.

Kamis, 30 Oktober 2025

Tugas Mandiri 07

BUAT RINGKASAN 10 POIN PENTING

 

       PERTANYAAN PEMANTIK

  1. Apa perbedaan antara informasi ilmiah dan informasi populer?
  2. Bagaimana cara menelusuri informasi ilmiah yang valid di internet?
  3. Sebutkan kriteria untuk menilai kredibilitas sebuah jurnal ilmiah.
  4. Mengapa penghindaran plagiarisme penting dalam penulisan ilmiah?
  5. Bagaimana format penulisan daftar pustaka untuk sumber daring?

Tugas Terstruktur 07

Presentasi PjBL 1

Masing-masing kelompok mengumpulkan laporan dan melaksanakan presentasi hasil PjBL 1. Mahasiswa lain aktif bertanya dan memberikan masukan yang konstruktif.

Mengacu pada Tugas :

https://menulisilmiah123.blogspot.com/2025/10/tugas-terstruktur-03.html


Penelusuran Informasi Ilmiah dan Penulisan Daftar Pustaka

Materi Pembelajaran 7 

Terlebih dahulu simak dan pelajari modul lengkap

Kompetensi yang Diharapkan:

Setelah mempelajari modul ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami hakikat dan ciri-ciri informasi ilmiah.
  2. Menelusuri informasi ilmiah secara efektif menggunakan strategi dan alat yang tepat.
  3. Mengevaluasi dan memvalidasi informasi ilmiah berdasarkan kriteria kredibilitas.
  4. Menulis kutipan dan daftar pustaka sesuai kaidah akademik.
  5. Menggunakan aplikasi manajemen referensi untuk mendukung penulisan ilmiah.

Kamis, 23 Oktober 2025

Tugas Terstruktur 06

Presentasi PjBL 1

Masing-masing kelompok mengumpulkan laporan dan melaksanakan presentasi hasil PjBL 1. Mahasiswa lain aktif bertanya dan memberikan masukan yang konstruktif.

Mengacu pada Tugas :

https://menulisilmiah123.blogspot.com/2025/10/tugas-terstruktur-03.html


Tugas Mandiri 06

ABUAT RINGKASAN 10 POIN PENTING

B. PERTANYAAN PEMANTIK

  1. Mengapa penting membedakan sumber primer, sekunder, dan tersier?
  2. Apa perbedaan membaca akademik dengan membaca umum?
  3. Bagaimana cara menilai kredibilitas sebuah sumber pustaka?
  4. Apa saja kesalahan umum dalam mengutip sumber?
  5. Bagaimana menjaga keaslian argumen saat mengutip banyak referensi?

Teknik Membaca dan Menganalisis Sumber Pustaka

Materi Pembelajaran 6


Simak dan pelajari modul lengkap

🎯 Kompetensi yang Diharapkan

Setelah mempelajari modul ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  • Mengidentifikasi jenis dan karakteristik sumber pustaka (primer, sekunder, tersier)
  • Menerapkan strategi membaca akademik secara efektif dan selektif
  • Menganalisis isi sumber pustaka secara kritis dan sistematis

Kamis, 16 Oktober 2025

Tugas Mandiri 05

Dikerjakan dan dikumpulkan  di kelas (Jum'at, 17 Oktober 2025)

Sebagai Latihan UTS, dengan mengacu pada Modul/Materi  Pembelajaran 05, kerjakan persoalan berikut di lembar jawaban yang tersedia (tulis tangan):

 ABUAT RINGKASAN 10 POIN PENTING

 

B. PERTANYAAN PEMANTIK

Tugas Terstruktur 05


Melanjutkan Tugas Terstruktur 3

3 - 23 Oktober 2025

Project Based Learning (PjBL)

Eksplorasi Teks Akademik: Kajian Nilai, Bahasa, dan Penalaran

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan tugas ini, peserta didik diharapkan mampu:

Paragraf dan Argumentasi Ilmiah

 

Materi Pembelajaran 5

🎯 KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN

Setelah mempelajari modul ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  • Memahami hakikat paragraf dalam teks ilmiah
  • Menyusun struktur paragraf yang efektif
  • Membangun argumentasi ilmiah yang logis dan meyakinkan
  • Mengembangkan paragraf argumentatif dengan strategi yang tepat
  • Menerapkan teknik revisi dan umpan balik dalam penulisan ilmiah

Menguasai Paragraf dan Argumentasi Ilmiah untuk Tulisan Akademik yang Berkualitas

Menulis karya ilmiah tidak hanya tentang menyampaikan informasi, tetapi juga tentang bagaimana informasi tersebut disajikan secara logis, sistematis, dan meyakinkan. Dua komponen kunci dalam mencapai hal ini adalah paragraf dan argumentasi ilmiah. Bagaimana keduanya berperan dalam membangun tulisan yang kuat dan kredibel?

Rabu, 08 Oktober 2025

Tugas Mandiri 04

 

10 - 16 Oktober 2025


A.     Membuat Ringkasan 

📌 Instruksi Tugas

  1. Baca dengan cermat Materi Pembelajaran 4: Kaidah Bahasa dalam Teks Akademik : Tata Bahasa, Ejaan, dan Gaya Bahasa Ilmiah
  2. Buatlah ringkasan dengan ketentuan:
    • Panjang ringkasan 200–300 kata.
    • Ditulis menggunakan bahasa akademik (baku, jelas, dan runtut).

Tugas Terstruktur 04

Melanjutkan Tugas Terstruktur 3

3 - 16 Oktober 2025

Project Based Learning (PjBL)

Eksplorasi Teks Akademik: Kajian Nilai, Bahasa, dan Penalaran

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan tugas ini, peserta didik diharapkan mampu:

Kaidah Bahasa dalam Teks Akademik

Materi Pembelajaran 4

Tata Bahasa, Ejaan, dan Gaya Bahasa Ilmiah

🎯 Kompetensi yang Diharapkan

Setelah mempelajari modul ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  • Memahami hakikat kaidah bahasa dalam penulisan akademik
  • Menerapkan struktur kalimat dan gramatika yang efektif
  • Menggunakan ejaan sesuai EYD V secara konsisten

Bahasa Akademik: Pilar Keilmiahan dalam Penulisan Ilmiah

Meta Description: Mengapa kaidah bahasa penting dalam penulisan akademik? Artikel ini mengulas tata bahasa, ejaan, dan gaya akademik sebagai fondasi komunikasi ilmiah yang kredibel dan profesional.

Keyword Utama: kaidah bahasa akademik, ejaan PUEBI, kalimat efektif, gaya bahasa ilmiah, penulisan akademik

Kamis, 02 Oktober 2025

Tugas Mandiri 03


3 - 9 Oktober 2025

A.     Membuat Ringkasan 

📌 Instruksi Tugas

  1. Baca dengan cermat Materi Pembelajaran 3: Mengenal Teks Akademik dan Ilmiah: Fondasi Literasi di Dunia Pendidikan Tinggi.
  2. Buatlah ringkasan dengan ketentuan:
    • Panjang ringkasan 200–300 kata.
    • Ditulis menggunakan bahasa akademik (baku, jelas, dan runtut).
    • Ringkasan harus memuat:
      a. Pengertian teks akademik dan ilmiah.
      b. Perbedaan utama antara keduanya.
      c. Karakteristik teks ilmiah.

Tugas Terstruktur 03

3 - 16 Oktober 2025

Project Based Learning (PjBL)

Eksplorasi Teks Akademik: Kajian Nilai, Bahasa, dan Penalaran

 

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan tugas ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Mengeksplorasi berbagai teks akademik dari disiplin ilmu masing-masing secara mendalam.
  2. Menganalisis nilai-nilai kebahasaan, keilmuan, dan kebangsaan yang terkandung dalam teks akademik.

Mengenal Teks Akademik dan Ilmiah

Materi Pembelajaran 3

Fondasi Literasi di Dunia Pendidikan Tinggi

Kompetensi yang Diharapkan:

  • Memahami perbedaan antara teks akademik dan teks ilmiah
  • Mengidentifikasi karakteristik dan struktur teks akademik
  • Menerapkan teknik penulisan ilmiah yang efektif
  • Melatih literasi kritis terhadap teks akademik

Rabu, 24 September 2025

Tugas Mandiri 02

Tugas di posting di Web-blog masing-masing dengan Label : Tugas Mandiri 2A (Ringkasan), dan Tugas Mandiri 2B (Latihan Soal)

1. Buat ringkasan Materi Pembelajaran 2.

2. Kerjakan Latihan Soal berikut :

Bahasa Indonesia sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan

A. Soal Pilihan Ganda (10 Soal)

  1. Fungsi utama bahasa Indonesia dalam konteks akademik adalah …
    a. Alat komunikasi sehari-hari
    b. Alat berpikir dan ekspresi intelektual
    c. Bahasa populer di media sosial
    d. Bahasa pengantar informal

Tugas Terstuktur 02

Buatlah sebuah artikel Bahasa Indonesia dengan  judul untuk setiap peserta yang sudah ditetapkan di bawah, dengan ketentuan :

1. Panjang tulisan 1.000 – 2.000  kata.

2. Dilengkapi : Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Permasalahan, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, serta Daftar Pustaka (Wajib mengacu pada Modul 1, ditambah minimal 2 referensi ilmiah  lain).

3. Wajib dilengkapi mind map yang dibuat sendiri (untuk bahan presentasi di kelas)

4. Diposting di Web Blog masing-masing peserta dengan Label : Tugas Terstruktur 2

Bahasa Indonesia sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan

Materi Pembelajaran 2

Memartabatkan Bahasa sebagai Wahana Intelektual, Akademik, dan Global

🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari modul ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  • Menjelaskan fungsi bahasa Indonesia sebagai alat pikir dan ekspresi intelektual
  • Mengidentifikasi karakteristik bahasa akademik yang efektif dan sesuai kaidah
  • Menganalisis teks ilmiah sebagai jembatan penyampaian ilmu pengetahuan
  • Menyusun karya ilmiah dengan struktur dan bahasa yang sesuai standar akademik
  • Menyadari pentingnya memartabatkan dan menginternasionalisasikan bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu