.

Selasa, 25 April 2017

REVIEW JURNAL : ANALISA SISTEM DELIVERY

@E19-Samsul @Tugas B04
Oleh Samsul Hadi - 
  1. Judul Penelitian :
    "ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA AREA FINAL INSPECTION DI VEHICLE LOGISTIC CENTER PT ADM UNTUK OPTIMALISASI JUMLAH SERVER, WAKTU TUNGGU, DAN TOTAL BIAYA PELAYANAN"

    Penulis : Sony Kamilie, Jonny,  institusi Universitas Bina Nusantara (Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik)
  2. Nama Jurnal :
    Jurnal INASEA,
    Vol. 11 No.1,
    Tahun Terbit April 2010
    Link : http://journal.binus.ac.id/index.php/inasea/article/view/73
  3. Latar Belakang Masalah
    PT ADM merupakan salah satu manufaktur yang memproduksi kendaraan berjenis roda 4 dan dipasarkan ke berbagai belahan dunia dan dipasarkan untuk market domestik. pada proses penyampaian barang dari PT ADM ke konsumen memerlukan beberapa tahapan salah satunya pengecekan sebelum benar-benar dikirim ke tujuan. Dalam penelitian ini diambil studi kasus pada bagian pengecekan terakhir yang berada di Vehicle Logistic Center yang merupakan gerbang terakhir yang harus dilewati oleh kendaraan sebelum benar-benar dikirim ke konsumen, pada proses ini ditemukan antrian yang berkepanjangan sehingga menyebabkan kurang efisien dan dalam penelitian ini diungkapkan bahwa jumlah server pada VLC merupakan faktor utama yang memicu terjadinya antrian yang panjang sehingga penelitian ini berfokus menganalisis server pada Vehicle Logistic Center.
  4. Masalah/Pertanyaan penelitian
    Adapun masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini yaitu;
    - Seberapa efektif server dalam menangani kendaraan yang di cek di area tersebut?
    - Apa saja faktor yang mempengaruhi antrian sehingga menyebabkan delay time yang banyak?
    - Jenis problem apa saja yang menyebabkan kendaraan layak dan tidak layak dikirim ke konsumen?
    - Seberapa efektif jumlah server dengan timing yang dikejar manajemen perusahaan?
    - Mengapa antrian bisa terjadi setiap saat dan terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama?
  5. Tujuan Penelitian
    Tujuan dari penelitian diatas yaitu mengoptimalkan sistem antrian di area VLC agar tidak terjadi antrian yang cukup lama dan panjang serta mengoptimalkan proses pengiriman kendaraan dengan standar Just in Time.
  6. Metode Penelitian
    - metode yang digunakan pada penelitian diatas yaitu ;
    - metode Pengujian kebaikan suai (Goodnes Of Fit)
    - metode Sistem distribusi poisson
    - metode Perhitungan teori antrian
    - metode Perhitungan total biaya layanan
    - metode Simulasi data Promodel 7.0
  7. Hasil Penelitian
    Dari hasil penelitian jurnal ini dapat dirumuskan bahwa penggunaan server satu buah memerlukan waktu antrian yang cukup lama namun memiliki biaya layanan paling sedikit, bila menggunakan opsi dua server maka waktu antrian akan sedikit namun biaya layanan akan bertambah dan apabila menggunakan 3 server makan akan didapat waktu antrian paling sedikit namun memiliki biaya layanan yang tinggi sehingga tidak optimal jika terjadi antrian kendaraan yang sedikit karena ada waktu menganggur, maka dari itu penulis mengambil kesimpulan jumlah 2 server merupakan jumlah yang optimal dalam menangani antrian di VLC dengan mempertimbangkan dari segi waktu dan biaya yang harus dikeluarkan.

  8. Review / komentar
    Dari jurnal diatas maka dapat kita ketahui bahwa masalah yang timbul pada setiap unit yang akan dikirim dapat mempengaruhi performa perusahaan khususnya dalam pelayanan konsumen, just in time perlu dikejar untuk mendapatkan costumer smile yang di gaung-gaungkan daihatsu, optimalnya sebuah sistem akan berpengaruh terhadap biaya dan sistem yang diterpakan, semakin baik sistem yang dibuat maka akan membuat kinerja perusahaan akan semakin membaik, khususnya pada proses checking di Vehicle Logistic Center karena merupakan gerbang terakhir kualitas produk PT ADM, penggunaan metode waktu dan biaya yang disinergikan sehingga didapatkan jumlah ideal yaitu 2 server maka penelitian diatas saya yakin akan bermanfaat bagi nama baik perusahaan dan kinerja perusahaan.
  9. Abstrak Jurnal
    Pelaku dunia industri saat ini selalu dituntut untuk bekerja lebih cepat guna memenuhi permintaan pasar dan menghindari kehilangan peluang dalam berbisnis. Untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan suatu sistem yang efektif dan efisien. Studi ini meneliti sistem antrian yang ada di Vehicle Logistic Center untuk optimalisasi jumlah server. Antrian terjadi pada area Final Inspection. Penelitian dilakukan dengan mengambilan data kedatangan, data pelayanan dan data biaya. Data yang telah diambil dilakukan perhitungan lalu disimulasikan menggunakan promodel 7.0. Hasil penelitian menunjukkan jumlah server yang optimal dengan tingkat waktu menunggu sebesar 11,60% dan total biaya Rp 41.056,60. Perusahaan direkomendasikan agar menggunakan 2 server untuk sistem antrian pada area Final Inspection untuk meningkatkan kualitas pelayanan. 
    Kata kunci : jumlah Server, waktu Pelayanan, waktu menunggu, antrian, simulasi.



Daftar Pustaka
Hakim, A. N. (2005) Manajemen Industri.Andi, Yogyakarta.
Heizer, J. dan Render, B. (2006) Manajemen Operasi. Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyono, S. (2007) Riset Operasi.Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Nisfiannor, M. (2005) Modul Aplikasi SPSS 15. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Taha, H. A. (2007) Operations Research an Introduction. Eight Edition. USA: Pearson Prentice- Hall, inc.

Tim Penyusun Modul Laboratorium Komputasi Industri Trisakti. (2007) Modul Praktikum Simulasi Sistem Pro Model 7.0. Jakarta: Jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti.

Walpole, R. E., Myers, R. H., Myers, S. L, and Ye, K. (2007) Probability and Statistic for Engineering and Scientists,8thedition. USA: Pearson Prentice-Hall, Inc.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.