a. Pengertian
Total Management System atau disingkat dengan TQM adalah
suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan
(Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). Total Quality Management atau TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Singkatnya, Total Quality Management (TQM) adalah pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction).
(Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). Total Quality Management atau TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Singkatnya, Total Quality Management (TQM) adalah pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction).
Menurut saya cara
mudah untuk memahami quality management sangatlah mudah kita harus mempunyai
pemikiran yang positif yaitu
‘Total Management
System = Kepuasan pelanggan’
Dan dapat dipahami
dengan semua yang terkait pada manajemen seperti organisasi ,karyawan
perusahaan ataupun relasi yang harus berpastisipasi aktif dalam peningkatan
proses, produk, penjualan , kenyamanan para pekerja sehingga dapat menciptakan
proses produksi yang terus meningkat dengan hasil kualitas produk yang baik
pada akhir nya dapat mencapai tujuan “Kepuasan Pelanggan” .
b.sejarah TQM
kutipan dari web academia.edu di upload oleh yanto kissin, evolusi
gerakan total quality dimulai dari masa studi bapak manajemen ilmiah frederick
taylor pada tahun 1920-an .aspek yang paling fundamental dari manajemen ilmiah
adalah adanya pemisahan antara perencanaan dan pelaksanaan . seirirng dengan
meningkatnya volume dan kompleksitas
pemanufakturan , kualitaspun menjadi hal sulit karena kita harus memenuhi
kebutuhan yang terus meningkat . volume dan kompleksitas mendorong timbul
quality engineering pada tahun 1920-an dan reliabilty engineering pada tahun
1950-an . quality engineering sendiri mendorong timbulnya penggunaan
metode-metode statistic pengendalian kualitas , yang mengarah pada konsep control
chart dan statistical process control.
Quality
Planning (Perencanaan Kualitas)
Perencanaan
Kualitas (Quality Planning) adalah
Penetapan dan Pengembangan Tujuan dan Kebutuhan untuk sebuah Kualitas serta
Penerapan Sistem Kualitas yang telah ditetapkan sebelumnya. Perencanaan
merupakan bagian dari sebuah Manajemen Strategi, sehingga Arah dan Tujuan
Organisasi dapat Jelas dimengerti dan Dipahami seluruh level organisasi.
Dan dalam Jangka Panjang, Tujuan Organisasi harus selalu mengarah pada Quality
First atau Kualitas yang Pertama.
8
Elemen pokok TQM yang mewujudkan
sistem manajemen , di antaranya :
1. Fokus pada pelanggan
2. Keterlibatan semua karyawan
3. Pemusatan perhatian pada proses
4. Sistem yang integrasi
5. Pendekatan strategi dan sistematik
6. Peningkatan yang berkesinambungan
7. Keputusan berdasarkan fakta
8. Komunikasi
6 lingkup pekerjaan yang mana kualitas
harus diuji dan diperiksa yaitu :
1. Kualitas dari penerangan dan
keputusan dari klien
2. Kualitas dari proses disain
3. Kualitas Material dan komponen
4. Kualitas dari kumpulan proyek
5. Kualitas dari kegiatan management
proyek
6. Management proyek sebagai rata rata
dari peningkatan kualitas proyek
Pelaksanaan dalam quality manajemen
Beberpa bagian yang digunakan dalam manajemen kualitas
1. Inspeksi
Inspeksi
merupakan alat untuk mengukur kegiatan proses konstruksi untuk memeriksa apakah
standard spesifikasi udah di capai.
2. Quality
control
Pengendalian
Mutu (Quality Control) adalah teknik dan aktivitas operasi yang digunakan agar
mutu tertentu yang dikehendaki dapat dicapai. Aktivitasnya mencakup monitoring,
mengeliminir problem yang diketahui, mengurangi penyimpangan/perubahan yang
tidak perlu serta usaha-usaha untuk mencapai efektivitas ekonomi.
Daftar pustaka
jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/total-quality-manajemen-definisi-dan.htm
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus@B12-RIZKY
BalasHapusQuality Management bertujuan mengutamakan kepuasan pelanggan perlu juga di pahami setiap karyawan dan relasi yang berperan aktif dalam proses penjualan dan penikgkatan produk. dan tentunya perlunya 2 bagian yaitu QC dan inspeksi
@B14-Haelis
BalasHapusTotal Quality Manajemen menejlaskan tentang bagaimana upaya semua pihak agar pelanggan bisa terpuaskan. Akan tetapi artikel ini tidak menejelaskan secara detail tentang bagaimana memuaskan pelanggan dari segi manajemen. Apasaja yang dapat dilakukan manager ataupun karyawan agar bisa mendapat kepuasan dari pelanggan. Aspek apasaja yang membuat pelanggan puas. semoga penulis bisa menambahkannya agar pembaca lebih mengerti.
Terimakasih