.

Jumat, 23 September 2016

Pemanfaatan Kulit Singkong Menjadi Keripik Kulit Singkong


Singkong merupakan Produk Pertanian yang cocok untuk di jadikan unit bisnis karena manfaat yang di peroleh komoditi tersebut cukup banyak dan bermanfaat melihat pangsa pasar yang cukup menggiurkan atas bahan baku singkong.
Singkong (Manihot esculentayang di kenal juga Ktela pohon atau Umbi kayu, adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Umbinya di kenal luas sebagai makanan pokok penghasil Karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Keberadaan Singkong (Manihot esculenta) pada awalnya banyak ditemukan tumbuh liar di hutan, kebun sendiri, bahkan tumbuh disembarang tempat. Sejalan dengan permintaan pasar yang terus meningkat, maka beberapa singkong dibudidayakan di Indonesia. Sebagai bahan makanan, singkong memiliki kelebihan dibandingkan dengan bahan makanan lainnya. Kelebihan singkong terletak pada kandungan karbohidrat, lemak, Protein, kalori, fosfor dan cita rasanya yang lezat

Rumusan Masalah
-Apa saja kandungan gizi pada singkong?
-Bagaimanakah masyarakat biasanya mengolah kulit singkong ?
-Apa saja prosedur kerja dalam membuat keripik kulit singkong?

Tujuan dan Manfaat
-Menjelaskan kandungan/gizi pada singkong.
-Menjelaskan olahan kripik kulit singkong.
-Menjelaskan prosedur kerja membuat kripik kulit singkong.

Kandungan Gizi pada Singkong
Kita harus tahu bagaimana cara mengolah Singkong dengan tepat. Jika pengolahan Sayur Singkong tidak benar, mungkin menyebabkan timbulnya penyakit yang disebut Konzo (meski jarang ditemukan). Konzo atau Mantakassa merupakan penyakit lumpuh epidemi biasanya disebabkan oleh proses pengolahan yang tidak cukup pada Singkong yang pahit.
Perlu diketahui bahwa kulit singkong pun masih mengandung zat gizi yang baik sebagaimana yang dikandung oleh daging singkong. Kualitas kulit singkong bisa dilihat dari kualitas daging singkongnya, apabila daging singkong enak dan tidak pahit rasanya maka kulit singkong pun tidak akan terasa pahit, kecuali ada faktor lain yang menyebabkan kulit singkong menjadi pahit. Oleh karenanya apabila anda ingin mengolah olahan makanan berbahan dasar singkong/kulitnya maka periksalah dahulu kualitas singkong tersebut karena sudah pasti akan mempengaruhi hasil makanan anda nantinya.
Prosedur kerja membuat kripik kulit singkong
1.       Kulit Singkong
Dalam memilih kulit singkong yang bagus kita bisa melihatnya dari kualitas singkong itu sendiri, apabila singkongnya bagus/tidak pahit maka kulitnya juga enak/tidak pahit sehingga bisa diolah menjadi keripik kulit singkong. Namun apabila anda memiliki limbah kulit singkong yang kurang bagus anda tidak perlu khawatir karena kulit tersebut masih dapat diolah menjadi bahan makanan ternak, dan lainnya. Setelah mendapatkan kulit singkong, segera cuci dan bersihkan dari kulit luarnya(yang berwarna coklat) sehingga tersisa kulit dalamnya. Lalu potong dadu kulit singkong tersebut.
2.      Perebusan
Setelah didapatkan potongan kulit singkong yang bersih dilakukan perebusan dengan memasukan potongan kulit singkong ke panci yang diberi air garam. Proses perebusan kulit singkong dilakukan di kompor dengan api sedang dan dengan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih kemudian angkat kulit singkong dan tiriskan.
3.      Perendaman dengan bumbu
Sebelum direndam buat bumbunya dulu, yaitu haluskan garam, bawang putih, ketumbar, penyedap rasa lalu beri sedikit air untuk merendam kulit singkong. Masukkan bumbu dalam baskom dan masukan potongan kulit singkong ke baskom tersebut.
4.      Penjemuran
Jemur potongan kulit singkong di baskom  dibawah terik matahari hingga kering.
5.      Penggorengan
§  Ambil potongan kulit singkong yang sudah kering kemudian rendam dengan air hangat 2 menit untuk menghilangkan debu saat dijemur, lalu tiriskan.
§  Tumbuk hingga halus garam, bawang putih, ketumbar, sedikit penyedap rasa dan beri seikit air.
§  Lumuri potongan kulit singkong dengan bumbu yang sudah dibuat biarkan 2 menit.
§  Angkat dan lumurkan potongan kulit singkong dengan tepung sajiku hingga merata. Ulangi hingga 2 kali.
§  Goreng potongan kulit singkong dengan minyak yang cukup dan api sedang. Penggorengan dilakukan hanya sebentar hingga matang.
§  Goreng seluruh potongan kulit singkong yang sudah kering.

Daftar Pustaka:
-Valentine, Kartika.,2015,. Makalah : Pemanfaatan Kulit Singkong Menjadi Keripik Kulit Singkong.,
-Sika, Riko., 2014., Arsi Surya: Cara Mengolah Limbah Menjadi Barang Ekonomis.,
-http://www.gen22.net/2013/04/cara-mengolah-kulit-singkong-menjadi.html (Diakses pada 19 September 2016)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.