.

Jumat, 23 September 2016

FISIKA UNIVERSITAS




RESENSI BUKU FISIKA UNIVERSITAS





Fisika universitas edisi yang ke 10
Pengarang,
FREDERICK J. BUECHE, Ph.D.
EUGENE HECHT, Ph.D.
Penerbit
ERLANGGA, Jl. H. Baping Raya No. 100 ciracas, Jakarta 13740
Terdiri dari 46 bab dan 116 halaman


                                                 
                                                 

FREDERICK J. BUECHE (alm), mendapat gelar terahir sebagai Distinguished Professor at Large, Universityof Dayton, menerima gelar Ph.D. dalam bidang fisika dari Cornell Universiti. Beliau telah menerbitkan hampir dari 100 makalah riset fisika polimer tingkat  tinggi. Beliau juga pernah mengarang satu buku teks untuk mahasiswa pascasarjana dalam bidang fisika makromolekuler. Namun kerja kerasnya terutama adalah dalam bidang pengajaran fisika.
 EUGENE HECHT adalah seorang pengajar tetap di Departemen Fisika Adelphi University di new York, dan beliau adalah orang yang sangat mencintai dunia mengajar. Beliau juga telah mengarang Sembilan buku, termasuk Optick, edisi ke -4, diterbitkan oleh Addison Wesley, yang telah menjadi buku teks utama dalam bidang ini diseluruh dunia selama hamper tiga dekade. Beliau menghabiskan sebagian waktunya mempelajari fisika, menulis tentang seni, dan berlatih keras untuk lulus ujian dan empat sabuk hitam dalam beladiri taekwondo.
                                                           


Kelebihan dari buku ini adalah pembahasan tentang materi-materi yang lengkap, juga disertai gambar- gambar dari contoh materi yang sedang di bahas didalamnya, sehingga memudahkan kita untuk mempelajarinya.

Kekurangan dari buku ini menurut saya contoh-contoh soal yang banyak tetapi kurang pemaparan sehingga membuat bingung mahasiswa, jika lebih dipaparkan contoh soalnya pasti memudahkan mahasiswa dalam pengerjaan tugas-tugas fisika.

4 komentar:

  1. @B24-SEPTI
    Saya setuju dengan kelebihan dan kekurangan dari buku fisika universitas karena saya juga sudah membacanya, seharusnya buku ini lebih dapat memudahkan kita untuk mempelajarinya tetapi buku ini terlalu ngejelimet sehingga kita yang membaca juga menjadi bingung

    BalasHapus
  2. @B26-RAHTHINO

    Buku ini sangat mudah dipahami. Dengan contoh soal yang bervariasi dan pembahasan yang cukup mendalam serta materi yang aplikatif buku ini cocok sebagai buku acuan untuk mahasiswa teknik industri seperti saya. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Muhammad Soim, @B20-SOIM

    Dalam buku ini memang sudah cukup lengkap secara jumlah materi yang disampaikan, akan tetapi pada penjabaran teori dan juga contoh-contoh soal yang disediakan masih sangat minim penjelasan / penguraiannya. sehingga dapat membingungkan pembaca.

    Saran saya untuk resensi buku ini yaitu menambahkan kekurangan buku ini yaitu kurang detail terhadap teori yang disampaikan, tidak hanya untuk penjabaran contoh-contoh soal saja.

    BalasHapus
  4. @B11-AZIZ

    buku ini sangat penting bagi mahasiswa teknik karena fisika adalah dasar dari teknik, pada penulisan artikel ini kurang lengkap seperti tidak adanya penutup.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.