.

Jumat, 13 Oktober 2017

Review Mesin Roasting Kopi

Dalam perkembangan industri kopi di Indonesia yang di iringi dengan membludak nya coffee roaster di hampir seluruh kota besar di Indonesia. Apa itu coffee roaster? Coffee roaster adalah perusahaan atau kedai kopi yang sekaligus memproduksi kopi nya sendiri tetapi tidak pada aspek penanaman nya.


Artikel kali ini akan membahas mengenai mesin roasting kopi yaitu senjata utama yang dimiliki oleh setiap coffee roaster. Mesin ini sudah banyak di jual di Indonesia mulai dari harga 7jt - 30jt sesuai kapassitas dari mesin itu sendiri.
Yang pertama, pada mesin roasting kopi harus memiliki sebuah indikator suhu, dimana ini berfungsi sebagai acuan sang roaster dalam menentukan tingkat suhu yang akan digunakan pada saat aktifitas meroasting kopi. Seab dalam aktifitas roasting kopi tidak cukup hanya dengan perkiraan, semua harus lah tepat pada skala nya. Pada gambar tersebut tertera skala antara 0 derajat celcius sampai dengan 300 derajat celcius.
Bahan bakar yang digunakan sebagai pemanas tungku mesin roasting ini adalah gas, dan daya listrik yang hanya digunakan untuk tenaga memutar drum pada mesin roasting kopi. Biasa nya mesin roasting memiliki dimensi kapasitas drum yang berbeda-beda, ini dipilih berdasarkan kebutuhan dari pelaku coffee roaster tersebut.
Cooling Bin adalah wadah pendingin sementara dari biji kopi yang baru saja di roasting, biasa nya kopi yang telah digoreng beberapa menit itu dituang dan diaduk sampai biji kopi ini dingin dan siap dikemas. Pendinginan ini sendiri bekerja dengan motor penghisap udara panas yang terletak dibawah cooling bin.
 Pada gambar diatas adalah mesin roasting kopi yang difabrikasi oelh Willian Edison yang berkapasitas 1kg yang dapat dibawa pulang dengan mahar hanya 7jt rupiah, ini adalah inovasi yang dilakukan oleh anak bangsa yang peduli akan coffee roaster yang memiliki keterbatasan dana dalam hal pengadaan mesin roasting.

Referensi :
http://www.cikopi.com/2015/02/mesin-roasting-dari-bali-ini-sudah-dieksport-ke-swiss/
http://klinikkopi.com/2015/02/alasan-kenapa-kami-punya-mesin-roasting-kopi/
http://www.cikopi.com/2013/04/mesin-roasting-w3000/
http://www.cikopi.com/2012/08/mesin-roasting-7-jutaan-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.