.

Senin, 04 Januari 2016

Sistem Informasi Manufaktur

Sistem Informasi Manufaktur

BAB 1.
PENDAHULUAN

            Dunia Industri selalu menghubungkan pemikiran seseorang kepada sebuah prosedur input, proses, dan output. Ketiga hal ini menjadi bagian penting dalam suatu perusahaan untuk mengolah data mentah menjadi suatu keluaran. Perusahaan manufaktur memerlukan informasi untuk melangsungkan roda industrinya. Tanpa informasi yang akurat, perusahaan tidak dapat menentukan kebijakan, keputusan, bahkan peraturan yang dapat menunjang perbaikan maupun perkembangan perusahaan. Manajemen manufaktur menggunakan komputer baik sebagai system konseptual maupun sebagai suatu elemen dalam sistem produksi fisik.Computer-aided design (CAD), computer-aided manufacturing (CAM), dan robotik merupakan gambaran dalam penggunaan komputer dalam sistem produksi fisik. Sistem informasi manufaktur terdiri dari sub-sistem input dan 4 sub-sistem output. Kegiatan dari sub-sistem input yang kemudian mengarah pada sub-sistem output yang nantinya akan menghasilkan produk untuk pemakai atau konsumen.


BAB 2.
LANDASAN TEORI

2.1 Sistem informasi
            Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasipenting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.



2.2 Sistem informasi manufaktur
            Sistem informasi manufaktur adalah suatu sistem berbasis komputer yang bekerja dalam hubungannya dengan sistem informasi fungsional lainnya untuk mendukung manajemen perusahaan dalam pemecahan masalah yang berhubungan dengan manufaktur produk perusahaan yang pada dasarnya tetap bertumpu pada input, proses dan output. Sistem ini digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang meliputi seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa.
Manfaat system  informasi manufaktur:
 Hasil produksi perusahaan lebih cepat dan tepat waktu karena menggunakan komputer
-          Arsip lebih terstruktur karena menggunakan database
-          Perusahaan lebih cepat memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya



BAB 3.
KESIMMPULAN

KESIMPULAN:

            Sistem informasi manufaktur adalah suatu penerapan teknologi informasi dalam produksi yang bagus tetapi hanya ada satu dimensi dari penggunaan komputer. Lalu manajer manufaktur menggunakan computer sebagai penunjang dalam kegiatan yaitu computer sebagai sistem fisik dan computer sebagai informasi. Manfaat sistem informasi manufaktur yaitu hasi produksi perusahaan lebih cepat dan tepat waktu karena menggunakan computer, arsip lebih struktur karena menggunakan database dan perusahaan lebih cepat memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.