.

Selasa, 25 April 2017

Resensi Buku : Mengenal Teknik Perminyakan Dan Minyak Bumi Indonesia



@E34-Sylvana @Tugas B03 Oleh Sylviana Micciccho

Minyak bumi atau dikenal dengan minyak mentah adalah merupakan suatu energi tak terbarukan yang terjadi secara alamiah. manusia mengenal minyak bumi sekiar abad ke v sebelum masehi. pengenalan manusia terhadap minyak bumi terus berkembang dan menjadi bahan yang sangat penting bagi keperluan hidup manusia sesuai dengan perkembangan peradaban dan teknologi. oleh karena itu minyak bumi mulai dicari dan terus
dicari hingga saat ini dan sampai kapan pun. usaha manusia untuk mendapatkan minyak bumi juga terus berkembang, tahun 1859 industri minyak modern dimulai, dengan ditandai selesainya sumur reservoir yang dibor oleh kol. drake di titusvitia, pensilvania amerika. di indonesia, tahun 1872 merupakan permulaan industri minyak dengan dilakukannya pemboran di daerah maja, jawa barat.

Berikut Buku yang berhasil saya dapatkan mengenai perminyakan ;
Judul  Buku         : Mengenal Teknik Perminyakan Dan Minyak Bumi Indonesia
Pengarang          : Asri Nugrahanti
Tahun Terbit        : 2015
Penerbit              : Universitas Trisakti
ISBN                  : 928-970-26-8971-4
 
Buku ini mencoba memaparkan pengetahuan dimana minyak bumi berada dan bagaimana proses terjadinya, jenis-jenis minyak bumi, sifat kimia, komposisi dan sifat fisiknya. minyak bumi berada dalam batuan feservoir oleh karena itu sifat batuan dan sifat fluida feserfoirnya perlu diketahui. dalam buku ini juga dijelaskan mengenai siklus dari perkembangan suatu lapangan minyak yaitu periode pemboran eksplorasi, periode produksi dan pengembangan lanjut, dan periode akhir sumur. pada pengeboran minyak diperlukan pengetahuan tentang penelitian pemboran, teknik produksi dan teknik produksi perminyakan tingkat lanjut di indonesia, dipaparkan mengenai tindakan hukum, lokasi lapangan minyak, cadangan minyak bumi, produksi konsumsi, ekspor dan impor minyak bumi.

Buku ini tentunya sangat menarik untuk dibaca dan dipahami oleh masyarakat yang ingin mengetahui dunia perminyakan sehingga mereka dapat memahami mengapa minyak bumi menjadi perhatian internasional. agar dapat memahami dunia perminyakan secara utuh, maka buku ini patut dijadikan pedoman oleh masyarakat biasa pada umumnya serta masyarakat yang ingin atau telah terjun di dunia perminyakan khususnya. buku ini mudah dipahami bahkan oleh orang awam sekalipun dan buku ini dapat dibeli baik secara online maupun offline di toko-toko buku. Tidak heran jika buku ini menjadi pegangan mahasiswa teknik karena isinya sangat mendukung proses pembelajaran.

Kesimpulan dari pengamatan saya mengenai buku ini adalah buku ini merupakan buku yang sangat membantu mayarakat yang ingin mengetahui tentang dunia perminyakan serta jenis-jenis minyak dan apat dijadikan acuan oleh mahasiswa teknik yang mengambil studi teknik perminyakan, buku ini juga terjangkau untuk kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Diharapkan kedepannya bermunculan buku-buku sejenis agar masyarakat mudah dalam mendalami suatu bidang ilmu khususnya ilmu teknik mengenai pertambangan dan perminyakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.