.

Jumat, 22 September 2017

Resensi Buku Biologi Molekular



1.       Identitas Buku
Judul buku                : Biologi Molekular
Nama Pengarang     : Ir. Triwibowo Yuwono, Ph.D.
Nama Penerbit         : Penerbit Erlangga
Jumlah Halaman      : 269
Tahun terbit              : 2005
ISBN                            : 979-781-192-1


      2.       Ikhtisar Buku
Buku Biologi Molekular menjelaskan tentang salah satu cabang ilmu biologi yang bisa diaplikasikan juga pada teknologi pertanian karena di dalam buku ini juga dibahas mengenai  jasad hidup yang berbentuk molecular yang sering dijumpai pada bahan analisis pertanian. Biologi Molekular adalah salah satu disiplin ilmu yang berkembang pesat. Ilmu ini mempunyai implikasi sangat luas terhadap pemahaman manusia mengenai fenomena hidup serta berpengaruh secara signifikan terhadap banyak bidang mulai dari pertanian, kesehatan, industry, bahkan lingkungan.
Perkembangan ilmu ini juga berimplikasi pada perkembangan DNA rekombinan yang sering kali bersinggungan dengan kemanusiaan. Buku ini menyajikan topik-topik  utama dalam biologi molecular pada jurusan Biologi, Farmasi, Ilmu Pertanian, Teknologi  Pertanian, Bioteknologi  baik tingkat sarjana maupun pasca sarjana.
Buku ini berisi tentang organisasi biologis jasad hidup, interaksi molecular, analisis genetic, struktur DNA, Organisasi genom pada eukaryote dan prokaryot, aplikasi bahan genetic, dan segala kegiatan dalam eukaryote dan prokaryot serta translasi, rekombinasi dan transposisi.

3.       Kepengarangan
Ir. Triwibowo Yuwono, Ph.D. lahir di Klaten, 29 April 1961. Beliau mendapat gelar insinyur Pertanian (Departemen Mikrobiologi ) dari Fakultas Pertanian, Universitas Gajah Mada Yogyakarta tahun 1986 dan gelar  Ph.D. dalam bidang biologi molecular dari department of genetics, University of Leicester, United kingdom tahun 1992. Saat ini beliau menjadi staf pengajar dan peneliti di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada serta mengajar di program S-2 dan S-3 Bioteknologi  serta S-3 Fipatologi dalam mata kuliah Biologi Molekular. Buku ini adalah salah satu buku teks untuk perguruan tinggi yang sudah di selesaikannya. Dua buku lainnya adalah Bioteknologi Pertanian serta  Teori dan Aplikasi PCR


4.      Kelebihan dan kekurangan buku
Buku Biologi Molekular memiliki kelebihan mampu menambah wawasan pembaca nya dengan bahasa yang mudah dipahami yaitu Bahasa Indonesia, karena Buku Biologi Molekular biasanya dijumpai dengan Bahasa Inggris ataupun terjemahan bahasa lain. Sehingga memudahkan pembaca di berbagai kalangan pendidikan dan profesi. Didukungnya gambar ilustrasi yang sesuai juga memudahkan pemahaman pembaca. Mengenai materi yang disampaikan juga cukup lengkap. Dibagian akhir bab juga terdapat soal-soal latihan untuk berlatih. Indeks pada akhir bab juga memudahkan pembaca dalam mencari kata-kata penting.
Sedangkan kekurangan dari buku ini adalah banyaknya kosakata ataupun nama ilmiah yang susah dimengerti dan dibaca, juga belum adanya mind mapping per bagian bab untuk memudahkan pembaca. Soal latihan diberikan tanpa ada nya pembahasan jawaban.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.