.

Sabtu, 04 November 2017




PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS
Pendahuluan
Tata letak atau pengaturan dari fasilitas produksi dan area kerja yang ada meupakan landasan utama dalam dunia industri. Pada umumnya tat letak pabrik yang terencana dengan baik akan ikut menentukan efisiensi dan dalam beberapa hal akan juga menjadi kelangsungan hidup ataupun kesuksesan kerja suatu industri. Dalam membangun suatu perusahaan harus sesuai dengan syarat pendirian suatu perusahaan. Dengan adanya perencanaan dan perancangan tata letak fasilitas ini diharapkan agar aliran proses serta pemindahan bahan yang ada di dalam suatu perusahaan berjalan dengan baik.
Devinisi Tata Letak Fasilitas.
1.       Menurut Sritomo (1992,p52),tata letak fasilitas di devinisikan sebagai tata cara pengaturan fasilitas fasilitas fisik pabrik guna menunjang kelancaran proses produksi.
2.       Menurut apple (19990, p2) tata letak fasilitas didevinisikan sebagai menganalisis,membentuk konsep,meancang, dan mewujudkan sistem bagi pembuatan barang atau jasa. Kegiatan perancangan fasilitas berhubungan dengan perancagan susunan unsur fisik suatu lingkungan.
3.       Menurut Tompkins (1996,p1) facilites planning merupkan ilmu yang multi disiplin,dimana berkaitan dengan merencanakan layout fasilitas, memilih material handling sistem, dan menentukan peralatan proses yang diperlukan.
Prinsip Perencanaan Tata Letak Pabrik
                Tata letak pabrik adalah suatu pengaturan dan penempatan yang optimal terhadap fasilitas pabrik termasuk tenaga kerja, peralatan, produksi,ruang penyimpanan, peralatan penanganan material dan semua layanan pendukung lainnya dengan design struktur yang baik untuk menampung fasilitas tersebut.
                Tujuan utama dalam pengoptimalan tata letak fasilitas pabrik adalah untuk memaksimalkan laba bagi perusahaan. Dengan tata letak yang optimal biaya biaya pengangkutan dan penaganan material dalam proses manufakturing dapat di tekan seminimal mungkin sehingga laba perusahaan dapat di tingatkan. Pergerakan tenaga kerja dalam bekerja juga dapat diminimalisasi sehingga produktifitas kerja dapat ditingkatkan dan memberikan kontribusi positif terhadap laba perusahaan.
Tujuan Perencanaan Tata Letak Fasilitas
Menurut Andika Fadhli Badri Tujuan utama dari tata letak fasilitas ialah mengatur area kerja dan fasilitas produksi yang paling ekonomis untuk oprasi produksi yang aman dan nyaman sehingga akan dapat menaikan kinerja dari operator. Lebih spesifik lagi suatu tata letak yang baik akan dapat memberikan keuntungan keuntungan dalam sistem produksi  yaitu antara lain sebagai berikut.
1.Menakian output produksi
Biasanya tata letak yang baik akan memberikan keluaran yang lebih besar dengan ongkos yang sama atau lebih seikit, man hours yang lebih kecil dan atau mengurangi jam mesin.
2. mengurangi waktu tunggu
Mengatur keseimbangan antara waktu opersi produksi dan beban dari masing masing departemen atau mesin dalah bagian dari mereka yang bertanggung jawab terhadap desain tat letak pabrik, sehingga dapat mengurangi waktu tunggu yang berlebihan.
3.mengurangi proses pemindahan material.
Pada beberapa kasus proses pemindahan bahan bisa mencapai 30% samapi 90% dari total biaya produksi, maka diperlukan usaha untuk mengatur tata letak fasilitas pabrik sehingga aktifitas pemindahan material dapat di minimumkan.
Jenis Jenis Persoalan Tata Letak
Permasalahan tata letak tidak selalu timbul dlam perancangan tat letak bagi pabrik baru, namun sering terjadi dalam penataletakan ulang dari suatu proses yang telah ada atau perubahan beberapa bagian dari susunan peralatan tertentu.
Sumber Referensi
Andika 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.