.

Selasa, 15 November 2016

Resensi Buku: Pengantar Teknik Industri







Judul Buku      : Pengantar Teknik Industri
Penulis            : Amin Syukron; Muhammad Kholil
Penerbit           : Graha Ilmu
Tahun Terbit    : 2014
Cetakan          : I
No. ISBN         : 978-602-262-193-5
Halaman         : 315

Pokok Pembahasan
Sistem Produksi
System produksi merupakan sekumpulan dari sub system yang saling berinteraksi yang bertujuan mentransformasi input produksi menjadi ouput produksi. Input produksi ini berupa baan baku, mesin, tenaga kerja, modal dan informasi. Sedangkan output produksi merupakan produk yang dihasilkan berikut hasil sampinganya seperti limbah, informasi, dan sebgainya. Pada dasarnya input proses produksi dapat di klasifikasikan dalam dua jenis yaitu input tetap (fixed input) dan input variable (variable input). Input tetap didefinisikan sebagai suatu input bagi system produksi yang tingkat penggunanaannya input itu tidak tergantung dengan jumlah output yang akan di produksi. Sedangkan input variable didefinisikan sebagai suatu input bagi system produksi yang tingkat penggunaannya itu tergantung pada jumlah output yang akan di produksi.

Siklus aktivitas manufaktur
1.       Pemasaran dan penjualan
2.       Perancangan Produk
3.       Teknik industry
4.       Perencanaan dan pengendalian produksi
5.       Proses manufacturing
6.       Pengendalian kualitas
7.       Pengiriman dan pengendalian kualitas

JUST IN TIME
JIT merupakan suatu pendekatan yang menggunakan berbagai macam disiplin ilmu, misalnya statistic, industrial engineering, production management, behavioral science. Oleh Karena itu, maka JIT dapat dianggap sebagai suatu cara pandang yang luas yang bersifat pragmatis dan empiris. Salah satu metode dalam JIT untuk mengurangi waste Karena barang menunggu adalah dengan menggunakan metode MFO ( Multi Function Operator) yaitu penggabungan beberapa proses untuk memadatkan effisiensi kerja. Komponen waste yang terbesar adalah waste yang diakibatkan oleh persediaan yang berlebihan (inventory). Fungis utama persediaan (inventory) adalah sebagai pendukung antara produksi dengan pasar.

Prisnip – Prinsip Just In Time (JIT)
Tujuan utamanya adalah pengurangan biaya atau perbaikan produktivitas dengan menghilangkan berbagai pemborosan. Dalam pengertian luas, Just In Time adalah suatu filosofi tepat waktu yang memusatkan pada aktivitas yang di perlukan oleh segmen-segmen internal lainnya dalam suatu organisasi.

System produksi berdasarkan Kanban
System Kanban adalah suatu system informasi yang secara harmonis mengendalikan “produksi produk yang di perlukan dalam jumlah yang di perlukan pada waktu yang diperlukan”. Pada umumnya alat Kanban yang dipergunakan adlah kartu, sehingga sering disebut sebagai kartu Kanban.
Jenis-jenis Kanban yang digunakan dalam pull system production, yaitu :
a.       Kanban Tarik (withdrawal Kanban)
b.       Kanban produksi (production Kanban)
c.       Kanban pemasok (Kanban subontraktor)

kesimpulan dan saran
Buku ini menjelaskan dengan cukup jelas dasar-dasar pengetahuan sebagai seorang Teknik Industri, dikarenakan bahasanya yang mudah dipahami. Selain itu dalam segi teknisnya, masih banyak kesalahan ketik yang lewat dari proses editing dan terbilang cukup banyak, ini bisa saja menganggu aliran membaca pembaca, diharapkan cetakan selanjutnya akan lebih bersih dari salah ketik dan ejaan. Di samping itu, bagan-bagan penjelasan dianggap cukup memudahkan meski tidak berwarna dan tampilan yang lebih modern, namun sudah cukup baik.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.