.

Kamis, 30 Oktober 2025

Tugas Mandiri 07

BUAT RINGKASAN 10 POIN PENTING

 

       PERTANYAAN PEMANTIK

  1. Apa perbedaan antara informasi ilmiah dan informasi populer?
  2. Bagaimana cara menelusuri informasi ilmiah yang valid di internet?
  3. Sebutkan kriteria untuk menilai kredibilitas sebuah jurnal ilmiah.
  4. Mengapa penghindaran plagiarisme penting dalam penulisan ilmiah?
  5. Bagaimana format penulisan daftar pustaka untuk sumber daring?

Tugas Terstruktur 07

Presentasi PjBL 1

Masing-masing kelompok mengumpulkan laporan dan melaksanakan presentasi hasil PjBL 1. Mahasiswa lain aktif bertanya dan memberikan masukan yang konstruktif.

Mengacu pada Tugas :

https://menulisilmiah123.blogspot.com/2025/10/tugas-terstruktur-03.html


Penelusuran Informasi Ilmiah dan Penulisan Daftar Pustaka

Materi Pembelajaran 7 

Terlebih dahulu simak dan pelajari modul lengkap

Kompetensi yang Diharapkan:

Setelah mempelajari modul ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami hakikat dan ciri-ciri informasi ilmiah.
  2. Menelusuri informasi ilmiah secara efektif menggunakan strategi dan alat yang tepat.
  3. Mengevaluasi dan memvalidasi informasi ilmiah berdasarkan kriteria kredibilitas.
  4. Menulis kutipan dan daftar pustaka sesuai kaidah akademik.
  5. Menggunakan aplikasi manajemen referensi untuk mendukung penulisan ilmiah.

Kamis, 23 Oktober 2025

Tugas Terstruktur 06

Presentasi PjBL 1

Masing-masing kelompok mengumpulkan laporan dan melaksanakan presentasi hasil PjBL 1. Mahasiswa lain aktif bertanya dan memberikan masukan yang konstruktif.

Mengacu pada Tugas :

https://menulisilmiah123.blogspot.com/2025/10/tugas-terstruktur-03.html


Tugas Mandiri 06

ABUAT RINGKASAN 10 POIN PENTING

B. PERTANYAAN PEMANTIK

  1. Mengapa penting membedakan sumber primer, sekunder, dan tersier?
  2. Apa perbedaan membaca akademik dengan membaca umum?
  3. Bagaimana cara menilai kredibilitas sebuah sumber pustaka?
  4. Apa saja kesalahan umum dalam mengutip sumber?
  5. Bagaimana menjaga keaslian argumen saat mengutip banyak referensi?

Teknik Membaca dan Menganalisis Sumber Pustaka

Materi Pembelajaran 6


Simak dan pelajari modul lengkap

🎯 Kompetensi yang Diharapkan

Setelah mempelajari modul ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  • Mengidentifikasi jenis dan karakteristik sumber pustaka (primer, sekunder, tersier)
  • Menerapkan strategi membaca akademik secara efektif dan selektif
  • Menganalisis isi sumber pustaka secara kritis dan sistematis

Kamis, 16 Oktober 2025

Tugas Mandiri 05

Dikerjakan dan dikumpulkan  di kelas (Jum'at, 17 Oktober 2025)

Sebagai Latihan UTS, dengan mengacu pada Modul/Materi  Pembelajaran 05, kerjakan persoalan berikut di lembar jawaban yang tersedia (tulis tangan):

 ABUAT RINGKASAN 10 POIN PENTING

 

B. PERTANYAAN PEMANTIK

Tugas Terstruktur 05


Melanjutkan Tugas Terstruktur 3

3 - 23 Oktober 2025

Project Based Learning (PjBL)

Eksplorasi Teks Akademik: Kajian Nilai, Bahasa, dan Penalaran

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan tugas ini, peserta didik diharapkan mampu:

Paragraf dan Argumentasi Ilmiah

 

Materi Pembelajaran 5

🎯 KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN

Setelah mempelajari modul ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  • Memahami hakikat paragraf dalam teks ilmiah
  • Menyusun struktur paragraf yang efektif
  • Membangun argumentasi ilmiah yang logis dan meyakinkan
  • Mengembangkan paragraf argumentatif dengan strategi yang tepat
  • Menerapkan teknik revisi dan umpan balik dalam penulisan ilmiah

Menguasai Paragraf dan Argumentasi Ilmiah untuk Tulisan Akademik yang Berkualitas

Menulis karya ilmiah tidak hanya tentang menyampaikan informasi, tetapi juga tentang bagaimana informasi tersebut disajikan secara logis, sistematis, dan meyakinkan. Dua komponen kunci dalam mencapai hal ini adalah paragraf dan argumentasi ilmiah. Bagaimana keduanya berperan dalam membangun tulisan yang kuat dan kredibel?