.

Jumat, 18 Maret 2016

Pengertian Sistem Hayati dan Teknik Sistem dalam Biosistem



          Apa itu? Biosistem (sistem hayati), berasal dari kata bio dan system. Bio adalah makhluk hidup (hewan, tumbuhan, sistem merupakan kumpulan sub sistem dan menjadikan makhluk hidup (biologi) merupakan sistem itu sendiri.
Sistem ini berinteraksi dengan lingkungan yang berhubungan langsung dan tak langsung dengan ekologi.Sistem Teknik, merupakan sistem dari sub sistem dari matematika yang mempunyaitingkat kompleksitas yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

          IPB Rancang " Mesin Pintar" Pemupukan.
Pemberian pupuk dengan takaran yang tepat bisa jadi tak akan merepotkan lagi di masa depan. Tim dosen dan mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil merancang sebuah "mesin pintar" untuk pemupukan.



           Produk-produk Energi Terbarukan dengan Prinsip Biosistem
Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari proses berkelanjutan atau berupa siklus, salah satunya adalah proses biologis. Energi terbarukan yang berasal dari proses biologis ini ternyata menghasilkan beberapa produk yang menggunakan prinsip biosistem, diantaranya adalah biomassa, bahan bakar nabati, solid biomassa dan biogas.

           Modifikasi Sepeda Siomay Menjadi Mesin Penggiling
Nstitut Pertanian Bogor (IPB) patut berbangga karena Niko Daniar Atmaja salah satu  mahasiswa dari jurusan teknik mesin dan biosistem (TMB) berhasil membuat mesin penggiling padi dengan bantuan sepeda. Mesin ini diberi nama O-Belt Thresher. Mahasiswa angkatan 43 ini, mendapat inspirasi membuat mesin tersebut saat dia melihat pedagang siomay dengan mengendarai sepeda.  Dia ingin memodivikasi sepeda tersebut agar para petani dapat menerapkan nilai seni.

Dasar Dasar Biosistem

          Sistem biologi mendorong tentang eksperimental, komputasi, dan teoritis yang memiliki pranala biologi, pemikiran evolusioner, dan ilmu informasi pengolahan. Daerah membentuksebuah lingkaran yang meliputi sifat dasar pengolahan informasi biologis, pemodelan komputasisistem biologis yang kompleks, model evolusi komputasi, penerapan prinsip-prinsip biologi untuk desain sistem komputasi baru, dan penggunaan bahan biomolekuler untuk mensintesis buatansistem yang menangkap prinsip-prinsip penting dari pengolahan informasi alam hayati.

Sumber Daya Alam

          Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini.Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara seperti Indonesia, Brazil, Kongo, Maroko, dan berbagai Negara.

Teknik Biosistem

          Teknik biosistem adalah bidang keteknikan yang mengaplikasikan ilmu biologi, lingkungan, dan pertanian. Teknik biosistem merupakan kelanjutan dari teknik pertanian, dan dieropa teknik biosistem sudah mencakup aplikasi biomedis. Di Amerika Serikat, teknik biosistem disebut dengan dengan teknik biologis atau merupakan bagian dari teknik biologis dan teknik pertanian, dan aplikasi biomedis tidak termasuk.

Daftar Pustaka :

Http://www.academia.edu/4949080/Perbedaan_Biosystem_Sistem_Hayati_dan_Technical_System_Sistem_Teknik_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.