@E23-Marselina
Oleh Marselina Umasugi
A. JUDUL PENELITIAN
EVALUASI KUALITAS LAYANAN JASA SERTIFIKASI TINGKAT KOMPONEN
DALAM NEGERI (TKDN) DI PT. SUCOFINDO (Persero)
B. NAMA PENULIS
Indah Susanti (Program Jurusan Teknik Industri, Universitas
Mercu Buana, Jakarta, Indonesia)
C. NAMA JURNAL
JURNAL PASTI
Volume X No 1, 87 – 97
Tahun Terbit 2016
Fakultas Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869
D. LATAR BELAKANG MASALAH
PT. Sucofindo (Persero) adalah sebuah BUMN Indonesia yang
bergerak dalam bidang pemeriksaan, pengawasan, pengujian, dan pengkajian, yang
senantiasa berupaya meningkatkan nilai perusahaan melalui penerapan
prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate
Governance/GCG).
TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) adalah Suatu batasan
atau nilai yang mereprentasikan berapa tingkat kandungan lokal dalam negeri
dalam suatu produk Barang/Jasa. Dalam mengukur TKDN untuk suatu produk, ada 3
aspek yang akan menjadi penilaian yakni Material, Tenaga Kerja, Biaya Jasa Umum
(Overhead). Pertama, Material dinilai berdasarkan daerah asal (country of
origin) artinya material tersebut dibuat dan diproduksi dimana?. Kedua, Tenaga
kerja yang digunakan dinilai berdasarkan kewarnegaraan. Ketiga, Overhead (alat
kerja/mesin, dan biaya lain-lain yang berhubungan dengan produksi Barang/Jasa
tersebut).
E.
MASALAH
/ PERTANYAAN PENELITIAN
Membahas masalah mengenai kepuasan pelanggan yang berupaya
untuk menurunkan keluhan pelanggan dengan meningkatkan kualitas layanan jasa
sertifikasi TKDN. Hal ini menjadi dasar metode SERVQUAL, yaitu suatu metode
untuk mengukur kualitas pelayanan berdasarkan sepuluh dimensi kualitas jasa.
Kemudian mengidentifikasi dan pengendalian kualitas pelayanan jasa TKDN dengan
melalui metode Kaizen (5W+1H). Penelitian ini dilakukan dengan memakai model
konseptual kualitas pelayanan yang berimplikasi bagi penelitian dimasa yang
akan datang pada sektor jasa.
F.
TUJUAN
PENELITIAN
Tujuan utama TKDN, secara teoritis yaitu menyingkirkan
segala hal yang berhubungan dengan impor dan menggiatkan usaha lokal dan bahkan
menumbuhkan usaha-usaha baru sehingga baik material ataupun overhead bisa
mengunakan komponen lokal dan biaya produksi diminimalisir.
G.
METODE
PENELITIAN
1. Desain dan Pendekatan Penelitian
Analisis yang digunakan adalah dengan cara Deskriptif Kualitatif. Serta
metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan model
SERVQUAL melalui 10 dimensi kualitas jasa untuk melihat gap antara harapan dan
kenyataan yang dipersepsikan oleh pelanggan melalui jawaban-jawaban yang
disampaikan dalam kuesioner.
2. Data yang Digunakan
2.1. Definisi Operasional Definisi operasional merupakan penjelasan yang
menunjukkan indikator- indikator dari suatu gejala, sehingga memudahkan dalam
menganalisis data. Untuk menghindari kesalahan dalam mengartikan
variabel-variabel yang dianalisis, berikut ini dijelaskan definisi operasional
kualitas layanan dikelompokkan berdasarkan indikator SERVQUAL. Sedangkan
kepuasan pelanggan (Y) adalah respon konsumen terhadap evaluasi ketidaksesuaian
(nonconformance) yang dirasakan anatara harapan sebelumnya (atau norma kinerja
lainya) dan kinerja aktual produk yang dirasakan setelah pemakainnya.
2.2. Jenis Data Dalam penelitian ini digunakan dua jenis data yaitu :
1. Data Primer : wawancara, Kuesioner
2. Data Sekunder : data literatur.
3. Teknik Pengumpulan Data Dalam melakukan perhitungan hasil kuesioner
digunakan skala likert dengan lima tingkatan yang terdiri sangat penting,
penting, cukup penting, kurang penting, dan tidak penting untuk mengukur
harapan, sedangkan sangat puas, puas, cukup puas, dan tidak puas untuk
persepsi.
4. Sampel Penelitian Obyek Penelitian dilaksanakan di PT. Sucofindo.
Populasi yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah pelanggan yang terlibat
langsung pada jasa sertifikasi TKDN sebanyak 133 responden perusahaan. Teknik
pengumpulan sampel yang digunakan adalah “simple random sampling”, dimana responden
diambil secara acak untuk mengisi angket yang telah disebarkan penulis.
H.
HASIL
PENELITIAN
Data yang diolah dalam penelitian ini yaitu
data yang diambil dari sisi pelanggan mengenai tingkat harapan yang diinginkan
oleh pelanggan dan tingkat persepsi yang dinilai oleh pelanggan mengenai
kualitas layanan jasa yang telah diberikan oleh PT. Sucofindo.
I.
REVIEW/KOMENTAR/SARAN
Dari penelitian
yang dilakukan dalam Jurnal tersebut dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan sangat penting dalam
meningkatkan kenyamanan dan income untuk perusahaan.
J.
ABSTRAK
JURNAL
The object of this study is TKDN PT certification services.
Sucofindo (Persero), this part of the task to verify any goods or services that
are carried out on a manufacturing or service company, with the output of the
certificate. Quality services created if the service provided by the service
provider can satisfy the customer. The aim this study to identify, measure, and
analyze the service quality attributes that need to be repaired by PT.
Sucofindo (Persero) based on the dimensions of service quality and process
improvement by analyzing quality attributes in order to reduce customer
complaints to improve service quality local content certification through
Kaizen method. From the ten dimensions of service quality were measured and
grouped into seven dimensions of quality such as Tangible, Assurance, Communication,
Credibility, Reliability, Access, Empathy. Twenty-four service quality
attributes were analyzed and measured by servqual method which is based on
servqual indicators, further that attribute grouped into variable gap table
based on attributes that have negative values or attributes that most affects
the quality of TKDN certification services. From the results of mapping the
Cartesian diagram there are 5 dimensions within that dimensions are 8
attributes go into quadrant A. Then the indicator of the questions identified
again by 4 (four) factors of the root cause of the problem is the human factor,
tools, methods and environment. And from the results of the analysis found that
the X16 attributes with the indicator of delivering report TKDN on time has big
effect on 4 factors causing the problem.
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. (2000). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran
Jasa. Cetakan keempat. Bandung: ALABETA.
Ariffin, Ahmad Azmi M. and Aziz, Norzalita A. (2008).
Determining the service quality dimensions and zone of tolerance for hospital
services in malaysia. The Business Review, Cambridge.
Chinh, A. (2008). Measuring customer satisfaction based on
service quality GAP at local bank in vietnam. Journal of International Business
Research, 7(3), 27-51.
Cronin, J., Joseph, Jr., & Steven, A. Taylor. (1992).
Measuring service quality reexamination and extensions. Journal of Marketing,
56(3), 55-68.
Dwi, A dan Rosinta, F (2010). Pengaruh kualitas layanan
terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu
Administrasi dan Organisasi, 17( 2), 114-126
Ferdiansyah, Herdiyan. (2007). Usulan rencana perbaikan
kualitas produk penyangga duduk jok sepeda motor dengan pendekatan kaizen
(5W+1H). Jurnal Teknik Industri Universitas Gunadarma, 4(7), 1-21.
Ginting, Rosnani. (2005). Perbaikan Kualitas jasa Pelayanan
Pustaka Dengan Menggunakan Metode Servqual dan Metode Quality Function
Deployment di Perpustakaan USU Medan. Jurnal Komunikasi Penelitian, 1(2),
184-195.
Guilitnan, Joseph, P., Paul, Gordon, W., and Madden, Thomas,
J. (1997). Marketing Management . 6th edition. New York: McGraw-Hill Companies.
Parasuraman, A., Zeitham I, A.V., Berry L.L., 1988, SERVQUAL
: a Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality,
Journal of Retailing, 64, 2 – 40
Puspitasari, B.N., Rinawati. D. I., dan Indriartiningtias,
R. (2009). Pengukuran Kepuasan Pelanggan Comlab Institut Teknologi Bandung
(ITB). Jurnal Jati Undip, IV(2), 89- 94.
Victoria , B,. and Andreas, A (2008). The impact of internal
service quality on customer service behavior evidence from the banking sector.
International Journal of Quality & Reliability Management, 25(9), 943-954.
Walin, A.T. (1994). Satisfaction, loyalty and reputation as
indicators of customer orientation in the public sector, International Journal
of Public Sector Management, 7(2), 16-34.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.