.

Sabtu, 21 Maret 2020

Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia


Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia
oleh: Niko Prayoga (@j31_Niko)






Abstrak

Bahasa adalah sebuah identitas dari suatu negara ataupu wilayah yang digunakan sebagai alat komunikasi dalam menjalani kehidupan. Pada saat ini semakin canggih teknologi dan pengaruh arus globalisasi pemakaian Bahasa Indoenesia dikalangan masyarakat mulai bergeser secara cepat dan digantikan oleh bahasa gaul. Sedangkan bahasa Indonesia itu merupakan bahasa persatuan bagi masyarakat indonesia sudah seharusnya kita sebagai masyarakat indonesia peduli dan menghormati bahasa nasionalnya.
Kata kunci: Bahasa, Bahasa Indonesia, Bahasa gaul

Pendahuluan
                Bahasa merupakan unsur yang sangat penting bagi masyarakat dalam berkomuniksi Dalam melaksanakan hubungan sosial dengan sesama masyarakat, manusia sudah menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi. Menggunakan bahasa indonesia yang baik itu melihat kondisi dan situasinya kepada seorang yang diajak bicaranya. Pada kondisi tertentu, yaitu pada situasi formal penggunaan bahasa Indonesia yang benar menjadi prioritas utama, dan pemakaiannya sering menggunakan bahasa baku.
Menurut Pateda (1987)  bahwa bahasa merupakan saluran untuk menyampaikan semua yang dirasakan, dipikirkan, dan diketahui seseorang kepada orang lain. Bahasa juga memungkinkan manusia dapat bekerja sama dengan orang lain dalam masyarakat. Hal tersebut berkaitan erat bahwa hakikat manusia sebagai makhluk sosial memerlukan bahasa untuk memenuhi hasratnya.
          Menurut Soejono (2004:30) menyatakan bahwa bahasa adalah suatu sarana perhubungan rohani yang amat penting dalam hidup bersama.
            Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih maka pemakaian bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari mulai bergeser  dikalangan masyarakat dan digantikan oleh dengan pemakaian gaul. Bahkan bahasa gaul sudah menjadi kebiasaan atau adat istiadat dalam melakukan percakapan baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Permasalahan
            Akhir-akhir ini seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, pemakaian bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat mulai bergeser dan digantikan oleh dengan pemakaian bahasa anak remaja yang dikenal dengan “Bahasa Gaul”.

Pembahasan
A.    Definisi bahasa gaul
Menurut Mulyana (2008), bahasa gaul adalah sejumlah kata atau istilah yang mempunyai arti yang khusus, unik, menyimpang atau bahkan bertentangan dengan arti yang lazim ketika digunakan oleh orang-orang dari subkultur tertentu.

B.     Pengaruh bahasa gaul terhadap perkembangan bahasa indonesia

1.      Eksistensi bahasa Indonesia terancam terpinggirkan oleh bahasa gaul

            Bahasa Indonesia semakin tenggelam karena semakin canggihnya teknologi dan pengaruh arus globalisasi yang semakin luas menyebar sehingga banyak masyarakat tidak lagi menggunakan bahasa Indonesia pada kondisi dan situasinya. Banyak masyarakat sekarang sudah menggunakan bahasa gaul sebagai bahasa sehari-hari baik dalam situasi formal maupun non formal itu lah yang menyebabkan eksitensi bahasa indonesia terancam terpinggirkan bahkan bisa hilang oleh dengan adanya bahasa gaul.

2.      Menurunnya derajat bahasa Indonesia

            Menurunnya bahasa indonesia dikarenakan masih muda usianya dibandingkan dengan bahasa lainnya, tidak heran apabila dilihat dalam sejarah pertumbuhan, perkembangan bahasa asing lebih maju dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Melihat kondisi saat ini, timbul beberapa anggapan yang tidak baik bahwa Bahasa Indonesia dianggap sebagai bahasa yang miskin, tidak mampu mendukung ilmu pengetahuan yang modern.Disisi lain ada beberapa pihak menganggap bahwa seseorang yang mampu berbahasa inggris atau bahasa asing akan menjadi ukuran derajat orang itu sendiri. Akhirnya muncul motivasi untuk belajar menguasai bahasa asing lebih tinggi daripada belajar dan menguasai bahasa sendiri.
            Ditambah lagi pada saat ini banyak sekali remaja yang menciptakan bahasa gaul, yaitu bahasa baku yang dipelesetkan, sehingga terkadang orang dewasa tidak memahami bahasa apa yang dikatakan oleh para remaja tersebut. Selain itu, maraknya pemakaian jalur komunikasi yang murah, efisien, dan juga dapat melahirkan dampak yang negatif dalam penggunaan tata bahasa. Penyebabnya adalah kurangnya kecintaan terhadap bahasa Indonesia baku.
Kesimpulan
1.      Bahasa merupakan unsur yang sangat penting bagi masyarakat dalam berkomuniksi Dalam melaksanakan hubungan sosial dengan sesama masyarakat, manusia sudah menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi. Menggunakan bahasa indonesia yang baik itu melihat kondisi dan situasinya kepada seorang yang diajak bicaranya. Pada kondisi tertentu, yaitu pada situasi formal penggunaan bahasa Indonesia yang benar menjadi prioritas utama, dan pemakaiannya sering menggunakan bahasa bakuSeiring dengan perkembangan zaman, maka pemakaian bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari mulai bergeser dan digantikan oleh dengan pemakaian bahasa anak remaja yang dikenal dengan “Bahasa Gaul”. Bahasa gaul ini sudah menjadi kebiasaan atau adat istiadat dalam melakukan percakapan baik secara langsung maupun secara tidak langsung.
2.      Pengaruh Bahasa Gaul terhadap perkembangan Bahasa Indonesia, antara lain:
a.       Eksistensi Bahasa Indonesia terancam terpinggirkan oleh Bahasa Gaul
b.      Menurunnya derajat Bahasa Indonesia

Daftar Pustaka
1.        Mulyana, 2008. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Rembang: Yayasan Adhigama.
2.       Sarwono, 2004.”Penggunaan Ragam Bahasa Gaul Dikalangan Remaja”. Dalam: http://www.penggunaan-ragam-bahasa-gaul-dikalangan remaja. Diakses pada 15 September 2015.
3.       Anonim.2012.”Bahasa ‘Alay’ Merusak Bahasa  Indonesia” dalam: http://iniirna.blogspot.co.id Diakses pada 19 September 2015.
4.       Puspa Sari.B DAMPAK PENGGUNAAN BAHASA GAUL DI KALANGAN REMAJA TERHADAP BAHASA INDONESIA”. Dalam: http://repository.unib.ac.id/11122/1/17-BETA20PUSPA . Diakses pada 15 Desember 2015.

1 komentar:

  1. Artikel dibuat sendiri dengan menggunakan berbagai referensi untuk bahan pengutipan. Artikel di atas diambil hanya dari satu sumber : https://livinusingge.blogspot.com/2014/04/pengaruh-bahasa-gaul-dalam-perkembangan.htm

    Untuk pengerjaan tugas/kuis/penulisan artikel, terlebih dahulu "apa yang ditugaskan"

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.