.

Jumat, 25 Maret 2016

Resensi Buku: Bahasa dan Sastra Indonesia

Judul Buku           : bahasa dan sastra indonesia
Penulis                 : Muhammad Rohmadi , Yulia Kusumawati
Penerbit               : departemen pendidikan nasional
Kota Penerbit      : Jakarta
Cetakan               : juli 2008
Tebal                    :192 Halaman
ISBN                    : 979-462-890-5
ilustrator              : Haryana Humardani
ukuran buku        : 17,6x 25 cm


buku bahasa dan sastra indonesia ini ditulis oleh muhammad rohmadi dan yulia kusumati , buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh badan standar nasional pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui peraturan menteri pendidikan nasional nomor 34 tahun 2008.


ada banyak keuntungan yang akan diperoleh ketika mempelajari materi bahasa dan satra indonesia . dengan mempelajari bahasa, secara tidak langsung anda mempelajari tentang ilmu-ilmu kemanusiaan (humoniora) dan nila-nilai kemanusiaan.

buku-buku ini disajikan berdasarkan lima kompotensi yang mendukung , yaitu :
1. kemampuan mendengarkan
2. kemampuan berbicara
3. kemampuan membaca
4. kemampuan menulis
5. kemampuan bersastra

kelima kemampuan tersebut disajikan dengan pola kmbinasi yang mendukung sehingga diharapkan akan memiliki kompotensi bahasa secara lisan maupun tertulis .
selain itu di dalamnya terdapat ilustrasi yang menunjang dan relavan dengan materi pokoknya.
di awal tema disajikan gambar , peta , dan konsep yang bertujuan agar siswa bisa mempunyai gambaran wacana materi yang akan dipelajari dari tema tersebut. 
terdapat pula pelatihan dengan alur pengerjaan pada tiap sub bab. ada juga ruang info, refleksi, dan latihan di setiap akhir pelajaran untuk mengetahui kompotensi hasil belajar .

Evaluasi Soal
                Evaluasi dalam buku teks Bahasa Indonesia untuk SMA Kelas XII,  ini cukup bervariasi. Evaluasi ini untuk mengukur prestasi belajar siswa setelah melakukan pembelajaran dan untuk memantapkan keterampilan berbahasa. Setelah selesai pembahasan atau penjelasan materi selanjutnya diikuti tugas atau praktik yang relevan dengan isi materi. Hal yang sama berlaku juga dalam butir membaca, menulis dan tata bahasa. Instrument.
Bahasa yang digunakan
Dilihat dari segi bahasa dalam buku Bahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XII, Bahasa yang digunakan cukup baik, tidak terlalu berbelit-belit dan mudah untuk dipahami serta komunikatif. Buku ini dilengkapi dengan glosarium yang berguna untuk menjelaskan kosa kata (bahasa asing/ilmiah) yang cenderung tidak dimengerti oleh peserta didik.
 Kelebihan dan kekurangan buku teks
a.       Kelebihan dalam buku  Bahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XII sebagai berikut:
1. Di setiap awal materi, penulis menuliskan peta konsep dan indikator yang harus dicapai, sehingga            memudahkan untuk melihat perkembangan sisiwa dalam proses pembelajaran
2. Di setiap pertengahan materi pembelajaran, penulis menyisipkan / menuliskan jeda info. Jeda info ini dapat    membantu peserta untuk memberikan pengetahuan terhadap peserta didik.
3. Di setiap pembahasan materi selanjutnya diikuti tugas kelompok maupun individu.
4. Setelah itu sebelum ke dalam uji kompetensi, terdapat Rangkuman materi yang dipelajari     pada setiap             babnya sehingga memperjelas pengetahuan siswa terhadap materi yang telah dibahas.
5. Ditunjang pula dengan media yang menunjang pembelajaran seperti wacana, gambar dan tabel.
b.      Kekurangan dalam buku  Bahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XII
Di awal buku ini tidak terdapat kolom SK/KD,  yang akan membantu guru dalam menyesuaikan materi pembelajaran pada setiap kali pertemuan.

daftar pustaka
Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga Jakarta:
    Depdiknas
Dini, Dahlia& Sitorus. 2004. Bimbingan Pemantapan Bahasa Indonesia. 
     Bandung: CV Yrama Widya.
DKK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.