.

Minggu, 01 Oktober 2017

KESELAMATAN KERJA PERALATAN BENGKEL DAN PERAWATAN MESIN





Mahasiswa jurusan Teknik Mesin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya peralatan kerja yang ada di bengkel mesin dan juga dengan mesin-mesin itu sendiri. Tentunya, berhadapan dengan peralatan dan mesin tersebut tiap minggunya perlu keahlian khusus untuk selalu aman dan tidak mengalami kecelakaan kerja.
Buku ‘KERJA PERALATAN BENGKEL DAN PERAWATAN MESIN’ membahas secara penuh mengenai tindakan tindakan, perlakuan dan cara yang benar untuk merawat mesin. Serta untuk memberikan gambaran mengenai cara melakukan pekerjaan di bengkel mesin dengan cara yang benar dan tidak menimbulkan kesalahan. Buku ini dapat dijadikan sebagai dasar pengenalan kepada mahasiswa mahasiswa baru yang masih belum paham betul mengenai seluk beluk perbengkelan dan perawatan mesin. Buku ini dapat menjadi acuan, untuk kedepannya agar para mahasiswa baru jurusan Teknik Mesin bisa menjauhkan diri dari kecelakaan kerja yang mungkin dapat terjadi apabila salah dalam teknis teknis perbengkelan dan kerusakan pada peralatan atau mesin bengkel apabila tidak memahami cara perawatan mesin.
Buku ini terdiri dari delapan bagian dan sub bagian nya : Bagian 1 : Peralatan Bengkel Membahas mengenai Dasar Keselamatan Kerja, Standar Keselamatan Kerja, Sistem Keselamatan Kerja, Sebab Terjadinya Kecelakaan, Tindakan menghindari Cara kerja yang Tidak Aman, Mencegah Terjadinya Kecelakaan dan Penerapan Sistem Keselamatan Kerja pada Penggunaan peralatan. Bagian 2 : Penggunaan Peralatan Tangan Membahas mengenai penggunaan peralatan-peralatan tangan pada umunya, seperti kikir, gergaji, solder, tap dan ulir luar, serta alat-alat ukur. Bagian 3 : Penggunaan Peralatan Mesin Membahas tentang penggunaan mesin mesin yang otomatis non konvensional. Seperti Mesin Gerinda, Mesin Bor, Mesin Gergaji, Mesin Pengerjaan Plat (mesin roller, cutting, bending) Bagian 4 : Bengkel Elektronik Membahas mengenai penggunaaan hukum fisika dan mekanik. Bagian 5 : PRINSIP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA Membahas mengenai keselamatan yang berhubungan dengan peralatan pada tempat kerjapada lingkungan, serta cara-cara melakukan pekerjaan. Bagian 6 : Perawatan Mesin Membahas mengenai perlunya perawatan mesin untuk dilakukan, baik itu mesin perkakas ataupun mesin penggerak. Tujuannya agar dapat mencapai umur mesin yang lebih lama, atau setidaknya bisa sampai sesuai umur perancangan mesin tersebut. Bagian 7 : Tibologi, Keausan, Fatique, dan Kegagalan Membahas mengenai desain dan dinamika dari struktur pendukung bearing-rotor dari pemesinan. Beberapa teknik tribologi dapat digunakan untuk predictive maintenance(pemeliharaan prediktif). Meliputi analisa oli pelumas, analisa spektografik, analisa ferrografik dan analisa partikel keausan. Bagian 8 : Peralatan Mesin Pendingin Pada AC Window Membahas mengenai Prinsip Dasar Mesin Pendingin, Tujuan Perawatan, Perawatan Komponen Mesin Pendingin AC, dan Kerusakan dan Gangguan pada mesin pendingin AC. Jika dilihat dari sudut kelengkapan mengenai cara melakuka kerja perbengkelan dengan baik untuk menghindari terjadinya kecelakaan baik itu kepada manusianya ataupun kerusakan pada peralatan yang digunakan, buku ini cukup baik mengcover hal tersebut. Namun untuk Perawatan Mesin sendiri lebih condong kepada bagian maintenance berkala yang dilakukan. Bukan pada cara-cara penggunaan mesin yang lebih baik Kelebihan buku ini adalah mudah untuk dipahami, karena penjelasan-penjelasan yang ada cukup sederhana dan tidak ambigu. Banyak pula disertai ilustrasi mengenai penggunaan penggunaan alat yang mempermudah pemahaman serta menarik untuk dibaca. Kelemahan buku ini adalah kurangnya penjelasan mengenai perawatan mesin secara umum. Lebih menekankan kepada maintenance berkala. Secara umum, buku ini sangat cocok untuk mahasiswa baru jurusan teknik mesin, agar memahami perbengkelan dan perawatan mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.