.

Sabtu, 06 Mei 2017

ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PADA OUTER PANEL DI BAGIAN FRONT PANEL CENTER PADA BAGIAN ICP (INCOMING CHECK PART) PLANT DIVISION, QUALITY CONTROL DEPARTMENT DI PT. IAMI (ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA)

@E05-Donni
Oleh : Donni Setiawan








 BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Di dalam persaingan dunia industri yang bergerak baik dalam industri
barang maupun jasa harus dapat memperhatikan kualitas dari suatu produk
atau jasa yang dihasilkan tersebut. Kualitas suatu produk yang baik
mengandung berbagai macam tujuan, diantaranya tujuan bagi produsen
dan bagi konsumen. Bagi produsen, kualitas produk yang baik apabila
tujuan perusahaan dapat terpenuhi, produk digemari konsumen dan  laku
keras di pasaran sehingga dapat mendatangkan keuntungan yang optimal
bagi perusahaan. Sementara bagi konsumen, kualitas produk yang baik
yaitu apabila kebutuhan dan keinginannya terhadap suatu mutu produk
dapat terpenuhi dan memuaskan. Proses produksi yang memperhatikan
kualitas akan menghasilkan produk yang bebas dari kerusakan. Hal ini
dapat menghindarkan adanya pemborosan dan meningkatkan efisiensi
sehingga biaya produksi per unit dapat ditekan dan harga produk dapat
menjadi lebih kompetitif.
Pelaksanaan pengendalian kualitas bertujuan untuk meminimalkan
jumlah produksi produk cacat, menjaga agar produk sesuai dengan standar
kualitas perusahaan dan menghindari lolosnya produk cacat ke tangan
konsumen. Pengendalian kualitas memerlukan pengertian dan perlu
dilaksanakan oleh perancang, bagian inspeksi, bagian produksi sampai
pendistribusian produk ke konsumen. Oleh, karena itu, untuk menjaga
kualitas produk yang sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan,
perlu dilaksanakan pengendalian dan pengawasan secara intensif dan terus
menerus baik pada kualitas bahan baku, proses produksi, maupun produk
akhir.
PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) merupakan salah satu
perusahaan otomotif bermesin diesel di Indonesia, yang memproduksi
produknya sesuai dengan permintaan pasar, dimana spesifikasi ditentukan
oleh konsumen. Isuzu di Indonesia memiliki lini produk yang beragam
terbagi dalam dua kategori besar, Commercial Vehicle (CV) dan Light
Commercial Vehicle (LCV). Kategori Commercial Vehicle (CV) yang
terdiri dari truk ringan Isuzu ELF dan truk medium Isuzu GIGA
diproduksi di Isuzu Karawang Plant. Sedangkan, di kategori Light
Commercial Vehicle (LCV) terdapat berbagai kendaraan seperti Isuzu
Panther, Isuzu Pickup, Isuzu D-Max dan Isuzu mu-X.
Pada saat ini perusahaan memiliki permasalahan terkait kualitas yaitu
pada bagian Outer Panel di Front Panel Center. Masalah yang terjadi pada
bagian Front Panel Center yaitu defect seperti gelombang, pecok, benjol,
baret, dan lain sebagainya. Sehingga, pada bagian Front Panel Center ini
belum diketahui penyebab terjadinya defect tersebut secara detail.
Untuk keperluan tersebut, maka pada kerja praktek ini dilakukan
analisa mengenai masalah tersebut dengan tujuan agar diketahui secara
detail penyebab terjadinya defect pada Front Panel Center tersebut dengan
menggunakan metode Stastitical Process Control (SPC).
Menurut Purnomo (2004), pengendalian kualitas statistik adalah alat
bantu manajemen untuk menjamin kualitas, karena pada dasarnya tidak
ada dua produk yang dihasilkan oleh suatu proses produksi itu sama benar,
tidak dapat dihindarkan adanya variasi.

1.2 Tujuan

Tujuan dalam analisa pengendalian kualitas di PT. IAMI (Isuzu Astra
Motor Indonesia) ini adalah sebagai berikut :
1.      Mengidentifikasi jumlah jenis defect terbesar pada bagian ICP
(Incoming Check Part) yaitu pada bagian Outer Panel di Front Panel
Center di PT. IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia).
2.       Mengidentifikasi waktu terjadinya defect yang terjadi yang keluar dari
batas kendali.
3.       Menganalisa penyebab utama terjadinya defect.

1.3 Waktu Pelaksanaan

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan kerja praktek yang
dilaksanakan penulis adalah :
Waktu                         : 14 September 2016 – 14 Oktober 2016
Tempat            : Plant Division, Quality Control Departement PT. Isuzu Astra Motor Indonesia Jl. Surya Utama Kav. I-66 DEIJ Suryacipta City of Industry Mulyasari, Ciampel, Karawang Timur, Jawa Barat

1.4 Batasan Masalah

Batasan masalah dalam menganalisis defect pada bagian Quality
Control di ICP (Incoming Check Part) adalah sebagai berikut :
1.      Kerja praktek ini hanya dilakukan terhadap jenis defect part yang
berada pada bagian Outer Panel di Front Panel Center di PT. IAMI
(Isuzu Astra Motor Indonesia).
2.      Data-data yang digunakan dalam kerja praktek adalah data defect
yang dimiliki PT. IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia).
3.      Pendekatan  metode dan  pembahasan yang dilakukan dalam  kerja
praktek ini hanya melingkupi metode statistical process control dan
metode analisis 4M+1I.

1.5 Sistematika Penulisan

Agar dalam penyusunan kerja praktek ini dapat tersaji secara
sistematis, maka dilakukan penyusunan sistematika penulisannya sebagai
berikut ini :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisikan Latar Belakang Masalah, Tujuan Kerja
Praktek, Waktu Pelaksanaan, Batasan Masalah, dan Sistematika
Penulisan. Hal ini bertujuan agar masalah yang akan diteliti
memiliki rumusan serta batasan-batasan yang terpaparkan secara
jelas supaya tidak terjadi penyimpangan dalam pembahasan
pada kerja praktek ini.                                                                     
BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Bab ini berisikan tentang sejarah awal mula berdirinya PT.
IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia). Lalu informasi-informasi
dari input, proses, dan output serta penjelasan kegunaan produk
dari perusahaan ini.
BAB III TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini berisikan teori-teori mengenai konsep Pengendalian
Kualitas dan Metode Statistical Process Control yang diperoleh
dari buku–buku literatur serta sumber-sumber lain yang relevan.
BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA
Pada bab ini berisikan data-data di PT. IAMI (Isuzu Astra Motor
Indonesia) yang telah dikumpulkan sesuai dengan data yg
menunjang dalam kerja praktek ini. Meliputi data defect yang
ada di bagian ICP (Incoming Check Part) yaitu pada bagian
Outer Panel di Front Panel Center di PT. IAMI (Isuzu Astra
Motor Indonesia). Pada bab ini dilakukan analisa terhadap
pengolahan data yang telah dikumpulkan kemudian dilakukan
pembahasan dari hasil analisa pengolahan data yang telah
dilakukan pada bab sebelumnya.
BAB V KESIMPULAN & SARAN
Bab ini berisi kesimpulan akhir yang merupakan jawaban dari
tujuan kerja praktek beserta saran sebagai masukan yang bersifat
membangun untuk PT. IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.