.

Jumat, 18 Maret 2016

Penelitian Komputer yang Berdasarkan Pada Perkembangan Industri Kreatif




Industri kreatif berbasis komputer adalah industri teknologi tinggi, dan kegiatan produksi  yang didukung oleh teknologi komputer, teknologi digital, teknologi jaringan, dan teknologi komunikasi massa juga.

Produk dan layanan dari industri kreatif memiliki karakteristik yang kuat dari penyebaran  jaringan secara internal dan eksternal. Oleh karena itu, digitalisasi atau networking merupakan salah satu  fitur penting  industri kreatif berbasis komputer yang membedakan dengan  industri budaya tradisional. industri kreatif berbasis komputer memiliki karakteristik integrasi multi-industri. Ini adalah proses penciptaan nilai, diseminasi, pertukaran dan nilai tambah yang dapat mewujudkan kelompok industri. Melihat pesatnya perkembangan media, animasi, game, film, hiburan dan lain-lain, maka anda akan menemukan segala sesuatu yang  berkaitan erat dengan teknologi komputer. Sedangkan substansi inti dari industri kreatif adalah inovasi dan kreasi.

Apakah  Industri Kreatif  yang berbasis komputer  dapat berkembang di Indonesia?

Dalam konteks pengembangan ekonomi kreatif pada kota-kota di Indonesia, industri kreatif lebih berpotensi untuk berkembang pada kota-kota besar atau kota-kota yang telah “dikenal”. Hal ini terkait dengan ketersediaan sumber daya manusia yang handal dan juga tersedianya jaringan pemasaran yang lebih baik dibanding kota-kota kecil. Namun demikian, hal itu tidak menutup kemungkinan kota-kota kecil di Indonesia untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Bagi kota-kota kecil, strategi pengembangan ekonomi kreatif dapat dilakukan dengan memanfaatkan landmark kota atau kegiatan sosial seperti festival sebagai venue untuk mengenalkan produk khas daerah (Susan, 2004).

Lalu Apakah Hubungan Antara Komputer dan Teknologi Industri kreatif?

Teknologi Komputer Merupakan Aspek terpenting dari indutri kreatif, karena Industri kreatif tanpa adanya teknologi komputer akan membuat penghasilan berkurang karena aspek utama industri kreatif ini yaitu internet dan pengembanganperangkat lunak hiburan seperti penggunaan game Nintendi yang merupakan kombinasi dari teknologi komputer dan seni permainan.

Pemanfaatan Teknologi Komputer Mempunyai 2 Faktor Yaitu :

1.      Digitalisasi dan Komunikasi Dua Arah Dapat Mengurangi Biaya

2.      Peningkatan Teknlogi Komputer Menyediakan Platform Yang Baik Untuk Diferensiasi Produk, Terutama  bagi Industri yang menggunakan Aplikasi Komputer 3D modeling, gambar dan multimedia video file.
                                               
Penggunaan Teknologi Komputer juga dapat mempercepat Pembangunan Kreatif,Teknologi Komputer dapat mengoptimalkan lingkungan jaringan informasi dari pengembangan industri kreatif, mempercepat pembangunan jaringan informasi dan efektif menurunkan biaya inovasi dan operasi. 
 Teknologi Komputer juga dapat memenuhi kebutuhan kebutuhan kreatif manajemen industri, contohnya penggunaan sistem database.

Strategi Untuk Membangkitkan Inovasi Teknologi Industri Kreatif, Yaitu dengan cara : 

         Menekankan Budidaya Bakat dengan Kreatifitas Dan Teknologi Komputer, Inti dari Industri Kreatif ini adalah dari individu orang tersebut .
         Penekanan Pada Operasi Bisnis Dan Pelatihan Personil.

Teknologi Komputer Yang Digunakan Pada Industri Kreatif  akan berhasil dengan adanya kreatifitas individu  dalam penggunaan aplikasi – aplikasi komputer yang tersedia.

Daftar Pustaka:
 Sun Shuqin  /  Physics Procedia, Research on Computer-based Creative Industries Development , www.sciencedirect.com,   33  ( 2012 )  1647 – 1651.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.