.

Minggu, 01 Oktober 2017

ALAT UKUR CAHAYA



Alat Ukur Cahaya
Cahaya merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi. Jika tidak ada cahaya bisa jadi bumi akan mengalami penurunan suhu drastis, musim dingin hebat, air laut membeku, dan  makhluk hidup banyak yang mati.
Cahaya ini juga banyak digunakan dalam bidang fotografi, sehingga mereka bisa mengetahui tingkat pencahayaan yang pas untuk mereka fotonya dan mereka bisa mendapatkan bisa mendapatkan hasil terbaik dari foto tersebut.
Cahaya adalah energi berbentuk gelombang elekromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380–750 nm. 
Pada bidang fisika, cahaya adalah radiasi elektromagnetik, baik dengan panjang gelombang kasat mata maupun yang tidak. 
Dikutip dari web: Solusipengukurandigital
Selain itu, cahaya adalah paket partikel yang disebut foton. Foton adalah partikel elementer dalam fenomena elektromagnetik.
ada tiga alat ukur yang saat ini dipakai untuk mengukur cahaya
-Spektrofotometer
-Ganiofotometer
-Lux Meter / Light Meter
1.Spektrofotometer 


Spektrofotometer merupakan salah satu alat yang digunakan dalam mengukur cahaya. Alat ini mengukur jumlah cahaya pada panjang gelombang tertentu yang melewati sebuah materi. Pengukuran jumlah cahaya didasarkan atas interaksi antara materi dengan cahaya yang ditempatkan.
Dalam spektrofotometer cahaya bisa berupa inframerah, ultra violet, dan cahaya tampak, sedangkan materinya berupa atom dan molekul (biasanya dari bahan kaca atau kuarsa). kuarsa (quartz) adalah mineral yang terdiri dari SiO2 dan bening seperti kaca.
Alat Spektrofotometer terdiri dari spektrometer yang berfungsi untuk menghasilkan cahaya dari gelombang yang diinginkan
Terdapat dua jenis spektrofotometer yaitu spektrofotometer beam tunggal dan beam ganda
Perbedaan yang sangat mencolok dari beam tunggal dan beam ganda adalah
pada pemberian cahaya, dimana pada single-beam, cahaya hanya melewati satu arah sehingga nilai yang diperoleh hanya nilai absorbansi dari larutan yang dimasukan.
Berbeda dengan single-beam, pada spektrofotometer double-beam, nilai blanko dapat langsung diukur bersamaan dengan larutan yang diinginkan dalam satu kali proses yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.