.

Jumat, 11 November 2016

TEKNOLOGI INFORMASI

Latar Belakang

Penggunaan teknologi informasi saat ini tidak hanya digunakan untuk organisasi tertentu melainkan untuk kebutuhan perorangan. Bagi organisasi, teknologi informasi dapat digunakan untuk keunggulan kompetitif, sedangkan untuk perorangan teknologi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan.

Banyak perusahaan yang secara teknis berhasil menerapkan penggunaan teknologi informasi dalam operasi perusahaannya. Teknolog tersebut menyebabkan perusahaan dapat mengolah data dengan cepat, tepat dan akurat. Pemanfaatan dari teknologi industry tergantung dari berbagai aspek. Pada aspek penerapan teknologi informasi dan komunikasi, Indonesia relative tertinggal dibanding dengan Negara lain. Ketertinggalan teknologi itu sendiri bisa dilihat dari ketersediaan infrastruktur teknologi informasi, jumlah computer yang dimiliki perusahaan atau akses internet.

Rumusan Masalah

1.       Apa yang dimaksud dengan teknologi Informasi ?
2.       Apa yang dimaksud dengan industry ?
3.       Bagaimana penerapan teknologi informasi dalam bidang industry ?

Pembahasan

-          Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalah. Informasi adalahh hasil pemprosesan, manipulais dan penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan dagi penggunaannya. Dengan kata lain yang disebut dengan teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi computer dan teknologi komunikasi.

Teknologi computer adalah teknologi yang berhubungan dengan computer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan computer seperti printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD-ROM. Computer adalah mesin serba guna yang dapat dicontrol oleh program.
Teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam kategori ini adalah telepon, radio, dan televisi.

-          Pengertian Industri

Dalam kamus Bahasa Indonesia, Industri adalah kerajinan; usaha produk barang; perusahaan. Jadi definisi dari industri adalah suatu usahaatau kegiatan pengelola bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi, barangjadi yang memiliki niali tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan dan juga reparasi adalah bagian dari industry. Hasil industry bukan hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.

Jenis industry berdasarkan tempat bahan baku, yaitu :
Industri Ekstraktif : industry yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar. Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan dan lain-lain.
Industri Nonekstraktif : industry yang bahan baku didapat dari tempat lain selain dari alam sekitar.
Industri Fasilitatif : industry yang produk utamanya dalah berbentuk jasa yang ijual kepada konsumennya. Contoh: Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi dan lain-lain.

-          Penerapan teknologi Informasi di Industri
Teknologi Informasi adalah sebuah dunia yang selalu dinamis dan mudah berubah, yang sekarang ini menjadi trend tetapi belum tentu menjadi trend pada masa yang akan datang. Beberapa tahun lalu, para progammer Indonesia mungkin masih menggunakan Visual Basic, Delphi, Vicual C++ dan berbagai bahasa program lain yang menggunakan orientasi objek, namun saat ini pemograman sudah beralih ke pemograman berbasis internet. Perubahan yang pesat dalam dunia teknologi Informasi turut membawa pengaruh yang besar pada bidang-bidang yang diimplementasikan, termasuk dunia industri.

            Penerapan teknologi informasi dalam bidang indrustri sekarang ini telah meluas dipergunakan karena memungkinkan proses produksi didalam industri lebih efisien dan lebih efektif. Didalam proses produksi, komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric (numerical control) atau untuk pengawasan proses (process control). Pengawasan numeric (numerikcal control) berarti pengawasa secara otomatis terhadap posisi dan operasi dari mesin-mesin yang dipergunakan, seperti misalnya mesin pemotong, grenda, mesin pres dan lain sebagainya sistem pengawasan numeric ini dilakukan dengan data numeric. Sstem komputer mengerjakan intruksi dan mengatur hasil kerja mesin sesuai dengan data yang dimasukkan. Dengan dipergunakannya komputer untuk pengawasan tersebut, hasil kerja dari mesin akan lebih memuaskan dan mengurangi kesalahan. Dari beberapa bahasa komputer yang dipergunakan   membuat program untuk mengatur komputer pengawasan numeric, diantaranya  APT(Automaticallyprogrammed Tools).

            Pengawasan proses (process control) berarti menyediakan otomatisasi didalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada indrustri untuk membuat otomatis proses produksi dan untuk mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi tersebut yang sulit dilakukan oleh manusia yang serentak. Faktor-faktor variabel yang mempengaruhi proses produksi dapat berupa waktu pengolahan, berat bahan, tekanan, temperatur, ukuran, volume dan sebagainya. Komputer ini banyak dipergunakan pada proses produksi baja, penyulingan minyak, produksi kertas, bahan-bahan kimia, semen, makanan dan lain-lainnya.

- kesimpulan

1.  Teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi computer dan teknologi telekomunikasi.
2. Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Hasil industry tidak hanya berupa barang tapi juga jasa.
3. Penerapan teknologi informasi dalam bidang industry telah meluas dipergunakan karena proses produksi didalam industry lebih efisien dan efektif. Didalam prosesproduksi computer dpat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses.

Daftar Pustaka

Abdul Kadir-Terra CH. Triwahyuni, Pengenalan Teknologi Informasi, Yogyakarta: ANDI,           2003.
Budi Suteadjo Dharma Oetomo, Konsep dan Perencanaan Jaringan Komputer, Yogyakarta:        ANDI, 2004.
Jogianto Hartono, Pengenalan Computer, Yokyakarta : ANDI, 1999.
M. Dahlan Al Barry, Kamus Modern Bahasa Indonesia, Yogyakarta: Arkola, 1994.
Siswanto. et all, Ilmu Sosial Dasar, Malang: IKIP Malang, 1989.
Sukses Membangun Toko Online dengan E-Commerce, Yogyakarta: ANDI, 2011.
Yakub, Pengantar  Sistem  Informasi, Yogyakarta:  Graha ilmu, 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.