Oleh:Junitadahra
Resensi Buku
Judul
Buku
: Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan
ISBN
: 9795187252
Penulis
: Prof. J. Supranto, M.A
Penerbit
: Rineka Cipta
Tahun Terbit
: 2001
Jumlah Halaman : 300 Halaman
Pokok
Bahasan
Kepuasan pelanggan adalah
tingkat kesesuaian antara produk dan/atau jasa pelayanan yang diinginkan dengan
kenyataan yang diterima. Tingkat kesesuaian tersebut adalah hasil penilaian
yang dilakukan oleh konsumen berdasarkan pada pengetahuan dan pengalamannya.
Kepuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas jasa yang dikehendaki sehingga
jaminan kualitas menjadi prioritas utama dan dijadikan tolok ukur keunggulan
daya saing perusahaan. Untuk memperoleh gambaran tentang kepuasan konsumen,
maka perlu diketahui arti kualitas pelayanan.
Kualitas pelayanan adalah
sesuatu yang komplek terdiri dari lima unsur, yaitu fisik/wujud (Tangible),
Kehandalan (Reliabilitas),Tanggapan(Responsiveness), Kepastian (Assurance) dan
Empati (Empathy). Buruknya kualitas jasa yang diberikan penyedia jasa kepada
pelanggan telah disadari mengakibatkan banyaknya kerugian yang dialami oleh
perusahaan. Mereka yang kecewa tidak hanya meninggalkan jasa layanan, tetapi
juga akan menceritakan keburukan jasa yang diterima kepada orang lain.
Dalam mengevaluasi kepuasan
terhadap produk, jasa, atau perusahaan tertentu, konsumen umumnya mengacu pada
berbagai faktor atau dimensi. Sementara itu dalam mengevaluasi jasa yang
bersifat intangible, konsumen umumnya menggunakan beberapa atribut atau faktor
berikut (Supranto, 2006) :
1. Berwujud (tangible) :
Penempilan fasilitas fisik, peralatan, personil dan media komunikasi.
2. Kehandalan (reliability) :
Kemampuan untuk melaksanakan jasa yang dijanjikan dengan tepat dan terpercaya.
3. Daya tanggap (responsiveness)
: Kemauan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat.
4. Kepastian (Assurance) :
Pengetahuan dan keramahtamahan karyawan dan kemampuan karyawan untuk
menciptakan opini yang dapat dipercaya pelanggan.
5. Empati (Emphaty), : Syarat untuk
peduli, memberi perhatian pribadi bagi pelanggan.
Data yang diperlukan akan
diperoleh berdasarkan rumusan masalah. Metode
deskriptif kualitatif dipergunakan untuk pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat dan tujuannya adalah
untuk mencari gambaran yang sistematis, fakta yang akurat.
Pemahaman
Mengukur Kepuasan Pelanggan dirancang
untuk membantu Anda melakukan pengukuran tersebut. Buku ini ditujukan untuk
setiap orang, mulai dari pemilik bisnis, supervisor lini pertama, sampai ke
personel yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Buku ini menjelaskan
mengapa penting untuk mengukur kepuasan pelanggan, kaitannya dengan mutu dan
alat pengukuran peningkatan mutu, serta bagaimana perusahaan Anda bisa
mendapatkan manfaat dari pemahaman mengenai kepuasan pelanggan.
Kebanyakan pendekatan terhadap
pengukuran kepuasan dibuat secara sangat serampangan. Pengukuran, bersama
dengan manajemen pelayanan pelanggan dan pemasaran jasa, harus menjadi bagian
terpadu dari keseluruhan sistem. Komponen pengukuran menunjukkan dan memberi
tahu Anda seberapa baik Anda memanajemeni fungsi pelayanan pelanggan, dan juga
untuk memandu upaya pemasaran Anda. Hal yang krusial bagi keberhasilan
pengukuran mutu dan kepuasan pelanggan adalah memahami apa yang diukur, kapan
mengukurnya, bagaimana melakukannya, bagaimana menganalisis data, dan kemudian
bagaimana memanfaatkan hasilnya. Untuk keperluan itu semua, buku inilah
panduannya.
Bagian pertama dari buku ini
memfokuskan pada pendefinisian kepuasan pelanggan, biaya pelayanan dan mutu
yang buruk dan dampaknya terhadap perusahaan Anda, serta bagaimana
mengembangkan sistem pelayanan pelanggan yang unggul. Bagian kedua buku ini
membahas mengapa Anda harus mengukur mutu sebagai bagian dari program kepuasan
pelanggan dankemudian mengajari Anda bagaimana menggunakan 7 alat dasar
pengukuran peningkatan mutu. Bagian ketiga membahas metode riset kepuasan
pelanggan, termasuk teknik pengumpulan data, teknik pengukuran dan analisis.
Bagian keempat membahas lebih rinci mengenai pentingnya memanajemeni kepuasan
pelanggan, dan lampiran memberi Anda berbagai contoh survei serta laporan
kepuasan pelanggan.
Komentar
Mengukur kepuasan pelanggan,
dan mengukur mutu produk atau servis terkait, sangat penting bagi keberhasilan
Anda, tetapi itu saja tidaklah cukup. Anda masih harus mengetahui bagaimana
memasarkan fakta bahwa pelanggan puas terhadap apa yang telah Anda lakukan.
Ada satu hal lagi yang perlu
Anda ketahui sebelum mendalami buku ini. Anda akan segera menemukan bahwa
peningkatan mutu dan bahkan kepuasan pelanggan mungkin belumlah cukup untuk
membuat Anda bisa tetap kompetitif dan menghasilkan keuntungan. Anda
membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekadar itu. Anda perlu melakukan sesuatu
yang bisa membuat KAGUM dan MENYENANGKAN pelanggan setiap saat sehingga mereka
menjadi pendukung terbaik Anda. Tetapi satu hal yang pasti, untuk mencapainya
Anda harus mengadaptasi dan memodifikasi program serta sistem pelayanan
pelanggan.
Anda harus selalu mengukur mutu
dan kepuasan pelanggan untuk menetapkan di mana posisi Anda, apakah yang Anda
lakukan sudah cukup baik, apakah yang Anda lakukan itu sudah memuaskan di mata
dan pikiran pelanggan, dan apa yang harus dilakukan selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.