.

Jumat, 11 Maret 2016

PENGARUH DAN MANFAAT MUSIK BAGI KESEHATAN

Mendengarkan musik favorit akan membuat suasana hati  semakin membaik selain itu penelitian menemukan adanya hubungan antara mendengarkan musik dengan kesehatan. Bahkan musik dapat melepaskan stres, selanjutnya ditemukan adanya hubungan kesehatan dengan mendengarkan musik.


1.      Apa pengertian musik?
2.      Apa saja manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan?
3.      Apa pengaruh mendengarkan musik bagi kesehatan?
Tujuan penulisan artikel ini untuk untuk mengulas sedikit pengertian musik dan juga manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan.



A.   PENGERTIAN MUSIK
Dari beberapa sumber di internet, musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang.
Dalam buku pembelajaran seni musik kelas IX, kata musik mengandung arti seni penataan bunyi secara cermat yang membentuk pola teratur, merdu, dan apresiasi seni bunyi yang tak terbatas.
Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.
Menurut pendapat saya, musik adalah bunyi dianggap enak oleh pendengarnya, bunyi dapat dinikmati sesuai kebutuhan pribadi seseorang, bunyi dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik dan musik tidak ada wujudnya.

B.   MANFAAT MENDENGARKAN MUSIK UNTUK KESEHATAN
Manfaat mendengarkan musik adalah mendapatkan stimulus positif, seperti lebih rileks dan memperbaiki mood. Mendengarkan musik akan memberikan tenaga baru, mental yang segar, dan hubungan sosial yang hangat. Mendengarkan musik adalah kegiatan menyenangkan yang mempengaruhi seluruh otak. Hal ini memberikan manfaat tidak hanya untuk merasa santai, tetapi juga untuk koordinasi tubuh dan motivasi.
pengalaman pribadi saya, Ternyata musik dapat melepaskan stress. musik bertujuan untuk memberikan dorongan suasana hati yang berhubungan dengan pekerjaan. Setelah saya survei empat dari delapan orang mengatakan, bahwa dengan mendengarkan musik ketika dalam perjalanan ke tempat kerja telah membantu mereka menghilangkan stres. Musik bisa menjadi penyemangat yang bagus ketika Kita merasa merasa stres. Putarlah salah satu lagu favorit Anda, karena itu bisa sangat menenangkan dan membantu mengurangi kecemasan.

C.   PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK BAGI KESEHATAN
Mekanisme musik dalam mempengaruhi manusia, musik memiliki tiga bagian penting yaitu beat, ritme (irama), dan harmony. Beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmony mempengaruhi roh.
Terapi musik dominan frekuensi sedang (750 – 3000 Hz) bisa mengendalikan respons emosional (tekanan darah, nadi, respirasi, dan suhu tubuh). Ketika musik diterima oleh indera pendengaran manusia, musik akan merambah masuk melalui saraf  pendengaran, diterima, diartikan oleh otak, dan apabila musik itu bagus maka musik turut mempengaruhi suatu organ di otak yang bernama sistem limbik, saat sistem limbik teraktivasi maka seseorang menjadi rileks.
Musik adalah kemampuan mendamaikan hati yang gundah tapi tidak berwujud sama sekali. Mendengarkan musik memiliki pengaruh mendalam pada fisik dan mental seseorang. Mendengarkan musik secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan karena menghilangkan stress, depresi, pikiran dan tubuh menjadi rileks sehingga tubuh kembali bertenaga. Manfaat mendengarkan musik adalah mendapatkan stimulus positif seperti lebih rileks dan memperbaiki mood

DAFTAR PUSTAKA
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-mendengarkan-musik-bagi-kesehatan-dan-otak.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.