.

Jumat, 23 September 2016

LOGISTIK DAN MANAJEMEN RANTAI PASOK...!!!

MENGENAL LOGISTIK DAN MANAJEMEN RANTAI PASOK


 A. Pendahuluan

Manajemen rantai pasokan adalah sebuah sistem yang melibatkan proses produksi, pengiriman, penyimpanan, distribusi dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan akan produk tersebut rantai pasokan didalamnya termasuk seluruh proses dan kegiatan yang terlibat didalam penyampaian produk tersebut sampai ke tangan pemakai konsumen. Semua itu termasuk proses produksi pada manufaktur, sistem transportasi yang menggerakan produk dari manufaktur  sampai ke outlet retail, gudang tempat penyimpanan produk tersebut, pusat distrubusi tempat dimana pengiriman dalam lusin besar dibagi kedalam lusin kecil untuk dikirim kembali ke toko-toko dan akhirnya sampai ke pengecer yang menjual produk tersebut. Sebuah operasi yang effisien dari rantai pasokan tergantung lengkap dan akuratnya aliran data yang berhubungan dengan produk yang diminta dari pengecer sampai pelanggan. Metode analisis yang digunakan adalah supply chain management (SCM). Mengunakan alat analisis rantai pasokan dari awal sampai akhir dengan proses aktivitas pengadaan bahan baku, menjadi barang setengah jadi dan produk akhir serta pengiriman ke pelanggan. Hasil penelitian ditemukan bahwa petani masih menggunakan alat tradisional, hal ini tidak efisien serta banyak mengorbankan waktu dan biaya.

B. PERMASALAHAN

Untuk menyediakan produk yang murah, berkualitas dan cepat maka perlu adanya strategi yang efektif dan efisien,untuk memenuhi tuntutan tersebut strategi apa yang akan di gunakan…???

C.PEMBAHASAN

Pentingnya manajemen rantai pasokan
Manajemen rantai pasokan (Supply chain management) menggambarkan koordinasi dari keseluruhan kegiatan rantai pasokan, dimulai dari bahan baku dan diakhiri degan pelanggan yang puas. Denga demikian, sebauh rantai pasokan mencakup pemasok, perusahaan manufaktur dan/atau penyedia jasa dan perusahaan distributor, grosir, dan/ atau pengeacer yang mengantarkan produk dan/atau jasa ke konsumen akhir.
Tujuan dari manajemen rantai pasokan adalah untuk mengoordinasi kegiatan dalam rantai pasokan untuk memaksimalkan keunggulan kompetitif dan manfaat dari rantai pasokan bagi konsumen akhir. Seperti tim kejuaraan, fitur utama dari rantai pasokan yang suskses adalah anggota-anggotanya yang berperan demi kepentingan timnya (rantai pasokan).
Pengurangan biaya yang efektif dapat membantu sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan labanya lebih mudah dibandingkan dengan peningkatan di upaya penjualan. Ketika perusahaan berjuang meningkatkan daya saingnya melalui kustomisasi produk, kualitas yang tinggi, pengurangan biaya, dan kecepatan pemasaran, penekanan yang lebih diberikan pada rantia pasokan.
Melalui hubungan strategis yang berkelanjutan, pemasok menajdi partner ketika mereka berkontribusi bagi keunggulan kompetitif. Strategi biaya rendah atau respons cepat membutuhkan hal-hal yang berbeda dari rantai pasokan dibandingkan waktu menunggu. Perusahaan harus mencapai integrasi strategi rantai pasokan, dan harus berharap strategi tersebut berbeda untuk produk yang berbeda dan berubah ketika produk bergerak di siklus hidupnya.

Masalah sumber : buat atau beli versus pengalihdayaan
Keputusan buat atau beli
Pilihan antara memproduksi sebuah komponen atau jasa secara internal atau membelinya dari sumber lain.
Pengalihdayaan
Mengalihkan beberapa kegiatan dan sumber daya internal tradisional dari sebuah perusahaan ke vendor di luar perusahaan, membuatnya sedikit berbeda dari keputusan buat atau beli tradisional.

Strategi enam sumber
Banyak pemasok
Strategi ini adalah satu pemasok melawan lainnya dan menempatkan penekanan pada pencapain permintaan pembeli atau pemasok. Pemasok secara agaresif bersaing satu sama lain. Pendekata ini menyebabkan pemasok bertanggung jawab untuk mempertahankan teknologi yang dibutuhkan, keahlian, dan kemampuan, proyeksi serta biaya, kualitas, dan kompetensi yang berikan. Hubungan “partner” jangka panjang bukanlah tujuannya.

Sedikit pemasok
Strategi sedikit pemasok berarti bahwa dari pada mencari atribut jangka pendek, seperti biaya randah, seorang pemebeli lebih baik membentuk hubungan jangka panjang dengn sedikit pemasok yang berdedikasi. Pemasok jangka panjang biasanya lebih mengerti tujuan umum dari perusahaan dan palanggan akhir. Menggunakan sedikit pelanggan dapat menciptakan nilai dengan memungkinkan pelanggan mendapatkan skala ekonomi dan kurva pembelajaran yang menghasilkan baik biaya transaksi yang lebih serta biaya produksi yang lebih rendah. Strategi ini juga mendorong pemasok-pemasok tersebut untuk memberikan inovasi dsain dan kehalian teknologi.

Risiko Rantai Pasokan
mengelola rantai pasokan terintegrasi adalah sebuah tantangan strategis. Memiliki pemasok yang lebih sedikit membuat pemasok dan pelanggan lebih bergantung pada suatu sama lain, yang mna meningkatkan risiko bagi keduanya. Risiko ini diperparah oleh globalisasi dan kerumitan logistic.

Risiko dan taktik mitigasi
Perusahaan perlu memfokuskan tidak anya pada pengurangan potensi gangguan, tetapi juga pada bagaiman mempersiapkan tanggapan atas kejadian negative yang takterelakan. Fleksibel, rantai pasokan yang aman, dan asuransi yang cukup atas berbagai gangguan adalah langkah awalnya. Silang sumber adalah suatu teknik gabungan di mana dua pemasok msing-masing menyediakan suatu komponen yang berbeda namun mereka mampu untuk memproduksi kedua komponen tersebut sehingga dapat berperan sebagai sumber backup. Opsi lain adalah menyedikan kapasitas berblehih yang diperagunakan untuk merespons masalah dalam rantai pasokan.



Keamana dan tpat waktu (JIT)

Inovasi teknolgi dalam rantai pasokan dapt meningaktkan kemanan serta manajmen persediaan, membuat logsitik dapt semakin diandalkan. Teknolgi kini meampu mengetahui lokasi, isi, dan kondisi truk dan container. Peralatan baru bahkan dapat medeteksi kunci container yang rusak. Ala pendetksi gerak juga dapat di pasang di dalam container. Melacak container yang hilang, mengidentifikasi penundaan, atau hanya mengingatkan individu di dalam rantai pasokan bahwa pengiriman sedang dalam perjalanan akan membantu mempercepat pengiriman.

Pengolahan rantai pasokan terintegrasi
Isu-isu dalam mengelola rantai pasokan terintegrasi
Optimalisasi local anggota rantai cenderung focus pada maksimalisasi laba local atau minimalisasi biaya langsung berdasarkan pada pengetahuan mereka yang terbatas. Sedikit peningkatan permintaan ditanggapi berlebihan karean tidak ada yang ingin mengalami kekurangan kapasitas. Insentif mendorong barang ke dalam rantai untuk penjualan yang belum terjadi.Hal ini membuat fluktuasi yang akhgirnya mahal bagi semua anggota rantai.
Lot yang beasar serting erjadi bias terhadap lot yang besar karang lot yang besar cenderung akan mengurangi biaya per unit. Manajer logistic ingin mengirimkan lot yang besar, lebih diutamakan dalam truk yang penuh, dan manajer produksi ingin produksi yang lebih panjang berjalan.
Efek cambuk merupakan peningkatan fluktuasi pesanan yang sering terjadi ketika pesanan bergerak dalam rantasi pasokan. Efek cambuk terjadi ketika pesanan disampaikan dari pedagang ritel, kedistributor, ke pedangan grosir, ke perusahaan manufaktur, dengan fluktuasi yang meningkat di setia tingkatan.

Kesemptan dalam mengelola rantai pasokan terintegrasi
Penarikan data
Data penjualan yang akurat yang memulai transaksi untuk menarik produk melalui rantai pasokan.

Control penambahan satu tahap
Menetapkan tanggung jawab penawasan dan penglolaan persediaan untuk perusahaan ritel.

Persediaan yang dikelola vendor
Sebuah system di mana pemasok menjaga bahan baku untuk pembeli, sering kali mengantarkan langsung ke departemen yang membeli

Perencanaan, peramalan, dan penambhan kolaoratif
Sebuah system di mana anggota rantai pasokan berbagi finformasi dalam upaya bersama untuk mengurangi biaya rantai pasokan.

Pesanan kosong
Komitmen pembelian jangka panjang bagi pemasok untuk item yang kan dikirimkan terhdap pelepasan pengiriman jangka pendek.

Penundaan
Penundaan modifikasi atau kustomisasi produk selama mungkin dalam proses produksi.

Drop shopping
Pengiriman langsung dari pemasok ke konsumen akhir alih-alih ke penjual, menghemat waktu dan biaya pengiriman ulang.

Membangun baris persediaan
Evaluasi pemasok
Evaluasi pemasok mencakup pencarian pemasok potensial dan menentukan kecenderungan meraka untuk menjadi pemasok yang baik. Jika pe,asok yang baik tidak di pilih, semua upaya rantai pasokan lainnya akan gagal. Sertifikasi pemasok Proses sertifikasi sering kali melibatkan tiga tahap kualifikasi, eduksi dan proses sertifikasi kinerja. Sertelah tersertifkasi, pemasok dapat diberikan perlakuan dan prioritas khusus, memungkinkan perusahaan pembeli untuk mengurangi atau mengeliminasi inspeksi bahan baku yang dikirimkan.

Pengembangan pemasok
Dengan mengasumsikan bahwa perusahaan ingin bekerja sam denga pemasok tertentu, pembei memastikan bahwa pemsok memiliki apresiasi persyaratan kualitas, spesifikasi produk, jadwal dan pengiriman serta kebijakan pembelian.

D. Manajemen logistic

Manajemen logistic adalah untuk memperoleh efisiensi operasi melalui integrasi dari seluruh kegiatan akuisisi bahan baku, pemindahan, dan penyimpangannya.

System pengiriman
Jalur truk, jalur kereta api, jalur udara, jalur air, pipa saluran, multimodal.

Pergudangan
Sebuah gudang dapat berfungsi sebagai titik konsolidasi, mengumpulkan pengiriman dari berbagai sumber untuk mengirim ke luar dalam satu truk bermuatan penuh yang lebih murah. Saluran perakitan mengirim komponen dan modul untuk secar individu, alih-alih produk jadi ke distributor.

Logistic pihak ketiga
Manajer rantai pasokan melakukan pengalihdayaan ligsitik untuk mencapai tiga tujuan: mengurangi investasi persediaan, mengurangi biaya pengiriman, dan meningkatkan keandalan dan kecepatan pengiriman.

Manajemen distribusi
Manajemen distribusi mendesain jaringa distribusi untuk memenuhi harapan pelanggan menawarkan tiga kriteria: respons cepat, pilihan produk dan layanan. Perusahaan yang membutuhkan program manajemen pemasok yang efektif, program manajemen distribusi yan efektif akan membuat perbedaan antara rantai pasokan yang sukses dan yang gagal.

Manajemen etika dan rantai pasokan yang berkelanjutan
Etika manajemen rantai pasokan
Etika personal
Meningkatkan dan memperkuat tanggung jawab bagi karyawan , hubungan pemasok dan pelanggan yang positif, kesinambungan dan tanggung jawab social, perlindungan atas informasi yang konfiensial dan informasi paten, hokum, regulasi dan kesepatkan perdagangan yang dapat diterapkan dan pengembangan kompetisi professional Menghindari ketidakpantasan yang dirasakan, konflik kepentingan, perilaku yang secara negative memengaruhi keputusan rantai pasokan, dan kesepakatan berulang yang tidak pantas.

Etika di dalam rantai pasokan
Dalam era spealisasi yang tinggi saat ini, banyak sumber daya perusahaan di beli, menempatkan tekanan yang sangat tinggi atas etika dalam rantai pasokan. Manajer mungkin tegoda untuk mengabaikan penyimpangan etik oleh pemasok atau memindahkan polusi ke pemasok.

Prilaku etis terhadap lingkungan
Etika yang baik meluas hingga pengoperasian bisnis dengan cara yang mendukung konservasi dan peremajaan sumber daya.hal ini membutuhkan evaluasi keseluruhan dampak lingkungan, dari bahan baku hingga proses manufaktur, melalui penggunaan dan pembuangan akhir.

Membangun kesinambungan rantai pasokan
Rantai pasokan masuk menarik banyak perhatian, namun ini hanya bagian dari tantangan kesinambungan. Rantai pasokan kembali juga signifkan. Tujuan manajer operasi haru terbatas pada membakar atau mengubur produk dari pada berusaha keras untuk menggunakannya kembali. Logistic terbalik mengawali serangkaian tantangan baru.

Mengukur kinerja rantai pasokan
Asset dipercayakan untuk persediaan
Manajer rantai pasokan membuat keputusan penjadwalan dan kuantitas yang menentukan set yang dipeacayakan untuk persediaan. Tiga ukuran spesifik dapat membantu dengan cara jumlah yang diinvestasikan dalam persediaan. Perbandingan spesifik dengan competitor dapat membantu evaluasi. Total asset yang dipercayakan untuk persediaan dalam perusahaan manufaktur mencapai 15% dan perusahaan ritel 27% dengan variasi yang luas bergantung pada model bisnis spesifik.
Harga pokok penjualan adalah biaya untuk memproduksi barang atau jasa yan dijual selam periode tertentu. Investasi persediaan adalah rata-rata nilai persediaan untuk periode yang sama. Sering kali,ratarata investaqsi persediaan tidak didasarkan pada apa pun selain investasi persediaan pada akhir periode biasanya akhir tahun. Manajemen rantai pasokan sangat penting untuk mengurangi investasi persediaan. Perpindahan barang yang cepat adalah kuncinya.

Tolak ukur rantai pasokan
Ketika nilai metric menyampaikan artinya dan  bermanfaat ketika membandingkan dengan data yang lampau, penggunaan penting lainnya membandingkan nilai ini dengan perusahaan pembanding. Tolak ukur berkelas dunia adalah hasil dari rantai pasokan yang dikelola dengan baik yang memperkecil biaya, waktu tunggu, pengiriman terlambat, dan kekurangan persediaan serta meningkatkan tingkat layanan.

Model SCOR (supply chain operations Reference-SCOR model)
Perusahaan menggunakan SCOR untuk mengidentifikasi, mengukur, mengorganisasi ulang, dan meningkatkan proses rantai pasokan. Model scor mendifinisikan lebih dari 200% elemen proses, 550 metrik yang dapat diukur, dan 500 praktik terbaik. Praktik terbaik mengambarkan teknik yang digunakan oleh perusahaan pembanding yang memiliki nilai yang sangat baik di metric. Tolak ukur sangat berguna, namun tidak selalu memadai untuk keunggulan rantai pasokan. Audit berdasarkan pada komunikasi yang terus menerus, pemahaman, kepercayaan, kinerja, dan strategi perusahaan adalah hal yang penting. Hubungan harus mewujudkan diri dalam kepercayaan bahwa kita bersama dan berjalan seiring denga kesepakatan tertulis.

E. KESIMPULAN
 Manajemenrantai pasok sangat diperlukan sekali.pasokan yang stabil akan dapatmenciptakan suasana produksi yang stabil.komunikasiyang baik antara industri pribadi dan industri supplier diperlukan untuk menjaga kestabilan produksi.manajemen rantai pasokan digunakan untuk mengatur dan memperkirakan arus pasokan yang dibutuhkan untuk proses produksi secara akurat sehingga biaya penyimpanan dapat ditekan.manajemen rantai pasokan juga berfungsi untuk dapat mengendalikan produk reteur,sehigga industri mendapatkan keuntungan yang maksimal.



DAFTAR PUSTAKA

Chopra, Meindl, Hugos. 2003. Tahapan Manajemen Rantai Pasokan: strategy, Planning and Operation. 

Pearson Prentice Hall. New York. Ganeshan, Harison, Hugos. 2003 An Introduction to Supply Chain, Supply Chain Journal New York. 

Gerry Kaeng. 2006 Analisa Manajemen Kualitas dan Dampaknya Terhadap Kinerja Oprasional Study

4 komentar:

  1. @C31-catur

    Dengan adanya artikel ini saya dapat memahami bagaimana proses produksi hingga ke tangan konsumen dimana terdapat distributor dan juga agen-agen

    BalasHapus
  2. @C31-catur

    Dengan adanya artikel ini saya dapat memahami bagaimana proses produksi hingga ke tangan konsumen dimana terdapat distributor dan juga agen-agen

    BalasHapus
  3. Tugas Tc06 , @C17-WASTIONO
    setelah membaca artikel yang di tulis oleh brian saya sekarang menjadi tahu Manajemen rantai pasokan adalah sebuah sistem yang melibatkan proses produksi, pengiriman, penyimpanan, distribusi dan penjualan produk. dengan demikian dalam sistem industri pengaturan sistem pasokan sangat lah di butuhkan dalam mengatur keseimbangan manufactur sebuah produk . di dalam penulisan artikel di paparkan sangat rinci membuat pembaca begitu jelas akan isi isi dari jurnal yang telah di review oleh brian . trimakasih

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.