.

Jumat, 30 September 2016

ABC analysis

Di dalam dunia industri umumnya dan bidang Agroindustri khususnya, pelaksanaan perencanaan pengendalian produksi dan persediaan merupakan hal mendasar yang harus dilakukan sebelum produksi berjalan. Disebut mendasar karena pada bagian atau seksi atau divisi atau departemen ini harus dapat ditentukan berapa yang akan diproduksi, kapan akan berproduksi, berapa banyak harus menyimpan bahan baku, berapa tenaga kerja yang dibutuhkan, dan berapa bahan baku yang dibutuhkan, serta berbagai kondisi lain yang harus ditentukan yang berkaitan dengan perencanan dan pengendalian produksi. Sehingga hal ini dapat dianggap sebagai sesuatu yang terintegrasi yang mendukung untuk dilakukan pembahasan mengenai topik Prakiraan, persediaan bahan baku, perencanaan kapasitas produksi, dan analisis permintaan produk.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perencanan dan pengendalian persediaan berdasarkan tingkat pemesanan optimal bahan baku tepung semolina. an hal yang terkait dengan persedian bahan baku. Mengetahui alternatif perencanaan agregat yang harus dipilih berdasarkan efisiensi biaya strategi yang dijalankan. Mengetahui prioritas dalam persediaan produk pasta dengan menggunakan analisis ABC.
Salah satu metode yang digunakan untuk melakukan penelitian adalah analsis ABC. Analisis ABC pada dasarnya adalah membuat makin terhadap setiap item persediaan berdasarkan nilai persediaan dalam satu tahun atau kriteria lain, dan setiap item persediaan diurut dari nilai yang terbesar sampai yang terkecil. Untuk teknik penelitian data menggunakan diagram alir proses produksi.
Dengan melakukan beberpa penilitian maka dapat disimpulkan dari data dala jurnal seperti berikut : Produk pasta jenis elbow macaroni dan spaghetti adalah produk yang harus mendapat perhatian khusus dalam pengendalian persediaan produk jadi, karena tingkat permintaan tinggi disbanding 8 jenis produk pasta lainnya. Dengan persentase nilai sebesar 70,63% dan persentase jumlah 20%.

Daftar Pustaka

Makridaris, S., S.C. Wheelwright, and V.E. McGee. 1995. Forecasting Methods and
Applications. Second Edition. New York : John Wiley and Sons.

Russel, R. S., Bernard W. Taylor II. 2000. Operation Management Multimedia Version.
Third Edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Tersine, J.R. 1994. Principles of Inventory and Materials Management. Fourth Edition.

New Jersey: Prentice Hall International Editions.

1 komentar:

  1. @c26-CITRA

    terimakasih kepada penulis, atas informasinya saya jadi lebih memahami bahwa pelaksanaan perencanaan pengendalian produksi dan persediaan merupakan hal mendasar yang harus dilakukan sebelum produksi.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.