.

Sabtu, 09 September 2017

panel surya


PANEL SURYA ialah LISTRIK BERTENAGA SURYA , merupakan pembangkit listrik yang mampu mengkonversi sinar matahari menjadi arus listrik. Energi matahari sesungguhnya merupakan sumber energi yang paling menjanjikan mengingat sifatnya yang berkelanjutan (sustainable) serta jumlahnya yang sangat besar. Matahari merupakan sumber energi yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan kebutuhan energi masa depan setelah berbagai sumber energi konvensional berkurang jumlahnya serta tidak ramah terhadap lingkungan.
Keuntungan menggunakan listrik dengan solar panel
Mengurangi biaya listrik jangka panjang karena tidak dapat dipungkiri bahwa kita menggunakan listrik seumur hidup.
Mengurangi ketergantungan pada listrik dari pemerintah.
Menghindari dampak pemadaman saat harus mengejar deadline, sementara komputer tidak bisa dinyalakan.
Turut mengurangi pemanasan global karena sistem solar panel menghasilkan energi yang ramah lingkungan yang tidak menyebabkan polusi.


Komponen-komponen utama dalam pembuatan pembangkit listrik tenaga surya yang dibutuhkan antara lain:
  • solar module atau solar cell dimana komponen yang terbuat dari bahan semikonduktor, paling banyak digunakan multicrystalline silicon, yang berguna untuk mengkonversi energi atau sinar matahari untuk menjadi energi listrik, lalu kontroler yang berguna untuk mengatur dan memutuskan arus, lalu ada pula inverter AC-DC bla dibutuhkan, selain itu ada pun baterai untuk diisi pada saat pembangkit bekerja.
  • Regulator adalah panel pengendali atau pengatur atau controller. Controller ini biasanya ter-integrasi dengan sebuah kotak Batere. Controller adalah sebuah perangkat elektronik berbentuk kotak yang berfungsi untuk mengatur aliran listrik dari panel surya  ke Batere atau aki menuju ke perangkat elektronik yang ada di rumah.
  • Inverter. Inverter adalah seperangkat alat yang merupakan rangkaian komponen elektronika yang di gunakan untuk mengubah arus DC (Direct curent) menjadi arus AC (alternating curent). Inverter ini dapat kita jumpai pada berbagai macam jenis paralatan elektronika. Tanpa alat ini arus DC yang dihasilkan oleh panel surya tidak akan dapat digunakan secara langsung oleh alat alat ekektronika yang biasanya membutuhkan arus AC sebagai daya utamanya.
  • Baterai. Baterai adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan tenaga listrik yang dihasilkan dari pembangkit tenaga surya sehinga bisa di gunakan kapan saja selama dibutuhkan.  Tanpa baterai maka energi surya hanya dapat digunakan pada saat ada sinar matahari saja karena tidak ada alat penyimpan energinya.


Daftar pustaka:






            

2 komentar:

  1. Dari segi judul kurang menarik , judul umum digunakan
    Tidak disertai identitas penulis
    Paragraf 1 dan 2 tidak di sertai Sumber Penulis
    Sub Judul sudah baik

    BalasHapus
  2. G-04 Rahma

    Dari segi judul kurang menarik , judul umum digunakan
    Tidak disertai identitas penulis
    Paragraf 1 dan 2 tidak di sertai Sumber Penulis
    Sub Judul sudah baik

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.