.

Senin, 28 Maret 2016

Resensi Buku: Psikologi Kerja


Oleh : Kesyah Margareta

      Judul Buku            : Psikologi kerja
      Penulis                  : PANDJI ANORAGA, S.E., M.M.
      Diterbitkan oleh    : PT. RINEKA CIPTA
      Kota Penerbit       : Jakarta
      Tahun Terbit         : 2006
      Cetakan               : Keempat
      Tebal                   : 129 halaman
      ISBN                   : 979-518-315-X

      Dalam mencari dan memilih pekerjaan, faktor-faktor yang harus kita pertimbangkan yaitu : nama dan reputasi perusahaan, tipe pekerjaan, rasa aman, kondisi tempat kerja, dan teman kerja. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut diperlukan adanya taktik. 

Arti Kerja
      Kerja merupakan hal yang mendasar dan dibutuhkan oleh manusia. Seseorang bekerja karen ada sesuatu yang ingin dicapainya, dan orang berharap bahwa aktivitas kerja yang dilakukannya akan membawanya kepada suatu keadaan yang lebih mamuaskan daripada keadaan sebelumnya.

Produktivitas Kerja
      Dalam psikologi, produktivitas menunjukan tingkah laku sebagai keluaran (output) dari suatu proses berbagai macam komponen kejiwaan yang melatarbelakangi. Itu berarti, kalau kita berbicara tentang produktivitas, tidak lain daripada berbicara mengenai tingkah laku manusia atau individu, yaitu tingkah laku produktivitasnya. Untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan, yang terpenting adalah adanya kecocokan makna kerja karyawan dengan perlakuan perusahaan terhadapnya. Adapun faktor-faktor yang sangat diingini oleh para pekerja tetap untuk meningkatkan produktivitas kerjanya, yaitu :
- Pekerjaan yang menarik
- Upah yang baik
- Keamanan dan perlindungan dalam pekerjaan
- Penghayatan atas maksud dan makna pekerjaan
- Lingkungan atau suasana kerja yang baik
- Promosi dan perkembangan diri mereka sejalan dengan perkembangan
- Merasa terlibat dalam kegiatan-kegiatan organisasi
- Pengertian dan simpati tas persoalan-persoalan pribadi

      Kepuasan kerja berhubungan dengan sikap dari karyawan terhadap pekerjaan itu sendiri, situasi kerja, hubungan kerja atnara atasan dengan bawahan dan hubungan antara sesama karyawan. Disamping itu ada faktor lain yang menentukan pekuasan kerja, yaitu Faktor sosial ekonomi dan Faktor sosial psikologi.

      Ketegangan dan keterasingan kerja bisa menyebabkan timbulnya setress pada karyawan. Ketegangan kerja bisa menimbulkan juga konflik kerja, Konflik kerja ini bisa terjadi di antara sesama karyawan. Dengan adanya konflik dapat menurunkan produktivitas kerja , sehingga konflik perlu segera dicari penyelesaiannya.


Mind Map

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.