.

Sabtu, 29 April 2017

RESENSI BUKU : SUMBER DAYA ENERGI

@D21-Firman
Tugas @A03



Judul Buku :Sumberdaya Energi
Penulis :Ir. Sutarno, M.Sc.
Penerbit :Graha Ilmu
Tahun Terbit : 2012
Sinopsis :

Sumberdaya energi adalah kekayaan alam yang bernilai strategis dan sangat penting untuk mendukung keberlanjutan kegiatan ekonomi. Indonesia mempunyai potensi energi yang cukup besar, apakah itu sumber energi konvensional maupun energi terbarukan.


Setiap jenis energi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena itu dalam pengelolaan energi yang meliputi penyediaan, pemanfaatan dan pengusahaannya harus memahami konsep dan teknologinya. Dalam buku ini dijelaskan konsep dasar maupun teknologi penyediannya, mulai dari energi fosil (batubara, minyak dan gas bumi, energi nuklir, energi surya, energi biomassa, energi angin energi laut, energi panas bumi, energi hidrogen, dan fuel cell.

Buku ini merupakan langkah awal yang amat penting untuk mencapai hal tersebut dan sangat sesuai bagi mahasiswa dengan berbagai latar belakang disiplin ilmu, yang terlibat dengan sains dan teknologi energi (kimia, fisika, ilmu lingkungan, teknik perminyakan, pertambangan & teknik mesin, dll.) maupun masyarakat umum terutama para aktivis lingkungan dan energi.

Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible). Sumber daya ada yang dapat berubah, baik menjadi semakin besar maupun hilang, dan ada pula sumber daya yang kekal (selalu tetap). Selain itu, dikenal pula istilah sumber daya yang dapat pulih atau terbarukan (renewable resources) dan sumber daya tak terbarukan (non-renewable resources). Ke dalam sumber daya dapat pulih termasuk tanaman dan hewan (sumber daya hayati ).

Sumber daya energi adalah sumber daya alam yang dapat diolah oleh manusia sehingga dapat digunakan bagi pemenuhan kebutuhan energi. Sumber daya energi ini disebut sumber energi primer, yaitu sumber daya energi dalam bentuk apa adanya yang tersedia di alam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.