.

Rabu, 04 Oktober 2017

Percetakan Dalam 3 Dimensi, Untung atau Buntung ?

pcmag.com

@F21-Hari
Implikasi dari kemajuan teknologi seperti percetakan tiga dimensi di dalam pasar industri
manufatur seringkali menjadi hal yang diperdebatkan. Beberapa ahli di dalam industry merasa bahwa teknologi ini akan membawa kehancuran, namun di sisi lain banyak juga yang percayawa bahwa teknologi ini akan memberikan kelangsungan hidup yang makin canggih.

Perkiraan yang terjadi adalah pertumbuhan yang signifikan di dalam dunia industri dalam lima tahun kedepan. Bersamaan dengan pertumbuhan pasar dan biaya printer menurun, maka akan mengakibatkan peningkatan competitor di dalam pasar tradisional dengan memberikan
produk-produk baru yang inovatif sebagai prototipe produk baru yang lebih murah dan minim
risiko.

Perkembangan produk baru dan lingkungan yang lebih kompetitif adalah dua implikasi potensial. Teknologi yang berkembang ini juga memiliki dampak terhadap bagaimana manufaktur melakukan bisnis, khususnya yang berhubungan dengan biaya material, perhitungan biaya, dan strategi memasang harga produk.

Namun bukan hanya manufaktur yang merasakan dampak dari percetakan tiga dimensi ini, dunia medis juga mengindikasikan bahwa teknologi ini akan menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan hidup seseorang. Ivar Mendez, dalam tulisannya “3D printers: A revolutionary frontier for Medicine” mengatakan bahwa 3D printing menggunakan mode digital untuk membentuk objek di dalam ukuran dan bentuk apapun – dengan menggunakan lapisan material di dalam satu kali proses. Kemampuan membuat layer tersebut bisa membuat bentuk yang sangat kompleks, salah satunya struktur tulang yang sebelumnya tidak memungkinkan.

Kemajuan di dalam desain computer dan kemampuan untuk mentransfer gambar digital –seperti X-ray, CT – scan, MRI, atau Ultrasound menjadi model digital membuat mesin ini bisa membaca dan mengaplikasikannya terhadap kebutuhan medis.

Petar Kocovic, dalam bukunya yang berjudul “3D Printing and its Impact on the Production of Fully Functional Components: Emerging Research and Opportunities” mengatakan bahwa teknik percetakan 3 dimensi bisa mengurangi biaya dan kesulitan produksi lainnya. Selain itu teknologi ini akan memaksa perusahaan-perusahaan untuk melakukan perbedaan di dalam menghasilkan produknya.

Dengan semua inovasi yang dihasilkan dari percetakan 3D, pemain kecil pun akan bisa bersaing di dalam pasar. Dengan teknologi ini, mereka akan menghemat biaya alat dan mulai memproduksi barang. Pada saat yang bersamaan para desainer akan dengan sangat mudah untuk mengunduh model 3D dari perangkat lunak mereka ke printer.

Larry, di dalam tulisannya yang berjudul “3D Printing’s Impact on Modern Manufacturing” mengatakan bahwa data dari CSS insight menyatakan bahwa setidaknya sebanyak 158.000 printer 3D telah dipasarkan semenjak tahun 2014. Dengan adanya printer ini di pasar, maka dampaknya pasti akan dirasakan. Pertanyaannya adalah bagaimana dan dimana dampak ini akan terasa? Dengan adanya printer ini maka akan mengganggu manufaktur tradisional di berbagai industri.

Dampak negatif juga diindikasikan oleh Lipson, dalam bukunya yang berjudul “Fabricated: The New World of 3D Printing”. Dia menjeleaskan bahwa dengan adanya teknologi ini, maka akan menciptakan orang-orang baru di dalam manufaktur. Masalahnya mereka akan mengganggu bisnis dengan melanggar hak cipta dikarenakan akses terhadap alat yang sangat mudah.

Kemajuan teknologi akan terus ada, namun bagaimana cara mengatasi hal tersebut dengan pintar. Jika kita tidak berada di pihak yang memiliki kemampuan untuk mengatasi, maka kita akan tergerus dengan dampak yang diberikan.

Jack Uldrich, seorang expert tren teknologi dari London mengatakan, “jika kita bisa mencetak sepatu di sini, kita tidak perlu pergi ke China ataupun ke Indonesia untuk meminta tolong mereka.” Inilah mengapa percetakan 3 dimensi akan berpengaruh ke dunia secara global.


Daftar Pustaka
Alton, Larry. 2017. 3D Printing Impact on Modern Manufacturing.
https://3dprint.com/112633/modern-manufacturing- impact/
Federico, Linda. 2014. 3D How 3D Printing will Radically Change The World.
https://www.cnbc.com/2014/05/09/will-3- d-technology- radically-change- the-world.html
Kocovic, Petar. 2017. 3D Printing and its Impact on the Production of Fully Functional
Components: Emerging Research and Opportunities. Serbia. IGI Global
Lipson, Hod. 2013. Fabricated: The New World of 3D Printing.
https://theconversation.com/3d-printers- a-revolutionary- frontier-for- medicine-83031
Mendez, Ivar. 2017. 3D Printers a Revolutionary Frontier for Medicine.
https://theconversation.com/3d-printers- a-revolutionary- frontier-for- medicine-83031

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.