.

Sabtu, 24 September 2016

Total Quality Management






a. Pengertian

Total Management System atau disingkat dengan TQM adalah suatu sistem  manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan
(Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). Total Quality Management atau TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Singkatnya, Total Quality Management (TQM) adalah pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction).
Menurut saya  cara mudah untuk memahami quality management sangatlah mudah kita harus mempunyai pemikiran yang positif yaitu
‘Total Management System = Kepuasan pelanggan’

 Dan dapat dipahami dengan semua yang terkait pada manajemen seperti organisasi ,karyawan perusahaan ataupun relasi yang harus berpastisipasi aktif dalam peningkatan proses, produk, penjualan , kenyamanan para pekerja sehingga dapat menciptakan proses produksi yang terus meningkat dengan hasil kualitas produk yang baik pada akhir nya dapat mencapai tujuan “Kepuasan Pelanggan” .

b.sejarah TQM

kutipan dari web academia.edu di upload oleh yanto kissin, evolusi gerakan total quality dimulai dari masa studi bapak manajemen ilmiah frederick taylor pada tahun 1920-an .aspek yang paling fundamental dari manajemen ilmiah adalah adanya pemisahan antara perencanaan dan pelaksanaan . seirirng dengan meningkatnya volume  dan kompleksitas pemanufakturan , kualitaspun menjadi hal sulit karena kita harus memenuhi kebutuhan yang terus meningkat . volume dan kompleksitas mendorong timbul quality engineering pada tahun 1920-an dan reliabilty engineering pada tahun 1950-an . quality engineering sendiri mendorong timbulnya penggunaan metode-metode statistic pengendalian kualitas , yang mengarah pada konsep control chart dan statistical process control.

Quality Planning (Perencanaan Kualitas)

Perencanaan Kualitas (Quality Planning) adalah Penetapan dan Pengembangan Tujuan dan Kebutuhan untuk sebuah Kualitas serta Penerapan Sistem Kualitas yang telah ditetapkan sebelumnya.  Perencanaan merupakan bagian dari sebuah Manajemen Strategi, sehingga Arah dan Tujuan Organisasi dapat Jelas dimengerti dan Dipahami seluruh level organisasi.  Dan dalam Jangka Panjang, Tujuan Organisasi harus selalu mengarah pada Quality First atau Kualitas yang Pertama.

8                Elemen pokok TQM yang mewujudkan sistem manajemen , di antaranya :

1.      Fokus pada pelanggan
2.      Keterlibatan semua karyawan
3.      Pemusatan perhatian pada proses
4.      Sistem yang integrasi
5.      Pendekatan strategi dan sistematik
6.      Peningkatan yang berkesinambungan
7.      Keputusan berdasarkan fakta
8.      Komunikasi


6          lingkup pekerjaan yang mana kualitas harus diuji dan diperiksa yaitu :

1.      Kualitas dari penerangan dan keputusan dari klien
2.      Kualitas dari proses disain
3.      Kualitas Material dan komponen
4.      Kualitas dari kumpulan proyek
5.      Kualitas dari kegiatan management proyek
6.      Management proyek sebagai rata rata dari peningkatan kualitas proyek

Pelaksanaan dalam quality manajemen

Beberpa bagian yang digunakan  dalam manajemen kualitas
1. Inspeksi
Inspeksi merupakan alat untuk mengukur kegiatan proses konstruksi untuk memeriksa apakah standard spesifikasi udah di capai.
2. Quality control
Pengendalian Mutu (Quality Control) adalah teknik dan aktivitas operasi yang digunakan agar mutu tertentu yang dikehendaki dapat dicapai. Aktivitasnya mencakup monitoring, mengeliminir problem yang diketahui, mengurangi penyimpangan/perubahan yang tidak perlu serta usaha-usaha untuk mencapai efektivitas ekonomi.



Daftar pustaka
jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/total-quality-manajemen-definisi-dan.htm

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. @B12-RIZKY

    Quality Management bertujuan mengutamakan kepuasan pelanggan perlu juga di pahami setiap karyawan dan relasi yang berperan aktif dalam proses penjualan dan penikgkatan produk. dan tentunya perlunya 2 bagian yaitu QC dan inspeksi

    BalasHapus
  3. @B14-Haelis

    Total Quality Manajemen menejlaskan tentang bagaimana upaya semua pihak agar pelanggan bisa terpuaskan. Akan tetapi artikel ini tidak menejelaskan secara detail tentang bagaimana memuaskan pelanggan dari segi manajemen. Apasaja yang dapat dilakukan manager ataupun karyawan agar bisa mendapat kepuasan dari pelanggan. Aspek apasaja yang membuat pelanggan puas. semoga penulis bisa menambahkannya agar pembaca lebih mengerti.
    Terimakasih

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.