.

Minggu, 01 Oktober 2017

dunia virtual yang menjadi nyata dengan hololens

Inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikas semakin berkembang, seperti contohnya adalah google glass, google glass merupakan suatu perangkat kacamata pintar yang bisa melakukan berbagai tugas seperti halnya sebuah smartphone, alat ini bisa merekam vidio, memotret dan melakukan berbagai tugas lainnya yang bisa di lakukan oleh smartphone, hanya saja google glass memiliki teknologi yang lebih canggih, teknologi google glass memadukan perangkat smartphone yang di buat dalam bentuk kacamata, layaknya sebuah smartphone google glass juga memiliki output berupa berupa mini projector yang di sematkan di bingkai kacamata tersebut dan kemudian projector tersebut di sorotkan ke lensa kacamata yang di buat khusus sehingga outout dari projector tersebut dapat dilihat langsung oleh mata .

sumber : http://www.digitalartsonline.co.uk/news/interactive-design/how-microsofts-hololens-ar-headset-will-work-without-needing-computer-or-phone/
 Teknologi google glass telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kemajuan teknologi, terciptanya google glass seakan memberikan motivasi kepada perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang teknologi untuk ikut membuat perangkat serupa, seperti contohnya adalah perusahaan teknologi raksasa yaitu microsoft corporation yang telah berhasil menciptakan sebuah kacamata pintar yang lebih canggih dari pada google glass, device tersebut dinamakan microsoft hololens.

sumber
sumber : http://www.businessinsider.com/hands-on-microsoft-hololens-augmented-mixed-reality-headset-wild-2016-11/?IR=T
Dikutip dari wikipedia "Microsoft HoloLens adalah sebuah teknologi komputasi visual yang memiliki fungsi mirip seperti kacamata pintar. Microsoft Hololens menggabungkan antara virtual reality danaugmented reality sehingga menciptakan mixed reality. Mixed reality memungkinkan membawa tampilan grafis dalam dunia virtual ke dalam dunia nyata. Pengguna bisa berinteraksi dengan benda virtual yang dihasilkan oleh microsoft hololens" . Sebuah contoh kita punya sebuah desain dari pesawat terbang dalam bentuk 3 dimensi, jika kita memakai hololens, bentuk desain pesawat tersebut bisa kita lihat secara real dalam dalam bentuk 3 dimensi di dunia nyata.

cara kerja hololens
dikutip dari wordpress "cara kerja hololens Pada bagian atas HoloLens terdapat beberapa kamera yang berfungsi untuk melakukan scanning area dan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya. HoloLens akan melacak pergerakan anda, memperhatikan arah pandang anda, hanya dengan satu kali sentuhan, kita dapat berinteraksi dengan gambar 3D. Kita juga dapat melihat sebuah objek di dunia nyata dari berbagai sudut. selain itu, untuk membuat hologram tampak nyata ketika kita bergerak, terdapat accelerometer yang berfungsi untuk mengukur kecepatan dari pergerakan kepala kita, sebuah gyroscope yang berguna untuk mengukur kemiringan dan orientasi kepala kita dan sebuah magnetometer yang berfungsi sebagai kompas. Dengan segala sensor yang dimiliki, HoloLens dapat mengumpulkan data yang cukup untuk mengetahui bagaimana tampilan ruangan tempat kita berada. Perangkat augmented reality ini juga memiliki sebuah chip yang disebut HPU atau Holographic Processing Unit yang menggali seluruh sensor data dan menerjemahkannya kedalam sebuah data yang lebih kecil dan jauh lebih mudah untuk dikelola, sehingga dapat digunakan oleh GPU dan CPU dari HoloLens."



Daftar pustaka :
"microsoft hololens". 01 oktober 2017. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Hololens
"cara kerja hololens". 01 oktober 2017. https://compfest.wordpress.com/2016/07/13/cara-kerja-hololens/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.