kinerja

Pengukuran kinerja pada perusahaan dimaksudkan untuk memenuhi tiga hal (http://digilib.petra.ac.id). Pertama, pengukuran kinerja dimaksudkan untuk membantu  memperbaiki kinerja perusahaan dimana ukuran kinerja dapat digunakan untuk membantu  perusahaan fokus pada tujuan dan sasaran program unit kerja yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu perusahaan agar tujuan dan sasaran program kerja dapat  tercapai.  Kedua, ukuran kinerja suatu perusahaan digunakan untuk pengalokasian sumber daya dan pembuat keputusan. Ketiga, ukuran kinerja suatu perusahaan dimaksudkan untuk mewujudkan pertanggungjawaban kepada atasan dan memperbaiki komunikasi kelembagaan.

Manfaat Penilaian Kinerja

Penilaian kinerja menurut Werther dan Davis (1996:342) mempunyai beberapa tujuan dan manfaat bagi organisasi dan pegawai yang dinilai, yaitu:
  • Performance Improvement, yaitu memungkinkan pegawai dan manajer untuk  mengambil tindakan yang berhubungan dengan peningkatan kinerja.  
  • Compensation adjustment, yaitu membantu para pengambil keputusan untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima kenaikan gaji atau sebaliknya.  
  • Placement decision, yaitu menentukan promosi, transfer, dan demotion.
  • Training and development needs, yaitu mengevaluasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan bagi pegawai agar kinerja mereka lebih optimal.  
  • Carrer planning and development,  yaitu memandu untuk menentukan jenis  karir dan potensi karir yang dapat dicapai.  
  • Staffing process deficiencies, yaitu mempengaruhi prosedur perekrutan pegawai.
  • Informational inaccuracies and job-design errors, yaitu membantu  menjelaskan apa saja kesalahan yang telah terjadi dalam manajemen sumber daya manusia terutama di bidang informasi job-analysis, job-design, dan sistem informasi manajemen sumber daya manusia.  
  • Equal employment opportunity, yaitu menunjukkan bahwa placement decision tidak diskriminatif.  
  • External challenges, kadang-kadang kinerja pegawai dipengaruhi oleh faktor  eksternal seperti keluarga, keuangan pribadi, kesehatan, dan lain-lainnya. 
  • Feedback, yaitu memberikan umpan balik bagi urusan kepegawaian maupun  bagi pegawai itu sendiri.


Definisi Balanced Scorecard

Konsep Balanced Scorecard telah lama dikembangkan oleh Robert S.Kaplan dan David P.Norton (HBR, January,1992). Konsep Balanced Scorecard ini dikembangkan  untuk melengkapi pengukuran kinerja keuangan (atau dikenal dengan pengukuran kinerja  tradisional) dan sebagai alat yang cukup penting bagi organisasi perusahaan untuk merefleksikan pemikiran baru dalam era competitiveness dan efektivitas organisasi. (Venda)

Balanced scorecard terdiri dari dua kata yaitu kartu skor (scorecard) dan berimbang (balanced). Kartu skor adalah kartu yang digunakan untuk mencatat  skor hasil kinerja seseorang / personel serta merencanakan skor yang akan  dicapai di masa yang akan datang. Hasil perbandingan antara rencana yang ditetapkan dengan hasil sesungguhnya yang berhasil dicapai digunakan untuk melakukan evaluasi. Sedangkan kata berimbang menunjukkan bahwa kinerja personel tersebut diukur secara berimbang dari dua aspek baik keuangan dan  non-keuangan, jangka panjang dan jangka pendek, intern dan ekstern. Berikut  ini adalah beberapa definisi balanced scorecard. (Ferdinandus, 2005)

Konsep ini memperkenalkan suatu sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu. Kriteria tersebut sebenarnya merupakan penjabaran  dari apa yang menjadi misi dan strategi perusahaan dalam jangka panjang, yang  digolongkan menjadi empat perspektif yang berbeda yaitu : 
  • Perspektif Keuangan, yaitu bagaimana perusahaan berorientasi pada para pemegang saham. 
  • Perspektif Pelanggan (customer), yaitu bagaimana perusahaan dapat menjadi supplier utama yang paling bernilai bagi para customer. 
  • Perspektif Proses Bisnis Internal, yaitu proses bisnis apa saja yang terbaik yang harus perusahaan lakukan, dalam jangka panjang maupun jangka pendek untuk mencapai tujuan keuangan dan kepuasan customer.
  • Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, yaitu bagaimana perusahaan dapat meningkatkan dan menciptakan value secara terus menerus, terutama dalam hubungannya dengan kemampuan dan motivasi karyawan.


Hubungan antara Empat Perspektif Tolok Ukur dalam Balanced Scorecard

Dalam Balanced Scorecard, keempat persektif tersebut menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Keempat perspektif tersebut juga merupakan indikator  pengukuran kinerja yang saling melengkapi dan saling memiliki hubungan sebab akibat.


Perspektif Keuangan 
Menurut Ferdinandus (2005) yang mengutip kata-kata Kaplan dan Norton (1996), balanced scorecard tetap mempertahankan ukuran finansial sebagai suatu ringkasan penting kinerja  manajerial dan bisnis. Laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan laba  rugi, laporan perubahan modal/ ekuitas, serta laporan arus kas tetap memegang  peranan penting dimana informasi yang disediakan bersifat kuantitatif sehingga  dapat selalu mengingatkan manajer untuk  mengadakan tindakan perbaikan di sektor-sektor yang penting.

Perspektif   Pelanggan 
Pelanggan cenderung akan berpindah dan mencari produsen atau supplier lain  jika kepuasannya tidak terpenuhi. Oleh karena itu kinerja yang baik dari  perspektif ini sangat perlu di tingkatkan. Jika kinerjanya buruk, bukan tidak  mungkin, perusahaan akan kehilangan pelanggan dimasa depan walaupun  kinerja keuangan saat ini terlihat baik. Produk dan jasa yang bernilai tinggi bagi  pelanggan harus diciptakan untuk mencapai kinerja jangka panjang yang baik. (Ferdinandus,2005)

Perspektif Proses Bisnis Internal 
Perspektif ini memiliki tujuan dan ukuran yang diterjemahkan dari strategi  dan ditujukan untuk memenuhi harapan para pemegang saham serta  pelanggan. Tujuan dan ukuran ini umumnya dikembangkan setelah tujuan  dan ukuran dalam perspektif keuangan dan pelanggan dirumuskan. Dalam  hal ini manajemen mengidentifikasi proses bisnis internal yang kritis yang  bisa diandalkan oleh perusahaan. Seberapa baik perusahaan telah menjalankan bisnisnya serta apakah produk  dan jasa yang ditawarkan telah sesuai dengan keinginan pelanggan, dapat dilihat dari scorecard yang dibuat, dalam perspektif ini. Oleh karena itu, pendesainan perspektif ini penting dilakukan oleh mereka yang mengetahui  secara mendalam atas misi perusahaan dan bukan dari konsultan dari luar. (Ferdinandus,2005)

Perspektif  Pembelajaran  dan Pertumbuhan 
Pengetahuan, kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh manajer dan  karyawan merupakan intangible resource/ assets perusahaan. Harta  perusahaan ini tidak bisa dinilai dengan uang, tetapi merupakan faktor  pendorong yang penting dalam mencapai kinerja keuangan yang mengagumkan, kinerja dalam proses bisnis internal yang baik serta kinerja  yang memuaskan dalam perspektif pelanggan perusahaan. Dengan kata lain  tujuan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah menyediakan  infrastruktur (para pekerja, sistem dan prosedur) sebagai pendorong yang  memungkinkan tujuan dan kinerja yang istimewa dalam tiga perspektif  sebelumnya dapat tercapai. (Ferdinandus, 2005)

Proses Manajemen dalam Balanced Scorecard

Menurut Ferdinandus (2005) Ada empat proses manajemen yang baru yang diperkenalkan melalui balanced scorecard dalam memberikan  kontribusi untuk menghubungkan  strategi jangka panjang dengan tindakan-tindakan dalam jangka pendek,  yaitu : 
  • Translating the vision, proses yang pertama ini membantu manajer dalam membangun suatu  konsensus atau persetujuan mengenai visi dan strategi perusahaan. Pernyataan visi dan strategi tersebut  harus mencerminkan susunan tujuan  dan pengukuran yang terorganisasi serta mendipenelitiankan faktor  pendorong jangka panjang meraih kesuksesan. 
  • Communicationg and Lingking, strategi yang telah ditentukan dikomunikasikan untuk mendapatkan  keselarasan tujuan dari atas ke bawah dalam lingkup organisasi terhadap  bagian-bagian tertentu serta tujuan individu. Proses ini juga mengkaitkan  antara  kompensasi dengan pengukuran kinerja serta pemberdayaan pekerja  melalui pendekatan dan komunikasi yang terbuka tentang strategi. 
  • Business Planning, proses ini memampukan perusahaan untuk mengintegrasikan perencanaan  bisnis dengan sumber daya finansialnya. Yang termasuk dalam proses ini  adalah menetapkan  sasaran, mengindentifikasikan inisiatif strategi dengan jelas, mengalokasikan sumber daya perusahaan yang ada serta menghubungkan anggaran dengan tujuan strategi jangka panjang. 
  • Feedback and Learning, peninjauan dan pembelajaran terhadap strategi terus dilaksanakan oleh  perusahaan secara berkelanjutan melalui adanya umpan balik ( feedback).


Keunggulan Balanced Scorecard
  • Komprehensif, balanced Scorecard memperluas perspektif yang dicakup dalam perencanaan  strategik, dari yang sebelumnya hanya terbatas pada perspektif keuangan, kemudian meluas ketiga perspektif antara lain pelanggan (customer), proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan.
  • Koheren, balanced Scorecard mewajibkan personil untuk membangun hubungan sebab  akibat (causal relationship) diantara berbagai sasaran strategik yang dihasilkan dalam  perencanaan strategik. Setiap sasaran yang ditetapkan dalam perspektif nonkeuangan harus  memiliki hubungan kausal dengan sasaran keuangan, baik secara langsung maupun tidak  langsung. 
  • Seimbang, keseimbangan sasaran strategik yang dihasilkan oleh sistem perencanaan strategik  penting untuk menghasilkan kinerja keuangan berjangka panjang.
  • Terukur, keterukuran sasaran strategik yang dihasilkan oleh sistem perencanaan strategik  menjanjikan ketercapaian berbagai sasaran strategik yang dihasilkan oleh sistem tersebut.


KESIMPULAN

Pengukuran kinerja suatu perusahaan dengan menggunakan metode tradisional yang hanya melihat kinerja perusahaan dari satu perspektif saja sudah tidak relevan lagi dengan iklim persaingan dunia industri saat ini. Perspektif keuangan saja tidak cukup akurat untuk memvisualisasikan kinerja perusahaan yang sebenarnya, visi, misi dan strategi perusahaan. Pengukuran kinerja yang komprehensif harus melibatkan perspektif non-keuangan seperti yang diterapkan pada metode balanced scorecard. Metode ini terbukti dapat menjabarkan kinerja perusahaan secara lebih lengkap dan terstruktur dan sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menggantikan metode pengukuran kinerja tradisional.

RFERENSI

Agung Himawan Ferdinandus, 2005, "Balanced Scorecard sebagai Alat Pengukuran  Kinerja Manajemen (STUDI KASUS PT. MAKRO INDONESIA  CABANG PASAR REBO, JAKARTA)". ESENSI. Volume 8, No. 1, http://www.ibn.ac.id/journal/Ferdinandus_Agung/Ferdinandus_Agung_Balanced_Scorecard_Sebagai_Alat_Pengukuran_Kinerja_Manajemen_(Studi_Kasus_PT_Makro_Indonesia_Cabang_Pasar_Rebo_Jakarta).pdf, 21 Sep 2016
Arsenia Laksmita Venda, Januarti Indira, "ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN  METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada PT. Bank Jateng Cabang Utama Semarang)". UNDIP, http://eprints.undip.ac.id/28630/1/Artikel_Skripsi_VENDA_ARSENIA_LAKSMITA_C2C_007131.pdf, 21 Sep 2016
Singgih L. Moses, Asih Damayanti Kristiana, Octavia Renny, Desember 2003, "PENGUKURAN DAN ANALISA KINERJA DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DI PT. “X”". Universitas Kristen Petra. Volume 3, No. 2, http://jurnalindustri.petra.ac.id/index.php/ind/article/viewFile/16000/15992 , 21 Sep 2016
Pratiwi Indah, Shinta Herrizqi, Riyasari Dessy, 2009, "PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD". Universitas Muhammadiyah Suraakarta, https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/1877/5.%20Paper_I-007.pdf?sequence=1 , 21 Sep 2016

3 komentar:

  1. Raka ardi pratama
    @C28-RAKA

    Artikel diatas menurut saya sudah cukup baik dengan adanya pengajaran yang dilakukan bagian perbagian dari penjelasan diatas sangat membantu para auditor dan customer untuk menentukan pilihan relasi kerjanya akan tetapi menurut saya harus dilakukan perbandingan antara metode diatas dengan metode lain yg sejenis sehingga lebih terlihat keunggulan dan kekurangan metode ini

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. @c29-FAJAR
    FAJAR ARI UTOMO


    dunia industri saat ini memang persaingannya sangat ketat. siapa yang masih memakai cara tradisional akan tertinggal. cara yang lebih modern sangat diperlukan untuk mencapai efisiensi yang besar

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.