.

Jumat, 22 September 2017

Resensi : Pembangunan Kawasan dan Tata Ruang



By : Fadjar Yusra
Pembangunan Kawasan dan Tata Ruang 

Judul Buku                   : Pembangunan Kawasan dan Tata Ruang
Nama Pengarang         : Rahardjo Adisasmita
Nama Penerbit             : Graha Ilmu
Kota Terbit                   : Yogyakarta
Cetakan                       : Pertama, 2010
Tebal Buku                  : xiv + 302 Halaman
Edisi                            : Pertama
ISBN                           : 978-979-756-633-3

Sinopsis Pembangunan Kawasan dan Tata Ruang

Pada umumnya pembangunan diartikan sebagai upaya meningkatkan kapasitas produksi untuk mencapai total output yang lebih besar dari kesejahteraan yang lebih tinggi bagi seluruh rakyat. Pembangunan merupakan tuntutan bagi masyarakat untuk mencapai kemajuan, karena penduduk makin bertambah jumlahnya, jenisnya, dan kualitasnya, seiring dengan perkembangan kemajuan peradaban manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Kawasan adalah wilayah dengan fungsi utama lindung atau budidaya ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait padanya yang batas dan sistemnya di tentukan berdasarkan aspek fungsional serta memiliki ciri tertentu (spesifik/khusus). Kawasan merupakan daerah yang secara geografis dapat sangat luas atau terbatas, misalnya kawasan hutan yang luas dan kawasan perumahan yang terbatas.

Tata Ruang merupakan wujud structural dan pola pemanfaatan ruang baik direncanakan maupun tidak dirancanakan. Tata ruang perlu direncanakan dengan maksud agar lebih mudah menampung kelanjutan perkembangan kawasan yang bersangkutan.

Buku ini sangat baik untuk seorang yang ingin mendalami tentang pembangunan kawasan dan tata ruang, buku ini menjelaskan diantaranya :

  • Menjelaskan tentang lintasan perkembangan pemikiran aliran ekonomi mengenai munculnya dan berkembangnya konsep wilayah, kawasan dan tata ruang yang sangat penting dalam analisis ekonomi, dan bahkan dianggap sebagai variabel tambahan dalam model perencanaan pembangunan.
  • Menjelaskan pentingnya di mensi regional, kawasan dan spasial persoalan utama ekonomi wilayah/kawasan/tata ruang, yang berhubungan dengan penentuan lansekap ekonomi, introduksi konsep wilayah, interaksi antara daerah, analisis optimum antar daerah, dan persoalan regional.
  • Buku ini juga mendiskusikan pengembangan konsep tata ruang dan kawasan ekonomi tiga dimensi dalam analisis pengambangan wilayah, membandingkan pengertian kawasan, wilayah, tata ruang dan daerah secara benar, agar tidak terjadi kesalahan pengertian.
  • Buku ini juga menyebutkan dan menjelaskan berbagai jenis kawasan menurut fungsinya. Dan menjelaskan tentang penerapan beberapa strategi kebijakan pembangunan kawasan dalam pengmbangan wilayah, misalnya kawasan strategis, kawasan andalan, kawasan pertumbuhan ekonomi terpadu (KAPET), dan kawasan ekonomi khusus (KEK).

Kelebihan buku :

Buku ini sangat bermanfaat karna banyak memberikan informasi tentang pembangunan kawasan dan tata ruang, buku ini banyak menjelaskan mengenai konsep dan kondisi suatu wilayah untuk pembangunan, buku ini cocok untuk mahasiswa teknik maupun ekonomi, karna di dalam buku ini cukup banyak mengulas tentang ekonomi untuk pembangunan.

Kekurangan buku :

Buku ini kurang cocok untuk umum/awam, tidak sedikit menggunakan bahasa teknik dan bahasa asing yang agak sulit di mengerti, gambar ilustrasi masih hitam putih.

Oleh : @F14-Fadjar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.