.

Selasa, 31 Oktober 2017

Review Jurnsl : Analisis Value Chain di Industri Otomotif


@F05-Dwezka



Judul Jurnal : ANALISIS VALUE CHAIN DI INDUSTRI OTOMOTIF
Nama Penulis : Hendri, ST. MT.
Nama Jurnal : Analisis Value Chain di Industri Otomotif, Jurnal PASTI Volume XI No. 1, 55-65 
Publisher : Teknik Industri Universitas Mercu Buana Jakarta
Reviewer : Dwezka Pamungkas 
Link : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/article/download/1354/108

A. Latar Belakang dan Tujuan Penelitian 
Mengingat pentingnya peran industri otomotif dan diharapkan mampu tumbuh dan berkembang dengan memiliki keunggulan,  maka perlu dilakukan analisis. Untuk menganalisis industri dapat mengunakan Value Chain.
Value Chain menurut Kuncoro (2006) dalam Hendri (2017), merupakan rantai nilai yang dapat mengetahui kekuatan perusahaan, keuntungan dan kesuksesan dari rantai aktivitas  dalam perusahaan atau industri manufaktur.
B. Metode Penelitian 
Data yang akan dianalisis adalah data primer yang dikumpul menggunakan instrumen berupa kuesioner. Adapun metode pengisian kuesioner dilakukan menggunakan kuesioner dan dilakukan pengamatan serta wawancara secara langsung. 
Analisis dilakukan dengan Statistika Deskriptif ini digunakan untuk menggambarkan kondisi aktivitas: inbound logistic, operations, outbound logistics,  marketing atau sales dan service, procurement, technological development, human resources management dan general admistration yang dilakukan oleh industri otomotif dan untuk memperjelas dan menganalisis hasil menggunakan grafik.
C. Hasil dan Pembahasan
Berdasarkan fakta data yang diperoleh penerapan value chain di PT. Denso Indonesia adalah sebagai berikut :
1. Aktivitas penerimaan barang/bahan baku digudang (Inbound Logistic)  sudah menerapkan otomatis (automated warehouse), IT, dan sistem just-in-time (JIT).
2. Aktivitas proses produksi (operations) masih Menggunakan mesin semi otomatis.
3 .Aktivitas proses penyaluran produksi digudang (outbound logistics) sudah Proses order yang otomatis (automated order processing) menggunakan jaringan IT melalui jalur distribusi yang sudah ada.
4. Aktivitas pemasaran dan penjualan (marketing and sales) sudah Telah memiliki mitra saluran yang jelas yang tidak hanya membeli produk tetapi juga memasarkan produk secara konsisten atau melakukan promosi dan iklan dengan menggunakan multimedia.
5. Aktivitas pelayanan (service) sudah Memiliki pusat-pusat servis dan peralatan yang mudah dijangkau atau diakses oleh konsumen.
6. Aktivitas pengadaan (procurement) sudah Pembelian dilakukan dengan menggunkan prosedur yang efektif   dan dilakukan analisis/seleksi serta dilakukan pemantauan terhadap kinerja pemasok.
7. Aktivitas pengembangan teknologi (technological development) masih melakukan Peningkatan proses produksi dilakukan melalui perbaikan  teknologi.
8. Aktivitas manajemen sumber daya manusia (human resources management) sudah Memiliki mekanisme perekrutan dan pelatihan terhadap karyawan yang terprogram, kontinyu serta memiliki sistem penghargaan, lingkungan kerja dan hubungan dengan serikat pekerja sudah baik.
9. Aktivitas administrasi secara umum (general administration) sudah Aktivitas secara keseluruhan dilakuan pengawasan internal dan eksternal dengan standarisasi sehingga mampu mengantisifasi perubahan dan dapat memperoleh modal kerja murah serta perusahaan memiliki budaya dan pencitaraan yang baik.

D. Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah industri otomotif khususnya PT. Denso Indonesia dari 9 aktivitas internal telah melakukan 7 aktivitas internal sangat baik yakni aktivitas  :
1. Inbound Logistics
2. Outbound Logistics
3. Marketing atau Sales
4. Service
5. Procurement
6. Human Resource Management
7. General Administration
Namun masih ada 2  aktivitas yang perlu perbaikan lagi, yaitu :
1. Operations
2. Technological Development

Daftar Pustaka :
Hendri, ST. MT. 2017. Analisis Value Chain di Industri Otomotif. Jurnal PASTI Volume XI No. 1, 55-65. Dalam : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/article/download/1354/1082 ( Diakses : 31 Oktober 2017 ).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.