.

Jumat, 11 Maret 2016

KENALI KEPRIBADIAN ANDA !


Kenalilah dirimu sendiri(know yours self). Diktum Socrates tersebut merupakan falsafah hidup yang mengandung makna sangat dalam.Kepribadian menurut GW. Allport adalah suatu organisasi yang dinamis dari sistem psikofisis individu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran individu secara khas.

Siapa Saya?
Saya Septian braja , saya mahasiswa di Universitas Mercubuana,saya tinggal di daerah slipi, ……….dan lain2 bukan itu yang saya maksud “siapa saya”?

Saat kita bercermin,kita sering melihat bayangan diri kita tepat di muka cermin itu. Coba ajak dia berdiskusi/bicara saat Anda berada di depan cermin. Tanyakanlah ,”Apa mau nya? Bagaimana seharusnya ? Siapakah saya?”dan seterusnya semua pertanyaan diajukan pada nya dan rasakan jawabannya pada diri Anda sendiri.


Anda Adalah Anda
Kita semua semua dilahirkan dengan ciri khas watak kita sendiri, bahan mentah kita sendiri ,jenis batu kita sendiri. Beberapa diantara kita garnit,beberapa lainnya marmer ,pualam,dan batu pasir. Jenis batu kita tidak berubah ,tetapi bentuk kita bisa diubah. Demikian puladengan kepribadian kita.
Watak saya adalah diri saya yang sesungguhnya.kepribadian saya adalah pakaian yang saya kenakan . Saya bisa melihat nya di cermin.Tetapi saya belum secara permanen mengubah apa yang ada di dalam nya.

Jika saja kita bisa memahai diri sendiri:
Tahu dari apa kita dibuat?
Tahu siapa diri kita sesungguhnya
Tahu mengapa kita bereaksi seperti yang kita lakukan
Tahu kekuatan kita dan bagaimana cara meningkatkan nya
Tahu kelemahan kita dan bagaimana cara mengatasi nya
Di buku yang di tulis FLORENCE LITTAUER yang berjudul “Personality Plus”
tentang 4 Macam Kepribadian Manusia.

4 kepribadian yang terdapat dalam diri manusia antara lain:
Sanguin → dijuluki si "Populer" karena pandai persuasif dan ingin terkenal.
Koleris → dijuluki si "Kuat" karena sering dominan dan kompetitif.
Melankolis → dijuluki si "Sempurna" karena perfeksionis dan serba teratur.
Plegmatis → dijuluki si "Cinta Damai" karena kesetiaannya dan menghindari konflik.
4 kepribadian diatas tidak ada yang lebih bagus atau lebih jelek, sebab masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan.
Anda dapat mencoba test di alamat ini kepribadian Anda  ada di mana? http://arie5758.blogspot.co.id/2011/10/tes-kepribadian-sanguin-koleris.html


REFERENSI:
Littauer F.2011. PERSONALITY PLUS . Karisma Publishing Group.Tanggerang.
Yulikuspartono H.2010. AKU BISA. Rahi Asa Sukses. Jakarta.
AMIR TENGKU RAMLY.2011. GENEALOGICAL CRITIQUE OF THE MBTI. https://www.academia.edu
Asep Sandy Suwandy Dkk. SISTEM PAKAR ANALISA KEPRIBADIAN MANUSIA BERDASARKAN TEORI JUNG DAN MYERS-BRIGGS TYPES INDICATOR. https://www.academia.edu








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.