Oleh : Jessica Siahaan
Berdasarkan pengamatan yang
dilakukan di perpustakaan UMB, saya mengamati 10 laporan Kerja Praktek yang
berhubungan dengan pekerjaan, dan juga sesuai dengan rencana KP saya, di
antaranya:
1. Laporan Kerja Praktek : PT GMF AeroAsia Bandara Udara Internasional
Jakarta Soekarno Hatta Sebagai Alat Bantu Navigasi Pada Pesawat.
Catatan : Sebuah pesawat tidak
akan bisa terbang tanpa adanya sistem navigasi pada pesawat. Maka dari itu, laporan
kerja praktek ini sangat membantu karena memberikan penjelasan mengenai cara
kerja sistem navigasi pada pesawat.
2. General Overhaul Battery Pada Pesawat PT. GMF AeroAsia Bandar Udara
Internasional Jakarta Soekarno-Hatta.
Catatan : Laporan ini penting
karena memberi pengetahuan bahwa tidak hanya alat elektronik yang memiliki
battery, pesawat pun memiliki battery sebagai sumber power. Dan battery
tersebut memiliki waktu untuk di maintenance. Misalnya ketika battery tersebut
voltage nya drop, maka dapat dilakukan overhaul dan di charge kembali.
3. Proses Perawatan Auxiliary Power Unit (APU) di Engine Maintenance
Pada Pesawat Boeing 747-200.
Catatan : Walaupun saya bekerja
bukan pada unit Engine Maintenance, tapi saya juga melakukan perawatan APU pada
unit Base Maintenance, sehingga dengan membaca laporan ini dapat membantu
pekerjaan saya dalam merawat APU tersebut.
4. Laporan Kerja Praktek di PT. Garuda Indonesia Aero Asia Sistem
Autopilot Pada Pesawat Boeing 747-200.
Catatan : Dengan adanya sistem
autopilot pada pesawat, yang bekerja secara otomatis, maka dapat membantu meringankan
beban pilot ketika menerbangan pesawat. Hal ini berhubungan dengan pekerjaan
saya di lapangan, sehingga dengan membaca laporan ini dapat membantu memahami
sistem autopilot pada pesawat terbang.
5. Perawatan Pesawat Terbang Pada Interval C03 Check Boeing 737-300 di
PT. GMF AeroAsia.
Catatan : Di PT. GMF AeroAsia,
ada berbagai tipe perawatan pesawat yang dilakukan, salah satunya yaitu
C-Check. Untuk interval C03-Check ini berlangsung selama sekitar 15 hari. Kita
sebagai mekanik melakukan pekerjaan sesuai jobcard yang diberikan oleh unit
planner. Pada laporan ini, dibahas apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam melakukan perawatan pesawat pada interval C03-Check.
6. Laporan Kerja Praktek Prosedur Perawatan Dan Penanganan Korosi Pada
Landing Gear Pesawat Terbang A310-200.
Catatan : Laporan ini sangat
membantu pekerjaan saya sebagai mekanik pesawat terbang karena memberikan
prosedur mengenai bagaimana merawat dan menangani korosi pada landing gear di
pesawat, yang mana diketahui bahwa landing gear adalah tumpuan pesawat ketika
berada di ground, sehingga tidak boleh mengalami korosi.
7. Analisa Hubungan Pemahaman Karyawan Tentang K3 Dengan Perilaku K3
Pada PT. GMF AeroAsia.
Catatan : Melakukan perjalanan
dengan menggunakan pesawat terbang, merupakan kendaraan yang memiliki resiko
tinggi. Kita harus peduli terhadap keselamatan penerbangan sehingga peswat dapat
tiba di tempat tujuan dengan selamat. Tidak hanya itu, dalam melakukan
perawatan pesawat terbang di PT. GMF AeroAsia pun, K3 sangat dijunjung tinggi
demi keselamatan para mekanik. Contohnya, yang bekerja di area ketinggian harus
menggunakan safety harness, dan lain-lain yang secara lengkap di bahas di
laporan kerja praktek ini.
8. Analisis Kebutuhan Material Untuk Perawatan Pesawat Garuda Indonesia
Boeing 737 NG Dengan Menggunakan Metode Peramalan Pada Unit Base Maintenance di
PT. GMF AeroAsia.
Catatan : Pesawat yang dirawat di
Unit Base Maintenance PT. GMF AeroAsia sudah pasti akan melakukan penggantian
komponen atau material. Laporan ini memberikan analisis kebutuhan material
dengan menggunakan metode peramalan, dimana metode yang dimaksud menggunakan
data dari perawatan sebelumnya dan dapat mempercepat pemesanan material.
9. Analisa Pengkondisian Udara Pada Pesawat Hawker 900 XP.
Catatan : Walaupun saya tidak
memiliki lisensi untuk merawat pesawat Hawker, tapi saya dapat menambah wawasan
dan belajar dari laporan ini mengenai sistem pengkondisian udara di pesawat, sehingga
dapat dilakukan perbandingan dengan sistem pengkondisian udara pesawat komersil
yang dirawat di tempat saya bekerja.
10. Analisis Kinerja Emergency Locator Transmitter Rescue 99 Dan ADT
406 AF/AP Pada Pesawat Boeing 747-400.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.