.

Kamis, 22 September 2016

DEFINISI DAN APLIKASI PERENCANAAN PENGENDALIAN PRODUKSI

Oleh : Ardhika Nugraha

Aktivitas produksi sebagai suatu bagia dari fugsi organisasi perusahaan bertanggung jawab terhaapa pengolahan bahan baku menjadi produksi jadi yang dapat dijual. Untuk melaksanakan fungsi produksi tertentu, diperlukan rangkaian kegiatan yang akan membentuk suatu sistem produksi.


Proses Produksi yaitu metode dan teknik yang dignakan dalam mengolah bahan baku menjadi produk. Perencanaan produksi adalah aktivitas untuk menetapkan produk yang diproduksi, jumlah yang dibutuhkan, kapan produk tersebut harus selesai dan sumber-sumber yang dibutuhkan. Sedangkan Pengendalian produksi adalah aktivitas yang menetapkan kemampuan sumber-sumber yang digunakan dalam memenuhi rencana, kemampuan produksi berjalan sesuai rencana, melakukan perbaikan rencana. Jadi perencanaan dan pengendalian produksi yaitu merencanakan kegiatan-kegiatan produksi, agar apa yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik.

Tujuan utama :
  •    Memaksimumkan pelayanan bagi konsumen
  •    Meminimumkan investasi pada persediaan
  •    Perencanaan kapasitas
  •    Pengesahan produksi dan pengendalian produksi
  •    Persediaan dan kapasitas
  •    Penyimpanan dan pergerakan material
  •    Peralatan, routing dan proses planning

Dalam jurnal Program Bantu Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada Proses Produksi Toner yang ditulis oleh Idha Kristiana, Lucia Dwi Krisnawati, dan Willy Sudiarto R dijelaskan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi optimalisasi produksi adalah dengan adanya pengelolaan persediaan bahan baku yang terkendali, sehingga diperlukan adanya suatu perencanaan untuk mendapatkan hasil produksi yang optimal. Oleh karena itu, peneliti manawarkan suatu penyelesaian dalam bentuk program bantu yang menerapkan metode material requirement planning (MRP), quantity discount, dan Lofsizing technique dengan studi kasus PT. Digitone. Penerapan metode diatas terbukti dapat memaksimalkan proses produksi, mencegah tumpukan bahan baku digudang, mengurangi keterlambatan produksi, memenuhi kebutuhan konsumen secara maksimal, serta meminimalkan biaya produksi.

Selain itu, Perencanaan dan pengendalian biaya produksi sebagai suatu usaha untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi pada PT. Pabrik Gula Krebet, Malang dalam jurnal yang ditulis oleh Rinda Fatmawati, Darminto, Zahroh agar dapat memaksimalkan optimalisasi biaya produksi dalam suatu rencana dan pengendalian biaya produksi yaitu dengan mengurangi biaya semaksimal mungkin untuk memberikan keuntungan yang maksimal, sehingga pabrik gula harus mengatur kegiatan produksinya secara efektif dan efisien. Kegiatan ini mempunyai maksud untuk mendeskripsikan tentang perencanaan dan cara memanajemen biaya produksi sebagai satu tujuan yang bermaksud untuk menambah efisiensi harga produksi pada PT. PG Krebet Malang. Cara penelitian yang dipakai pada riset ini adalah menjelaskan dengan pendekatan kasus pada PT. PG Krebet Malang. Pengambilan sampel dengan interview dan pengabadian gambar atau rekaman. Dari hasil riset dan pemikiran yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa budget biaya produksi pada PT. PG Krebet Malang masih tidak efisien. Faktor penyebab hal tersebut adalah lemahnya pengamanan biaya produksi secara global, sehingga tidak dapat memperkecil terjadinya penghilangan pada biaya produksi yang diselenggarakan oleh oknum yang tidak peduli. Nasihat yang bisa diberikan sebaiknya perusahaan menambahkan pengawasan atas penggunaan harga produksi secara global serta memperbaiki budget harga produksi yang lebih tajam dalam meramalkan total biaya produksi yang dikeluarkan.

Perencanaan produksi merupakan suatu kegiatan pendahuluan atas proses produksi yang akan dilaksanakan dalam usaha mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Sering terjadi, perusahaan tidak cermat dalam hal perencanaan kebutuhan material yang dapat mengganggu jalannya proses produksi dan berakibat perusahaan tidak dapat memproduksi produk dengan tepat waktu. Untuk mengatasi kelemahan dari model PPIC konvensional perlu digunakan model PPIC yang adaptif. Model PPIC adaptif memiliki nilai lebih bila dibandingkan dengan model konvensional karena karakter adaptif dan cerdasnya. Metode penelitian ini menggunakan metode Simple Moving Average, EWMA, Holt’s Model dan Winter’s Model untuk menghitung peramalan permintaan, Stochastic Dynamic Programming untuk menentukan model PPIC yang adaptif dan metode EOQ untuk menghitung MRP produk ayam ‘Chicken Talk’. Hasil penelitian menunjukkan metode peramalan permintaan yang paling tepat untuk CV. Chicken Talk Food adalah Winter’s Model dengan nilai MAD terkecil yaitu sebesar 35.36. Penerapan model PPIC yang adaptif untuk perencanaan tahun 2014 menunjukkan hasil berupa estimasi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan di tahun 2014 masih lebih kecil dibanding dengan total biaya yang dikeluarkan di tahun 2013. Perusahaan dapat menghemat Rp 136,646,848.24.

Daftar Pustaka:

Verawati1 , Fuad Achmadi, Sri Kumalaningsih.2015. Perencanaan Dan Pengendalian Produksi Yang Adaptif.CV. Chicken Talk Food. Vol. 6, No. 1, 2015.Dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=308886&val=7340&title=Perencanaan%20Dan%20Pengendalian%20Produksi%20Yang%20Adaptif%20%20Pada%20CV.%20Chicken%20Talk%20Food

Kristiana Idha, Lucia Dwi Krisnawati, Willy Sudiarto R.2016.Program Bantu Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada Proses Produksi Toner.Dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=59696&val=4485&title=PROGRAM%20BANTU%20PERENCANAAN%20DAN%20PENGENDALIAN%20PERSEDIAAN%20BAHAN%20BAKU%20PADA%20PROSES%20PRODUKSI%20TONER

Sungkono Muhammad Adi Singkono, Sulistiyowati Wiwik.2016.Perencanaan dan Pengendalian Bahan Baku untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi dengan Metode Materian Requirement PL.ANNING dan Analytical Hierarchy Process di PT.XYZ.Dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=429702&val=5548&title=PERENCANAAN%20DAN%20PENGENDALIAN%20BAHAN%20BAKU%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20EFISIENSI%20PRODUKSI%20DENGAN%20METODE%20MATERIAL%20REQUIREMENT%20PLANNING%20DAN%20ANALYTICAL%20HIERARCHY%20PROCESS%20DI%20PT.%20XYZ

Nasution Arman Hakim, Prasetyawan Yudha.2008.Perencanaan dan Pengendalian Produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.